Monthly Archives: April 2019


Tektonik Lempeng

GAMBARAN UMUM TEKTONIK LEMPENG

Teori tektonik lempeng adalah teori yang sederhana. Secara singkat, teori ini mendeskripsikan lapisan terluar Bumi yang disebut dengan litosfer. Sebuah lapisan yang keras terdiri atas batuan yang kuat. Lapisan ini pecah menjadi tujuh bagian besar (dan beberapa bagian kecil) yang disebut dengan lempeng tektonik. Lempeng tektonik juga disebut lempeng litosfer. Lempeng tektonik ini mengapung di atas lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer seperti juga litosfer tersusun atas batuan. Tapi astenosfer sangat panas di mana satu sampai dua persen batuan di dalamnya meleleh. Sehingga astenosfer bersifat plastis dan lembek.

Gambar 1. Earth Structure, Litosfer, and Tectonic Plate (Thompson and Turk)

+selengkapnya

Geologi dan Bumi

GEOLOGI

Geologi adalah studi tentang bumi termasuk material penyusunnya, perubahan fisika dan kimia yang terjadi di permukaan dan di dalamnya (bawah permukaan), sejarah planet dan pembentukannya.

Material Penyusun Bumi

Gambar 1. Earth Radius (modified from Google Earth).

+selengkapnya

Pengantar Geofisika

Pengertian Geofisika

Geofisika berasal kata geo dan fisika. Menilik akar bidang keilmuan, geo berasal dari kata geologi. Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang materi yang ada di bumi sedangkan fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang proses dan gaya yang bekerja pada materi. Geofisika dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari bumi berdasarkan prinsip-prinsip fisika.

Beberapa bidang/bagian dari geofisika adalah seismologi, karakteristik termal Bumi, magnetisme Bumi, arus telurik, geodesi dan gravitasi, radioaktivitas Bumi, radioaktivitas laut, radioaktivitas atmosfer, sinar kosmik, kelistrikan atmosfer, dan meteorologi. Pengetahuan tentang Bumi telah dikembangkan melalui kombinasi informasi dari semua bidang ini. Investigasi mineral, minyak dan gas bumi, dalam geofisika terapan juga dapat dilakukan dengan baik. Kombinasi dari beberapa pendekatan dapat membantu proses investigasi dengan lebih akurat.

Geofisika dalam Eksplorasi Mineral, Hidrokarbon dan Lingkungan

Gambar 1. Tantangan geofisika

+selengkapnya