Lesson Study Tingkatkan Kemampuan Mengajar Calon Guru

Posted on 02/08/2014 by Nurrijal

                         

Penerapan pembelajaran melalui program lesson study yang sesuai dengan prosedur dapat meningkatkan pencapaian keterampilan dasar mengajar guru pada PPL-1. Pelaksanaan kegiatan lesson study pada PPL-1 menunjukkan adanya perubahan siginifikan pada pencapaian penguasaan 8 (delapan) indikator keterampilan dasar mengajar guru pada mahasiswa calon guru biologi Fakultas MIPA UNG,

Lesson study dapat meningkatkan penguasaan 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar guru pada pelaksanaan PPL-1 dengan pertimbangan bahwa; lesson study merupakan suatu pendekatan yang efektif dapat memudahkan proses pembimbingan dosen dan aktivitas belajar mahasiswa. Oleh karena itu, hal yang dapat diperhatikan; pertama, pengembangan lesson study pada pelaksanaan PPL-1 didasari perencanaan yang matang dari berbagai pengetahuan profesional yang berlandaskan pada pedoman PPL, praktik dan hasil pengajaran yang dilaksanakan oleh dosen. Kedua, pelaksanaan siklus tindakan lesson study (Plan, Do dan See) PPL-1 dibagi pada 2 (dua) tahap pembelajaran. Tahap pertama; latihan mengajar terbimbing, selanjutnya tahap kedua; latihan mengajar mandiri. Ketiga, komitmen pada pengamatan terhadap keterampilan dasar mengajar guru serta keterlaksanaan kegiatan lesson study pada pelaksanaan PPL-1 untuk setiap tahap PPL-1 sesuai dengan indikator pencapaian. Sehingga dapat diketahui seberapa keterlaksanaan atau perubahan-perubahan yang telah terjadi dari tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan. Selanjutnya dari hasil pengamatan ini akan dijadikan evaluasi sehingga menjadi acuan untuk melakukan analisi dan refleksi. Keempat, refleksi kegiatan yaitu membuat kesimpulan terhadap semua hasil observasi yang diperoleh melalui pelaksanaan tindakan. Hasil observasi atau pengamatan akan disimpulkan dengan membandingkan antara target yang diharapkan dengan hasil pencapaian yang sebenarnya. Sehingga dari hasil refleksi ini diketahui hasil yang dicapai dan akan menjadi dasar untuk merencanakan tahapan selanjutnya untuk perbaikan pembelajaran.

Lesson study memberikan konstribusi berupa pelajaran yang bermakna bagi terciptanya proses kerjasama yang terjadi antar dosen pembimbing dan mahasiswa dalam pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL-1) melalui proses pengembangan rencana pembelajaran, keterlibatan pimpinan jurusan atau lembaga, proses pembelajaran, proses observasi PPL-1, refleksi terhadap hasil pembelajaran sebelumnya, bahan rekomendasi setelah implementasi pembelajaran, serta dampak yang dapat dirasakan baik oleh mahasiswa, dosen pembimbing dan pimpinan jurusan serta lembaga institut yang menaunginya. Lesson study mengarahkan pada perbaikan pembelajaran yang diperoleh dari hasil analisis menjadi balikan bagi yang terlibat dalam kaitannya dengan aspek efektivitas proses kegiatan lesson study (plan, do dan see). Hasil dari balikan tersebut menjadi acuan untuk melakukan perbaikan pembelajaran pada tahapan berikutnya akan menjadi lebih berkualitas serta efektif tercapai pada sasaran yang diharapkan.

Saran Rekomendasi Peneliti:

Lesson study merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan pencapaian pelaksanaan PPL-1 melalui pengkajian pembelajaran 8 (delapan) indikator keterampilan dasar mengajar guru secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning. Hal ini, karena melalui lesson study kolaborator (mahasiswa dan dosen pembimbing) dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana aspek-aspek keterampilan dasar mengajar guru dapat diterapkan pada pembelajaran biologi. Oleh karena itu beberapa saran dan rekomendasi penelitian ini adalah:

  1. Pembelajaran lesson study dapat diterapkan selanjutnya pada pelaksanaan PPL-2. Pada tahap implementasinya perlu memperhatikan kesiapan perangkat-perangkat lesson study yang akan digunakan sebagai monitoring keterlaksanaannya.
  2. Lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme baik dosen maupun mahasiswa sebagai calon guru. Secara prakteknya dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru khususnya pada mahasiswa peserta PPL-1 Jurusan Biologi. Oleh karena itu dapat diterapkan pada Jurusan atau program studi lainnya yang lulusannya sebagai tenaga pendidik. Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan lesson study yaitu; a) Secara kelembagaan khususnya Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UNG dapat membantu dalam memonitoring dan mengobservasi serta mengkritisi hasil pembelajaran. b) Meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran serta mampu mengimplementasikan 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar guru. c) Membantu dosen dalam melaksanakan proses pembimbingan PPL menjadi lebih maksimal. (d) Menciptakan terjadinya kolaborasi dan interakasi sesama mahasiswa serta memberikan kemudahan belajar bagi mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan tentang pemahaman menjadi calon guru. e) Dapat melakukan refleksi terhadap pengajaran yang dilaksanakannya berdasarkan pandangan sesama teman sejawat atau koleganya.
  3. Selain itu, melihat kolegialitas maupun kreatifitas pada profesionalisme guru, hasil penelitian ini dapat dikembangkan pada pelaksanaan supervisi klinis untuk peningkatan kemampuan mengajar guru pada setiap tingkat satuan pendidikan. Disarankan kepada Kepala Sekolah, agar melakukan supervisi secara cermat kepada guru-gur baru di sekolahnya melalui pendekatan lesson study, yang memberikan kesempatan kepada guru baru untuk mengemukakan kesulitan-kesulitan dalam mengajar dan menemukan cara pemecahan terhadap kesulitan yang dihadapinya agar lebih professional dalam menjalankan tugas mengajar.
 
Posted in Hasil Penelitian
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
rbbkdd