Inti dari pengembangan kreativitas di sekolah dasar adalah guru yang kompeten. Peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan melalui pemberian buku pedoman bimbingan bagi guru. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan bimbingan dan konseling yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang berkualitas; Buku panduan ini diharapkan dapat membantu guru dalam menumbuhkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pada penelitian dan pengembangan ini, buku pegangan yang dirancang terdiri dari buku 1 Rencana Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, Buku 2 Bahan Pelayanan, Buku 3 Pedoman Guru, dan Buku 4 Pedoman Evaluasi. Keefektifan buku pegangan diuji dengan menggunakan metode eksperimen semu dengan pre-test dan post-test satu kelompok. Berdasarkan hasil analisis data eksperimen diperoleh thitung dan ttabel masing-masing sebesar 7,665 (taraf signifikansi 0,05 (14)) dan 1,76 yang berarti thitung > ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa buku panduan ini praktis untuk membangun kompetensi guru dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang berkualitas, sehingga bermanfaat dalam membantu guru dalam menanamkan kreativitas siswa sekolah dasar. Singkatnya, buku pegangan ini direkomendasikan untuk digunakan oleh para guru dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar.

 

Artikel Full dapat diakses disini

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll