Pengaruh Pembelajaran Model Online Driver Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi

08 February 2025 17:31:26 Dibaca : 3 Kategori : Publikasi Ilmiah

Authors: Nurhayati Bialangi, Nita Suleman, Akram La Kilo, Jafar La Kilo, Ahmad Kadir Kilo

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model online driver terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintauna. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pra-eksperimen dengan design one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Bintauna pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini, diberikan perlakuan pembelajaran kimia melalui pembelajar model online driver, kemudian diberikan pretest dan posttest pada kelas tersebut yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dengan diberikan tes objektif sebanyak 15 butir soal pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model online driver pada siswa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada pretest sebelum perlakuan 29, 80 dan pada posttest setelah diberikan perlakuan mencapai 68, 16. Dengan perhitungan uji N-Gain 0,542. Penelitian ini guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran model online driver dalam pembelajaran sebagai variasi metode mengajar.

Vol 4, No 2 (2022): Jambura Journal of Educational Chemistry

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong