Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Larutan Penyangga

08 February 2025 17:25:09 Dibaca : 6 Kategori : Publikasi Ilmiah

Authors: Nita Suleman, Marlina H Naiyo, Suleman Duengo, Ahmad Kadir Kilo

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 siswa terbagi pada kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran strategi REACT (Relating, Experiencing, Applayng, Cooperatif, dan Transfering) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid dan hasil reliabilitas tes adalah 0, 8454 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0, 05 dengan dk= 53 diperoleh thitung sebesar 5,695 lebih besar dari ttabel yaitu 1,674 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran berstrategi REACT terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga. Adapun data aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, dengan rata-rata kelas eksperimen 80,345% sedangkan pada kelas kontrol 68,942%. Sedangkan pada aspek psikomotor kelas eksperimen sebesar 75,431% termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 48,750% termasuk kategori masih kurang.

Vol 4, No 1 (2022): Jambura Journal of Educational Chemistry

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong