PENGEMBANGAN STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR
IRVIN NOVITA ARIFIN DAN ABDUL RAHMAT
(Dosen di Universitas Negeri Gorontalo)
ABSTRAK
Pengembangan structure exercise methode (sem) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains pada siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 80 Kota Tengah pada pokok bahasan gaya dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 80 Kota Tengah pada pokok bahasan Gaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus dengan proses kajian berdaur ulang yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah ditunjukkan dengan aktivitas belajar peserta didik yang pada siklus I hanya 61,25% meningkat menjadi 80,63% pada siklus II. Sedangkan jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 11 orang dan pada siklus II meningkat sebanyak 29 orang dan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus II mencapai 100% pada siklus II, padahal pada siklus I 37,93%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Structure Exercise Method (SEM) merupakan salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar sains peserta didik.
Kategori
Arsip
Blogroll
- Masih Kosong