MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA
ABSTRAK
Pendekatan Kontekstual dapat menciptakan kondisi yang merangsang siswa untuk melakukan berbagai aktivitas belajar. Dengan Pendekatan kontekstual siswabelajar dari sesama teman. Dengan demikian mereka lebih leluasa untuk bertanya, menjawa pertanyaan teman atau guru, mengemukaan pendapat atau menaggapi pendapat teman. Kondisi ini tentu akan membantu mereka memahami materi yang dipelajarinya. Hal lain yang timbul pada diri siswa yang belajar dengan tehnik kontekstual adalah adanya motivasi mereka untuk berusaha memahami materi yang dibahas, hal ini disebabkan pada setiap kegiatan pembelajaran diadakan evaluasi secara individual, disamping adanya penghargaan kepada kelompok. Jadi disamping ada persaingan individual juga ada persaingan kelompok. Keberhasilan pendekatan kontekstual ini tentu tidak lepas dari peranan guru. Guru dituntut untuk menyiapkan materi pelajaran secara tertulis untuk dibahas dalam kelompok. Disamping itu menuntut aktivitas guru untuk memeriksa hasil evaluasi pada setiap pertemuan. Hal ini tentu akan menyulitkan apabila siswa dalam jumlah besar. Namun kondisi ini dapat diatasi dengan menyampaikan hasil evaluasi akan dilakukan pada pertemuan berikutnya. Dengan cara ini maka guru akan mempunyai waktu cukup untuk mengoreksi hasil evaluasi yang telah dilaksanakan.
Kategori
Arsip
Blogroll
- Masih Kosong