Pengenalan Orbital Molekul

03 May 2017 08:49:52 Dibaca : 823

Jika dua atom saling berdekatan, berdasarkan konsep orbital molekul, maka orbital atomnya akan mengalami tumpang tindih. Proses tumpang tindih ini dapat digambarkan dengan metode kombinasi linear orbital-orbital atom, liniear combination of atomic arbital orbitals (LCAO), yaitu menggabungkan dua fungsi gelombang atom untuk menghasilkan dua orbital molekul.

Jika orbital s bercampur, akan terbentuk orbital molekul yang direpresentasikan dengan σ (sigma) dan σ* (sigma star). Gambar 3.1 memperlihatkan plot kerapatan elektron orbital atom dan menghasilkan orbital molekul.

Gambar 3.1 Kombinasi 2 orbital atom s membentuk orbital molekul σ dan σ*

Untuk orbital σ, kerapatan elektron antara dua inti bertambah sebagaimana juga inti antara dua atom bebas. Disebabkan terdapat tarikan elektrostatik antara inti positif dan juga karena area ini memiliki kerapatan elektron yang tinggi, orbital ini disebut orbital bonding. Sebaliknya, untuk orbital σ*, kerapatanelektron antara inti berkurang. Hal ini disebabkan karena adanya tolakan elektrostatik antar atom, orbital ini disebut sebagai orbital antibonding.

Berikut beberapa hal umum yang berkaitan dengan orbital molekul:

  1.  Untuk orbital yang tumpang tindih, tanda pada lobes tumpang tindih harus sama
  2. Jika 2 orbital atom bercampur, maka akan terbentuk 2 orbital molekul, bonding dan anti bonding. Orbital bonding memiliki energy lebih rendah dari orbital antibonding.
  3. Jika terjadi pencampuran signifikan, orbital atom harus memiliki energy yang sama.
  4. Setiap orbital molekul maksimum memiliki 2 elektron dengan spin +1/2 dan -1/2.
  5. Konfigurasi elektron molekul dapat disusun berdasarkan prinsip Aufbau dengan mengisi orbital molekul yang memiliki energy terendah terlebih dahulu.
  6. Jika elektron menempati orbital molekul yang berbeda memiliki energy yang sama, gunakan aturan Hund.
  7. Orde ikatan dalam molekul diatomic didefinisikan sebagai jumlah pasangan elektron ikatan bonding dikurangi jumlah pasangan elektron antibonding.