AYUDDIN Dosen UNG Temukan Cara Perbaiki Bangunan Yang Hampir Roboh

Posted on 01/10/2017 by Ayuddin

 

Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo, Dr. Ayuddin, ST.,MT menemukan sebuah cara untuk memberbaiki bangunan yang retak atau hampir roboh.

Seperti diketahui bahwa bangunan yang hampir roboh disebabkan karena peristiwa alam seperti gempa bumi maupun karena usia bangunan yang sudah tua.

Untuk mengantisipasi hal ini, masyarakat biasanya memilih untuk merobohkan bangunan tersebut kemudian membangunnya kembali.

Menurut Dr. Ayudin, pembangunan kembali bangunan yang hampir roboh akan memakan biaya yang besar, sehingga melalui penelitian yang dipaparkan di Myanmar pada kegiatan ASEAN Federation for Engineering, ia menjelaskan sebuah terobosan baru untuk memperbaiki bangunan yang hampir roboh tersebut.

Dalam penelitiannya, Dr. Ayudin mengungkapkan bangunan yang hampir roboh masih dapat dipertahankan struktur yang rusak dengan diberikan tulangan eksternal berupa serat karbon di beberapa titik yang mengalami kerusakan.

“Kita tidak hanya dapat menggunakan baja tulangan untukmendirikan bangunan tetapi sudah dapat menggunakan bahan fiber untuk menopang bangunan yanghampir roboh atau sudah rusak,” tutur Ayuddin.

Dari hasil riset yang dilakukan melalui pengujian eksperimen laboratorium, terbukti dengan memberikan tulangan eksternal pada struktur beton yang memanfaatkan material serat karbon tersebut dapat meningkatkan kekuatan pada struktur beton bahkan bangunan yang rusak dapat dikembalikan sepertikekuatan semula.

“Serat fiber itu berbentuk seperti anyaman yang berfungsi mengekang struktur bangunan sehinggamenjadi pengekangan eksternal” kata doktor berdarah Makassar ini.

Oleh karenanya, dengan penelitian ini, ia berharap bangunan yang hampir roboh baik rumah, gedung maupun jembatan dapat dikembalikan struktur bangunannya seperti semula.

Posted in Uncategorize
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
rfooxr






Archives

  • October 2017 (2)
  • September 2017 (1)