MANAJEMEN PROGRAM PAKET B SEBAGAI PROGRAM PAUDNI PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KOTA GORONTALO

18 September 2014 20:50:43 Dibaca : 1405 Kategori : Jurnal

Dr. Abdul Rahmat, M.Pd
Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
email: infoabdulrahmat@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang manajemen penyelenggaraan Program Paket B sebagai program PAUDNI di SKB Kota Gorontalo.

Desain dari penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui (1) wawancaran mendalam, (2) observasi partisipatif dan (3) studi dokumentasi.

Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut: 1) Manajemen Tahap Identifikasi Kebutuhan. Tahap ini dilaksanakan dengan melakukan pendataan. Hasil yang didapatkan kemudian diverifikasi untuk kemudian ditetapkan sebagai sasaran utama program pendidikan kesetaraan. 2) Tahap Perencanaan. Pada tahap ini data yang telah didapatkan, diolah untuk kemudian dijadikan rekomendasi untuk pengembangan bahan belajar atau kebutuhan lainnya. 3) Tahap Pengorganisasian. Penyelenggara melaksanakan inventarisasi berbagai kebutuhan yang diperlukan. 4) Tahap Implementasi. Penyelenggara menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti tutor dan instansi yang terkait. 5) Tahap Pengendalian. Tahap pengendalian ini adalah sebagai salah satu cara untuk menjaga kualitas lulusan. 6) Tahap Evaluasi. Pada tahap ini dilaksanakan penilaian dengan melihat kondisi tutor, seperti jumlah kehadiran, peran dalam mengembangkan proses pembelajaran yang lebih bermakna dan produk inovatif yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan belajar.

Saran adanya tahap tindak lanjut. Tahap tindak lanjut dilaksanakan dengan menjalin kerjasama. Baik dengan instansi pendidikan maupun dengan instansi pemerintah/swasta lainnya.

Kata kunci: program, kualitas, dan pembelajaran non formal

Blogroll

  • Masih Kosong