MANAJEMEN PROGRAM PAKET B SEBAGAI PROGRAM PAUDNI PADA SANGGAR KEGIATAN BELAJAR DI KOTA GORONTALO

Dr. Abdul Rahmat, M.PdDosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontaloemail: infoabdulrahmat@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang manajemen penyelenggaraan Program Paket B sebagai program PAUDNI di SKB Kota Gorontalo.

Desain dari penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui (1) wawancaran mendalam, (2) observasi partisipatif dan (3) studi dokumentasi.

Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut: 1) Manajemen Tahap Identifikasi Kebutuhan. Tahap ini dilaksanakan dengan melakukan pendataan. Hasil yang didapatkan kemudian diverifikasi untuk kemudian ditetapkan sebagai sasaran utama program pendidikan kesetaraan. 2) Tahap Perencanaan. Pada tahap ini data yang telah didapatkan, diolah untuk kemudian dijadikan rekomendasi untuk pengembangan bahan belajar atau kebutuhan lainnya. 3) Tahap Pengorganisasian. Penyelenggara melaksanakan inventarisasi berbagai kebutuhan yang diperlukan. 4) Tahap Implementasi. Penyelenggara menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti tutor dan instansi yang terkait. 5) Tahap Pengendalian. Tahap pengendalian ini adalah sebagai salah satu cara untuk menjaga kualitas lulusan. 6) Tahap Evaluasi. Pada tahap ini dilaksanakan penilaian dengan melihat kondisi tutor, seperti jumlah kehadiran, peran dalam mengembangkan proses pembelajaran yang lebih bermakna dan produk inovatif yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan belajar.

Saran adanya tahap tindak lanjut. Tahap tindak lanjut dilaksanakan dengan menjalin kerjasama. Baik dengan instansi pendidikan maupun dengan instansi pemerintah/swasta lainnya.

Kata kunci: program, kualitas, dan pembelajaran non formal

Posted in Jurnal
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
ubqnyq