REVIEW BUKU CULTURE AND LITERATURE KARYA TAWHIDA AKHTER CHAPTER 2 LITERATURE AND SOCIETY: IMPACT OF LITERATURE ON THE SOCIETY MEENAKSHI LAMBA , TAWHIDA AKHTER

08 May 2024 18:20:32 Dibaca : 28 Kategori : REVIEW

Pendahuluan

Chapter 2  Literature and Society: Impact Of Literature On The Society  oleh Meenakshi Lamba dan Tawhida Akhter ini memberikan gambaran yang cukup komprehensif mengenai pendekatan sosiologis terhadap kajian sastra. Tulisan ini menyatakan bahwa sastra merupakan cermin dari masyarakat dan bentuk seni. Banyak kritikus dan mahasiswa dari zaman Plato hingga saat ini telah merenungkan berbagai teori pendekatan sosiologis terhadap sastra. Mereka diberi pemahaman bahwa sastra bisa menjadi produk sosial, dan pendapat serta perhatian yang tertuang dalam sastra dibatasi dan dibentuk oleh kehidupan budaya yang dibangun oleh masyarakat. Tulisan tersebut juga menyoroti Plato dan Aristoteles sebagai tokoh utama dalam perdebatan tentang hubungan antara sastra dan masyarakat. Plato, yang memulai diskusi tentang hubungan antara sastra dan masyarakat, mengajukan beberapa pertanyaan tentang inti sosial sastra. Namun, pertimbangannya lebih kepada higienitas sosial. Dia khawatir puisi bisa membuat seseorang emosional dan merusak kognisinya. Namun, jawaban Aristoteles terhadap argumen Plato membentuk dasar yang kuat untuk pendekatan sosiologis terhadap sastra. Aristoteles memandang bahwa sastra mencerminkan kejadian-kejadian kehidupan nyata dari masyarakat dan mengubah kegiatan-kegiatan monoton tersebut menjadi fiksi, yang kemudian ditawarkan kepada masyarakat sebagai cermin di mana orang dapat mempertimbangkan gambaran diri mereka sendiri dan melakukan perbaikan di tempat yang diperlukan. Namun, perlu diperhatikan bahwa pandangan Aristoteles tentang imitasi sastra juga menjadi elemen penting dalam pembahasan ini. Secara keseluruhan, teks ini memberikan gambaran yang cukup lengkap tentang pendekatan sosiologis terhadap sastra, dengan menguraikan sejarahnya serta menggali perdebatan dan konsep-konsep kunci yang terkait. Dengan penyempurnaan dalam bahasa dan struktur, teks ini dapat menjadi lebih efektif dalam menyampaikan argumennya kepada pembaca.

Teks ini menekankan pentingnya memahami hubungan antara sastra dan masyarakat untuk dapat melihat bagaimana sastra mencerminkan realitas sosial. Pada abad kedelapan belas, sastra menjadi lebih dapat diandalkan dan kuat dengan munculnya novel. Dengan menerima maksim de Boland bahwa sastra adalah 'ekspresi dari masyarakat', para kritikus sosial modern dan novelis meneliti novel sebagai gambaran realistis tentang masyarakat. Matthew Arnold dalam "Culture and Anarchy" juga menekankan bahwa sastra tidak dapat dipahami dengan baik tanpa memperhitungkan konteks budaya dan sosialnya. Semangat romantis pada abad kesembilan belas memberontak terhadap estetika klasik dan membuka jalan yang lebih baik untuk persepsi sosiologis terhadap sastra. Namun, H.A. Taine adalah sosok yang mencoba untuk mensistematiskan pendekatan sosiologis terhadap sastra secara ilmiah. Karyanya "History of English Literature" (1886) menjadi tonggak dalam sejarah sastra. Karl Marx, Frederic Engels, dan para pengikut mereka memberikan kontribusi berharga terhadap kritik sosiologis. Mereka melihat sastra sebagai infrastruktur ekonomi masyarakat dan memberikan awal yang baru bagi sosiologi sastra.

Hubungan yang kompleks antara sastra dan masyarakat, di mana keduanya saling mempengaruhi satu sama lain. Dalam satu aspeknya, sastra dapat dipandang sebagai sarana atau alat yang memungkinkan seorang penulis untuk menyampaikan pendapatnya, meskipun seringkali sangat tersirat, tentang masyarakat, beberapa di antaranya tidak dia anggap sebagai sesuatu yang baik. Menurut Malcolm Bradbury, para penulis dan kritikus besar yang menganggap bahwa imajinasi sastra memiliki kekuatan tunggal untuk turut campur dalam masyarakat, untuk memanggil sisi terbaiknya, untuk menyatakan nilai-nilai dan kekhawatiran terbaiknya, untuk menawarkan kritik atas kehidupan, telah menekankan kekuatan seni yang besar, untuk mengetahui dan menafsirkan dunia serta berperan sebagai pengaruh yang manusiawi di dalamnya. Dengan menyampaikan pandangan ini, teks tersebut menekankan bahwa sastra bukan hanya merupakan cermin masyarakat, tetapi juga merupakan alat untuk membentuk dan mempengaruhi pandangan serta perilaku masyarakat itu sendiri. Dengan merujuk pada kontribusi para penulis dan kritikus terkenal, teks ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran sastra dalam membentuk budaya dan pandangan dunia suatu masyarakat. Keseluruhan, teks ini memberikan pemahaman yang kaya tentang hubungan dinamis antara sastra dan masyarakat, serta potensi sastra sebagai alat untuk perubahan sosial.

Sifat kompleks dari keterikatan sosial dan kritik, yang memperjelas hubungan antara sastra dan masyarakat dalam berbagai aspek, serta mengkaji aspek-aspek tersebut seperti novel sebagai bentuk sastra yang sangat cocok untuk memberikan kritik terhadap cacat-cacat masyarakat, studi sosiologi sastra yang berlawanan dengan estetika, dan tradisi kritik sosiologis yang dimulai dari Matthew Arnold, Hippolyte Taine hingga pendekatan Marxis sampai kritik antardisiplin masa kini.

Teks ini berupaya menyajikan latar belakang teoretis yang luas untuk memberikan dasar dan pandangan dari mana kita dapat melanjutkan ke studi tentang seorang penulis yang memiliki kecenderungan sosiologis. Secara singkat, bab ini bertujuan untuk memperjuangkan studi sastra, terutama dalam bentuk novel, yang dimulai dengan pendekatan sosiologis.

Selain itu, teks menggarisbawahi pentingnya pengetahuan tentang kelompok-kelompok kreatif dalam berkomunikasi dan menulis sastra. Studi sastra Inggris mendukung masyarakat dengan menginspirasi pembentukan masyarakat yang berharga. Sastra juga mendukung pendidikan masyarakat, meningkatkan inovasi, dan berbagai pendekatan opini tentang dunia. Selain itu, sastra merangsang cara kerja manusia dalam batasan struktur masyarakat dan rasa "spiritual" yang mendalam.

Perspektif interpretasi Marxis menyatakan bahwa ideologi yang berlaku akan hancur jika tidak secara luas menentukan setiap fitur dan aspek masyarakat. Dalam konteks sastra, ini berarti memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengakui kerentanan mereka melalui pandangan mereka terhadap dunia, untuk memungkinkan perubahan sosial melalui pemahaman diri mereka. Namun, pandangan yang berlawanan tentang aliansi kompleks dan berisiko antara sastra dan masyarakat juga dipersembahkan, yaitu dari sosiolog yang juga melihat keduanya sebagai fenomena yang agak asing yang disebut 'sastra'. Keduanya merupakan area yang sangat empiris dan dominan dalam apa yang dianggap, namun juga merupakan topik yang selalu muncul dan menantang.

Tulisan ini mengulas berbagai pendekatan dalam mendefinisikan sastra, seperti relativisme, subjektivisme, dan agnostisisme. Relativisme menyatakan bahwa tidak ada konsekuensi dari perbedaan dalam sastra; sesuatu dapat disebut sebagai sastra yang baik. Subjektivisme menyiratkan bahwa semua teori tentang signifikansi sastra bersifat subjektif dan penilaian sastra hanyalah masalah bagi manusia. Agnostisisme muncul dari subjektivisme, namun, ia berargumen bahwa meskipun mungkin ada sifat-sifat nyata dalam nilai sastra, sistem nilai subjektif kita menghindarkan kita dari gagasan yang signifikan tentang kepentingan yang sebenarnya. Pendekatan Hubert Zapf dalam karya "Literature as Cultural Ecology", yang sangat memfokuskan pada hubungan antara sastra dan masyarakat. Zapf memaparkan tiga fungsi sastra, yaitu sebagai "meta wacana budaya-kritis" yang menggambarkan berbagai aspek dan perbedaan dalam sistem kekuasaan peradaban, sebagai "wacana kontra kreatif" yang mengotentikasi apa yang marginal, dan sebagai "inter-wacana reintegratif" yang menghubungkan kembali hal-hal yang terpinggirkan dengan realitas budaya.

Konsep dari tokoh-tokoh teori sosial lainnya, seperti Niklas Luhmann, yang memandang masyarakat sebagai sistem yang berbeda, yang terdiri dari berbagai subsistem yang melakukan fungsi-fungsi khususnya. Namun, yang sama adalah komunikasi, dengan variasi dalam cara mereka berkomunikasi. Pendekatan kritik sastra secara sosiologis juga dibahas, dengan mencatat perbedaan antara pandangan yang memandang sastra sebagai fenomena independen dan pandangan yang melihatnya sebagai bagian dari masyarakat yang tak terpisahkan. Beberapa kritikus sosialis menganggap bahwa kategori estetika tidak dapat dipisahkan dari asal-usul sosialnya.

Bahaya yang muncul ketika menggunakan sastra sebagai alat untuk mempelajari masyarakat, yaitu kecenderungan untuk mengurangi karya seni menjadi sekadar kumpulan data sosiologis dan mengabaikan nilai estetikanya. Memperlakukan sastra dengan anggapan bahwa sastra mengandung segala sesuatu, dalam bentuk miniatur atau dimodifikasi, dari apa pun yang ada dalam masyarakat yang menghasilkannya, tentu saja akan menjadi pendekatan yang naif terhadap sastra. Namun, terdapat perbedaan ketika tujuan yang diungkapkan adalah menggunakan sastra sebagai bukti untuk mempelajari masyarakat, dan dalam kasus tersebut, disiplin dari mana kritikus berasal adalah sosiologi bukan kritik sastra. Namun, ketika seorang kritikus sastra, misalnya dengan kecenderungan pluralistik, ingin mengeksplorasi sisi sosial sastra, ia harus selalu berhati-hati untuk tidak mengurangi sastra menjadi kumpulan sumber untuk analisis sosiologis.

Selain itu, sastra tidak hanya merupakan produk dari masyarakat tetapi juga "menghasilkan" masyarakat atau dengan kata lain, sastra dipengaruhi oleh masyarakat dan memengaruhi masyarakat. Sastra besar telah mempengaruhi dan membentuk masyarakat selama berabad-abad. Seperti yang dinyatakan oleh Harry Levin, hubungan antara sastra dan masyarakat bersifat saling menguntungkan, sastra bukan hanya akibat dari penyebab sosial tetapi juga merupakan penyebab dari efek-efek sosial. Karya sastra sering kali memainkan peran penting dalam membentuk pandangan dan nilai-nilai masyarakat. Selain itu, sastra juga dipengaruhi oleh masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, sastra bukanlah fenomena independen tetapi merupakan hasil dari interaksi kompleks antara individu dan masyarakat.

Dalam studi tentang sastra dan masyarakat, penekanannya ada pada sosiologi penulis, asosiasi penulis dengan para pembaca, penerbit, dan pelindung sastra. Mengingat hubungan antara sastra dan masyarakat, pertanyaan sejauh mana sastra sebenarnya ditentukan atau bergantung pada lingkungan sosialnya, pada perubahan sosial dan perkembangannya, adalah pertanyaan yang, dengan satu cara atau lain, akan masuk ke dalam ketiga divisi masalah kita, yaitu sosiologi penulis, konten sosial karya itu sendiri, dan pengaruh sastra terhadap masyarakat. Sastra menunjukkan bagaimana ini berarti bahwa ia adalah cermin masyarakat. Sastra telah memainkan peran yang sangat penting sejak awal sejarah. Sastra meniru tindakan manusia dalam masyarakat utamanya. Sastra mengungkap realitas sosial. Begitu banyak karya sastra yang berkaitan dengan masalah sosial secara khusus membantu orang memahami kebenaran dan meyakininya dengan cara yang berbeda dari orang-orang yang tidak mengalami sastra. Sastra memiliki fungsi yang khas dalam menentukan dan mengajari masyarakat secara luas. Sastra menyampaikan fakta-fakta sejati dalam masyarakat dan menyarankan cermin masyarakat sehingga orang dapat melihatnya dan setuju di mana pun diperlukan. Menerima bagaimana sastra memengaruhi individu dan bagaimana itu mencerminkan masyarakat seseorang adalah sesuatu yang harus diberikan lebih banyak refleksi dan pemikiran.

Tujuan dasar sastra adalah untuk merevitalisasi dan memengaruhi proses berpikir kita. Sastra membantu kita untuk mencatat pendapat dan emosi pikiran besar. Ini menarik kita dalam dua pendekatan, dengan kenyamanan dan pendekatan dengan mana itu disajikan. Isi harus menyenangkan pembaca dan harus menimbulkan minat dengan cara tertentu. Cara itu harus sedemikian rupa sehingga akan menyenangkan pembaca dan menambah keberadaan fakta-fakta yang dimilikinya. Untuk mengetahui ini secara alami kita memiliki bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain. Dengan kekuatan bahasa, kita sedang dalam perjalanan untuk menciptakan sastra. Sebagai contoh, jika kita mengambil puisi yang penuh dengan perasaan penyair, ketika kita membacanya, kita menjadi tertarik dan kita merasa satu dengan dia. Masyarakat membentuk hubungan asosiasi antara manusia selama komunikasi yang merupakan tujuan yang dikejar oleh penyair atau penulis.

Sastra memanipulasi masyarakat dan masyarakat disebutkan dalam sastra. Dalam semua bahasa dan setiap zaman telah ada hubungan yang intim antara sastra dan masyarakat. Sastra tidak bisa lepas dari kendali masalah-masalah sosial dan karena itu meniru masyarakat pada zaman ketika itu terbentuk. Sistem hukum dan sistem masyarakat kita ditetapkan oleh beberapa kekuatan spiritual yang tidak kita kenal. Namun, kehidupan kita berlanjut, kita lahir dan akhirnya mati. Ada berbagai peraturan baru sambil pada saat yang sama beberapa peraturan lama tetap ada. Saat berpikir, kita menyadari bahwa buku-buku yang diterbitkan di zaman yang setara positif telah membentuk masyarakat dan kepercayaan dan tindakan masyarakat. Mereka sampai pada kesimpulan tentang bagaimana perasaan orang, pertimbangan mereka, dan mengapa mereka melakukan seperti yang mereka lakukan. Biasanya, buku-buku menyelinap ke dalam kehidupan orang, tetapi di sisi lain diambil untuk melakukannya dan memiliki efek pada yang tidak sadar dan dengan cara itu, membangun masyarakat. Mereka mengisahkan kisah hidup kita. Sastra juga kadang-kadang menunjukkan jenis orang yang berada di tempat yang tepat pada periode tersebut. Sebagai contoh, jika kita mengasumsikan bahwa dalam karya Chaucer Prolog ke Canterbury Tales semua karakter dalam cerita tersebut adalah gambaran yang benar dari jenis orang seperti itu selama masanya. Sastra mensimbolkan masyarakat atau dunia dalam semua aspek. Ini telah menciptakan dampak besar pada perkembangan masyarakat dengan mengubah sistem politik dan meninjau manusia yang mengalami peristiwa dalam hidup mereka.

Dampak sastra memainkan peran utama dalam pembangunan negara. Sebagai contoh, UAE mengalami perkembangan cepat dalam waktu singkat dan tanpa keraguan sastra mempengaruhi kekuatan pembangunan. Masalah atau kekurangan terbesar kita adalah bahwa beberapa orang gagal membaca buku. Banyak orang tidak memiliki kebiasaan membaca buku dan gagal menyadari pentingnya sastra. Sastra membuat kita menganalisis masalah sosial secara mendalam dan terkadang memberikan solusi untuk memecahkan masalah. Penyair, dramawan, novelis, esais semuanya mencerminkan masyarakat dalam karya mereka.

Sastra menggambarkan orang-orang yang terlibat dalam interaksi sosial. Kita dapat mengamati masyarakat kita saat disuling dan tercermin dalam sastra. Setiap orang ingin hidup dalam dunia ilusi, melarikan diri dari keaslian karena setiap orang dalam lingkaran harian mereka membiarkan dunia yang sama yang melampaui mereka, kelangsungan hidup manusia yang serupa dan sifat atau karakter manusia yang konsisten baik dalam dirinya maupun orang lain. Karena itu, setiap orang memerlukan jenis pembiasan atau penghormatan terhadap hal-hal yang dimilikinya dalam hidupnya sendiri dan yang relatif jelek atau tidak berwarna. Itu adalah pikiran yang membuat hal-hal berwarna, meskipun adalah suatu kepastian bahwa mereka juga menciptakan hal-hal yang cukup mengerikan dan bahkan tidak disukai. Jadi, adalah karya-karya penulis kreatif yang menyajikan penyelamatan untuk waktu luang bagi pembaca karena mereka memberikan pembaca pelarian singkat dari kebenaran hidup, sementara dunia penulis realistis menampilkan cermin masyarakat dan kehidupan saat ini. Sastra mencerminkan baik nilai-nilai baik maupun buruk dari masyarakat. Merefleksikan nilai-nilai buruk membuat kita memperbaiki dan menyelesaikan masalah.

The Relationship between Literature and Society/Hubungan antara Sastra dan Masyarakat

Seseorang hidup dan juga mengembangkan hubungan dan interaksi antara orang-orang yang hidup di masyarakat. Kita juga suka memahami sesama manusia, kepercayaan dan cara berpikir mereka, kesukaan dan ketidaksukaan mereka. Jelas, jika kita memiliki penguasaan bahasa untuk menyatakan perasaan, kita sudah dalam jalur yang baik menuju pembentukan sastra. Dengan kata lain, area yang dibahas dalam sastra adalah masyarakat dalam satu bentuk atau lainnya.

Sastra menunjukkan sedikit bahwa yang ditulis untuk merangsang pikiran, dalam fakta-fakta yang merupakan pemikiran dan perasaan dari pikiran-pikiran besar. Ini membangun fokus dalam dua cara melalui topiknya dan sepanjang pendekatannya. Topik harus sedemikian rupa sehingga mereka yang membacanya terlibat dengan cara tertentu. Cara itu harus sedemikian rupa sehingga akan memberi kepuasan kepada pembaca dan menambah kesadarannya.

Hubungan antara sastra dan masyarakat sudah dikenal dengan baik—bahwa sastra mencerminkan masyarakat. Apa yang terjadi dalam suatu masyarakat disimulasikan dalam karya sastra. Arti sejati dari sastra adalah seni karya yang ditulis dalam berbagai bentuk, seperti puisi, drama, cerita, prosa, fiksi, dll. Ini juga dapat mencakup teks-teks yang didasarkan pada fakta dengan imajinasi. Sebuah masyarakat adalah sekelompok orang yang terkait satu sama lain melalui hubungan yang terus-menerus dan konsisten mereka. Ini juga merupakan kelompok orang yang sejalan, yang sebagian besar dikuasai oleh aturan dan nilai-nilai mereka sendiri. Komunitas manusia, dianalisis, digambarkan oleh representasi gambaran hubungan antara individu yang menyebar budaya, tradisi, kepercayaan, dan nilai-nilai, dll.

Jika seseorang melihat sejarah masyarakat, seseorang akan menemukan bahwa sifat masyarakat yang berbeda telah mengalami modifikasi dari periode Paleolitikum hingga era teknologi informasi saat ini. Gaya hidup, kepercayaan, keyakinan, budaya, dll., orang-orang tidak pernah berlanjut secara konsisten dan terus-menerus. Seiring berjalannya waktu dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungan dan dengan pembentukan teknologi baru, kita mengharapkan bahwa masyarakat tidak terus berlanjut dengan ketat sesuai dengan norma dan nilai-nilai mereka, yang dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk sastra.

Berbagai masyarakat telah menggunakan dan tetap menggunakan bahasa yang berbeda untuk mencapai ambisi individu dan masyarakat. Kadang-kadang diamati bahwa banyak tuduhan dijelaskan terhadap sastra serta masyarakat. Karya sastra dikecualikan karena bagian masyarakat yang berlawanan menganggapnya meniru kepercayaan dan aturan di luar masyarakat tersebut. Contoh-contoh The Satanic Verses karya Salman Rushdie dan Lajja karya Taslima Nasrin menunjukkan contoh-contoh tuduhan seperti itu.

Dampak sastra terhadap masyarakat dapat dianggap instan atau secara bersamaan. Jadi, novel-novel Dickens memiliki dampak implisit dalam membangun dalam masyarakat semangat untuk mengatur dan menghilangkan ketidakadilan sosial, memanggil untuk transformasi yang mendasar. Novel-novel Sarat Chandra bahkan melanggar kepatuhan mengenai kesejukan mempertimbangkan perempuan dalam masyarakat kita. Walaupun demikian, jelas bahwa jika kita tertarik pada sastra dan pengaruhnya, kemampuannya untuk mengubah kita secara memadai terbatas. Sastra dibuat dari pengalaman hidup. Tentu saja seniman pragmatis memberikan fokus bagi keingintahuan dan sisi kasar hidup yang berlebihan. Tetapi untuk mengidentifikasi hidup sepenuhnya, tidak hanya sisi positif tetapi juga ketidakmashuran dan kegelapan hidup perlu saling mengenal. Dengan demikian, masyarakat membentuk sastra. Ini bisa dijelaskan sebagai cermin masyarakat. Tetapi keunggulan dan sifat ekspresi bergantung pada pemikiran penulis, dalam hal ia progresif dalam pandangannya atau konservatif.

Studi sastra Inggris akan, sebagai hasilnya, membawa kita keluar ke berbagai bidang sejarah Inggris, yang kita artikan sebagai sejarah politik dan masyarakat Inggris, tata krama dan adat istiadat, budaya dan pembelajaran, serta filsafat dan agama. Di sisi lain, keunikanlah yang membentuk seluruh kehidupan suatu era. Ciri-ciri yang menyatukan seorang manusia tidak, seperti yang dikatakan Taine, pada dasarnya hidup bersama, mereka saling terkait dan saling bergantung.

Fokus kita haruslah untuk mengaitkan sastra dari setiap zaman dengan semua masalah utama dari kasus nasional pada waktu itu. Oleh karena itu, penting untuk mengenal fitur-fitur zaman di mana penulis hidup. Seorang penulis bukanlah kebenaran yang terisolasi tetapi ciptaan zaman di mana ia hidup dan berkarya. Konsepsi hidupnya telah ditembus dan diseliputi dengan dampak dari zamannya. Dengan demikian, sastra hanyalah cermin kehidupan, sebuah imitasi dan jelas sebuah dokumen sosial.

Role of Literature in Society/Peran Sastra dalam Masyarakat

Melalui penjelasan yang disengaja yang telah dilakukan oleh penulis, kita dapat melihat bagaimana sastra memainkan peran dalam masyarakat kita. Sastra terbukti berkontribusi pada perkembangan masyarakat kita melalui jangkauannya yang luas. Secara bertahap, sastra membentuk peradaban dengan meningkatkan semangat dan keyakinan dalam masyarakat. Keabsahan sastra berperan dalam membangun belas kasihan individu dan merangsang usaha sosial kita.

Sastra dalam masyarakat tidak hanya dikecualikan atau berusaha dicegah karena mencerminkan norma dan nilai yang tidak ditemukan dalam nilai-nilai tradisional masyarakat tersebut, tetapi juga untuk sementara waktu dimarginalisasi atau sangat konflik karena bentuk bahasa yang digunakannya berbeda dari yang telah digunakan orang. Dalam konteks menggambarkan atau mewakili epik dalam bahasa yang umum digunakan oleh orang-orang pada masa itu, ada contoh konflik yang kuat oleh sebagian masyarakat yang berbeda yang dapat dilihat di seluruh dunia, yang tidak hanya menggunakan cara berbahasa yang dapat diprediksi atau tradisional tetapi mereka merasa bangga dengannya, menganggap diri mereka sebagai kelompok terbaik.

Dengan demikian, terungkap bahwa masyarakat berfungsi sebagai pendukung bagi budaya dan adat istiadat orang-orang yang ditirunya dan penduduk suatu kelompok masyarakat membagi persamaan keyakinan dengan mengenai asumsi, kepercayaan, kasta, agama, dll. Sastra, ketika digabungkan dengan budaya dan aspek lainnya baik yang abstrak maupun nyata dalam masyarakat, tidak hanya menangani subjek-subjek tak berwujud seperti alienasi, asimilasi, dan transformasi dalam masyarakat tetapi juga mencerminkan isu-isu yang mencolok.

Sastra adalah ungkapan dari kehidupan individu dan masyarakat di sekitarnya. Pikiran individu tentang fakta rasial, politik, dan sosial terlihat melalui bahasa dalam bentuk sastra. Sastra dan kehidupan terhubung secara intim, yang dinamis. Bahkan buku-buku biasa menjadi sastra ketika mereka membawa kita ke dalam hubungan dengan kehidupan nyata. Sastra mencapai daya tarik universal hanya ketika itu tidak hanya fantasi tetapi melampaui dengan menghubungkan dirinya dengan kehidupan. Nilai utama sastra adalah signifikansi manusianya dan oleh karena itu sastra harus terdiri dari banyak peristiwa kehidupan yang disusun bersama. Nilainya bergantung pada kedalaman dan luas kehidupan yang digambarkannya. Sastra hebat karena universalitasnya karena tidak berkaitan dengan masyarakat tertentu dari masyarakat tertentu

Sastra bukan hanya berurusan dengan komunitas tetapi juga dengan masyarakat secara keseluruhan atau secara menyeluruh. Sastra berubah sesuai dengan perubahan sosial yang terjadi dalam sejarah, sehingga seseorang dapat membaca literatur dari waktu tertentu dalam sejarah untuk memahami gaya hidup orang-orang pada masa itu. Representasi manusia dan sikap memastikan kehidupan berkorelasi dengan waktu dan era tempat mereka tinggal. Makna dan signifikansi moral manusia bervariasi tetapi konsisten dengan zaman dan era mereka. Apa yang berharga dua ratus tahun yang lalu sekarang diabaikan, tetapi kemudian mungkin sangat penting lagi. Namun, sastra menggambarkan segalanya secara pragmatis.

Karakter yang direpresentasikan dalam sastra adalah contoh-contoh manusia nyata dari zaman itu. Untuk memahami fitur-fitur yang berbeda dan dasar yang konsisten dari suatu masyarakat pada waktu tertentu, cukup melalui karakter dan masyarakat yang diilustrasikan oleh literatur pada waktu itu. Sastra adalah gambaran cermin dari pengalaman manusia karena memungkinkan orang untuk meninjau kenangan mereka dan mereka dapat mengalami kenangan atau pengalaman itu lagi melalui kata-kata. Sastra juga memungkinkan orang untuk membagi pengalaman manusia melalui penggambaran dalam kata-kata mereka dan memungkinkan orang untuk mendapatkan pengetahuan melalui pemahaman orang lain. Melalui membaca literatur dari berbagai masyarakat, manusia dapat memperoleh pengetahuan dari pelajaran hidup orang lain karena mereka dapat mengamati pemikiran dan kenangan orang lain. Dengan demikian, sastra tidak hanya merupakan cerminan masyarakat tetapi juga menyediakan cermin penyembuh di mana anggota masyarakat dapat melihat diri mereka sendiri dan menemukan kebutuhan akan perubahan positif.

Sastra seharusnya menggambarkan dan membawa perhatian masyarakat pada realitas kehidupan yang sedang berkembang dan harus menunjukkan jalan untuk mendorong masyarakat menuju tingkat kehidupan dan pemikiran yang dikenal. Sastra karena itu harus membebaskan pikiran dari pembatasannya; merangsangnya untuk tanggapan yang hidup terhadap pegangan hidup yang penuh semangat. Adalah kebenaran yang terkenal bahwa sastra mencerminkan masyarakat dan itu mewakili nilai-nilai baik dan buruk dari masyarakat yang menantang. Sastra membantu bagian penting dalam memperbaiki suatu masyarakat dengan mencerminkan nilai-nilai buruknya. Pada saat yang sama, sastra juga berfungsi sebagai pembawa pesan nilai-nilai baik yang pembaca dapat pelajari dan ikuti.

Sastra adalah reproduksi dari tindakan manusia, dan seringkali memberikan gambaran tentang apa yang dipikirkan, dikatakan, dan dilakukan orang dalam masyarakat. Sastra mewakili kehidupan dan tindakan manusia melalui karakter-karakter tertentu dan karakter-karakter itu dengan kata-kata dan tindakan mereka berkomunikasi pesan yang pasti untuk tujuan pendidikan, informasi, dan hiburan. Sastra tidak dapat mengabaikan sikap, moral, dan nilai-nilai masyarakat, mengingat tidak ada penulis yang dibesarkan sepenuhnya tidak sadar akan fenomena di dunia di sekitarnya. Karakter dan tema dalam sastra diambil dari karakter-karakter kehidupan nyata dan masyarakat pada masanya. Para penulis membawa peristiwa-peristiwa kehidupan nyata dalam masyarakat mereka ke dalam fiksi dan memberikannya kepada masyarakat sebagai cermin dengan mana orang dapat melihat diri mereka sendiri dan melakukan modifikasi di tempat yang diperlukan. Sastra berbeda dari karya seni lainnya karena setiap pembaca membawa sesuatu untuk membuat impresinya berbeda dari apa yang ditulis oleh penulis. Adalah sifat manusiawi bahwa setiap orang memahami pengalaman dengan cara yang berbeda. Mungkin apa yang dipercayai pembaca serupa atau bisa juga keyakinan pribadi pembaca yang diambil dari apa yang ditulis penulis. Peran kontemplatif sastra adalah menjelaskan masyarakat melalui sejarah keyakinan, pemikiran, dan tindakan. Ini memungkinkan individu untuk mengidentifikasi bagaimana suatu masyarakat beroperasi dan mengapa melakukan hal itu.

Sastra merangsang pikiran karena memungkinkan kita untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang masalah dan situasi. Salah satu fungsi sastra adalah memungkinkan pembacanya memahami arti konflik manusia. Pertanyaan sejauh mana sastra bersifat tekun atau bergantung pada masyarakat adalah pertanyaan yang pada akhirnya membawa kita ke satu arah atau arah lain, kepada penulis dan latar belakangnya, pengaruh sastra pada masyarakat, dan sebaliknya. Ini adalah kebenaran tanpa keraguan bahwa penulis tidak hanya dipengaruhi oleh masyarakat tetapi juga mempengaruhinya. Sastra tidak hanya mempengaruhi kehidupan tetapi juga membentuknya. Jika kita menjabarkan dasar setiap revolusi untuk perbaikan dunia manusia, kita menemukan bahwa sastra tidak hanya mengkategorikan dasar-dasar pemberontakan tetapi juga menanamkan benih revolusi. Slogan untuk Revolusi Perancis, 'Kebebasan, Kesetaraan, dan Persaudaraan' memiliki akarnya dalam sastra. Metode demokratisasi dalam sejarah manusia telah dimulai oleh sastra. Dengan demikian, sastra bukan pengagum tradisi, tetapi seorang perintis, pembawa obor yang menunjukkan jalan kepada masyarakat. Sastra adalah otak umat manusia dan mengkonfirmasi dan membela pengalaman, pengetahuan, dan gagasan dari dan untuk ras manusia. Ini adalah 'kritik kehidupan' untuk mencatat pendapat Mathew Arnold, dan Socrates lama yang lalu menentukan bahwa 'kehidupan yang tidak dikritik tidak layak untuk dijalani.' Sastra yang memberikan kesempatan untuk sampai pada titik untuk mengenali makna dan nilai sejati dari kehidupan.

Pengaruh utama sastra dan sejarah terhadap masyarakat tidak dapat dilebih-lebihkan. Hubungan antara keduanya telah terus menjadi fokus perhatian kritis sejak zaman Plato. Kesamaan itu telah diperiksa begitu banyak oleh penulis Afrika sehingga telah mencapai status sebagai ideologi sastra yang khas bagi Afrika. Meskipun perdebatan tentang hal ini tidak lagi sekeras seperti pada bagian terakhir abad terakhir, kondisi sosial-politik yang melahirkan korpus karya-karya Afrika yang dipenuhi dengan masalah sejarah dan sosial masih kokoh di benua itu. Meskipun demikian, banyak penulis baru, mungkin terlalu peka terhadap beberapa kritikus Barat yang mengutuk sastra Afrika sebagai studi sosiologis yang kekurangan kualitas artistik, telah mulai meneliti masalah yang memiliki relevansi kecil terhadap kebutuhan sosial-politik dan budaya langsung benua itu. Dalam meninjau kembali pandangan beberapa sarjana sastra terkemuka tentang hubungan simbiotik antara sastra dan masyarakat, makalah ini mengulangi bahwa agar sastra tetap menjadi alat dan agen perubahan sosial yang nyata, ia harus terus mencerminkan konflik dan krisis yang muncul dari masyarakat. Dengan menyoroti pandangan-pandangan ini, upaya dilakukan untuk memusatkan kembali perhatian penulis kontemporer, para pembaca, dan kritikus pada tugas yang belum selesai untuk menghentikan benua Afrika yang cepat tenggelam dalam kerusakan korupsi, penindasan, dan penyakit sosial lainnya. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah melalui produksi sastra yang bersemangat yang tidak hanya mengidentifikasi sumber masalah tetapi juga memberi pemahaman kepada konsumennya untuk mengubah arah perkembangan sosial secara positif.

Achebe (1988) berpendapat bahwa sastra harus menjadi alat untuk pendidikan, reformasi, dan rekayasa sosial. Baginya, seni dan masyarakat tidaklah sama-sama eksklusif. Sebaliknya, seni seharusnya digunakan untuk kepentingan masyarakat. Dia mencatat:

"Seni adalah upaya manusia untuk menghasilkan untuk dirinya sendiri suatu tatanan kebenaran yang berbeda dari apa yang diketahuinya; sebuah motivasi untuk menawarkan dirinya sendiri dengan pegangan kedua pada kelangsungan hidup melalui imajinasinya" (Achebe, 96).

Pandangan ini secara tepat menjelaskan tugasnya dalam novel-novelnya. Pada tahun 2002, Achebe mengulangi tesisnya dengan mengakui ciri-ciri yang seharusnya dimiliki oleh sebuah karya untuk berkontribusi secara signifikan kepada masyarakat. Dia menganggap bahwa "sastra yang menggambarkan ketentuannya dari kehidupan di sekitarnya dan memperluas pengakuan imajinatif dengan kehidupan itu memiliki kemungkinan besar untuk mencapai fitur dan kekuatan pernyataan visioner."

Critical Perspectives on Literature and Society/Perspektif Kritis tentang Sastra dan Masyarakat

Studi tentang novel, banyak sarjana percaya, adalah studi tentang masyarakat yang menghasilkannya. Oleh karena itu, ada hubungan simbiotik antara sastra dan masyarakat. Di dalam The Republic, Plato mengamati bahwa sastra dapat mempengaruhi masyarakat. Meskipun subjek sastra adalah tak terbatas, seniman sastra sering merefleksikan keadaan dalam dunia nyata. Tema-tema sastra dapat berasal dari berbagai sumber seperti mitos, sejarah, masyarakat kontemporer, atau imajinasi penulis. Di sisi lain, struktur dari sebagian besar sastra masih sangat dipengaruhi oleh pengalaman dalam dunia nyata. Hubungan yang erat antara sastra dan masyarakat telah memberikan banyak dorongan bagi seniman sehingga banyak kritikus menganggap bahwa sastra sebagian besar mencerminkan kondisi sosial-politik dan sejarah kontemporer lingkungan sekitarnya dari mana sastra tersebut berkembang.

Kritikus sastra dengan kecenderungan ideologis yang beragam telah mendefinisikan novel dalam berbagai cara. Ciri-ciri yang sering muncul dalam sebagian besar definisi mencakup pertama, bahwa novel adalah karya fiksi; kedua, ditulis dalam prosa; ketiga, melibatkan narasi yang diperpanjang; dan keempat, memiliki karakter yang perilakunya, perasaannya, dan pikirannya mewakili materi subjeknya (Fraser 1953; Watt 1957 dan 1981; Ezeigbo 1998). Setelah berkembang dari tradisi sastra sebelum abad kedelapan belas, novel menjadi terbentuk sebagai bentuk seni melalui realisme dan eksperimen psikologis dalam karya-karya Daniel Defoe, Tobias Smollet, Henry Fielding, Samuel Richardson, dan Laurence Sterne. Edwin C. Onwuka melalui realisme sebagai konsep sastra sangat mempengaruhi perkembangan novel sebagai genre sastra; tidak ada definisi yang diterima secara universal. Hewitt (1972) menegaskan posisi ini dan menunjukkan pentingnya realisme bagi novel dengan mengidentifikasikannya sebagai salah satu elemen terkuat yang menghubungkan novel dengan masyarakat. Dia mendefinisikan novel realistis sebagai "jenis novel yang ... minatnya adalah dalam sebuah masyarakat yang kita percayai mirip dengan yang diketahui oleh sejumlah besar kontemporer kita dan menggambarkan masyarakat ini dengan menunjukkan tindakan dan menggambarkan pemikiran dan perasaan karakter yang masuk akal yang dianggap di tingkat kehidupan sehari-hari.” Kesetiaan terhadap pengalaman nyata ini adalah fitur umum dalam banyak definisi novel realistis lainnya (Brooks dan Warren 687; Boulton 113, Halperin 213). Sejarah didefinisikan sebagai "proses perkembangan kemanusiaan" (Engels, 31).

Dengan kata lain, ini adalah studi tentang peristiwa-peristiwa di masa lalu yang dianggap penting dalam satu cara atau lainnya terhadap situasi baik di masa sekarang maupun masa lalu. Masyarakat, di sisi lain, didefinisikan dalam Kamus Oxford Advanced Learner’s (2006) sebagai "orang-orang pada umumnya yang hidup dalam komunitas." Akibatnya, orang-orang di komunitas kecil atau bangsa, atau negara atau benua seperti orang-orang di Nigeria atau Afrika, atau benua lainnya akan membentuk suatu masyarakat. Faktor kunci yang membedakan suatu masyarakat seperti yang digunakan dalam makalah ini adalah bahwa orang-orang berbagi pengalaman budaya, sejarah, dan sosio-politik yang sama. Para kritikus dengan berbagai pandangan telah mengomentari peran novel dalam representasi masyarakat. Sementara beberapa mengusung pandangan bahwa novel, seperti bentuk sastra lainnya, harus fokus pada pencapaian keunggulan estetika (kritikus 'seni demi seni'), kelompok yang lebih cenderung sosialis secara sosial bersikeras bahwa setiap karya seni yang gagal mengatasi satu atau lebih aspek realitas sosial harus ditolak. Pandangan ini sangat populer di kalangan kritikus Afrika. Studi tentang novel oleh karena itu telah meluas dalam ruang lingkup untuk menemukan dan menganalisis keadaan sosial yang menjadi dasar produksi teks. Beberapa sarjana juga telah menekankan perlunya lokasi sejarah dalam waktu dan ruang untuk peristiwa yang digambarkan dalam novel.

Orr (1977) menegaskan bahwa ada korelasi antara novel dan sejarah serta lingkungan sosial masyarakat dari mana novel tersebut muncul. Dia mengamati bahwa: Tidak ada sosiologi novel yang dapat bertahan tanpa kesadaran sejarah. Karena, seperti pembacanya, setiap teks sastra memiliki lokasi sejarah. Respon emosional tidak terpisahkan dari pengetahuan tentang kehidupan dari waktu ke waktu. Apa yang dibaca mencari validitas estetisnya dalam apa yang telah dialami. Novel memiliki hubungan jangka dengan sejarah dan masyarakat karena tidak ada kritikus sastra yang dapat mengenali novel dengan memalingkan punggungnya dari masyarakat, dan tidak ada ilmuwan sosial yang dapat membedakan masyarakat modern dengan memalingkan punggungnya dari novel (Orr, hlm. 4). Lukács (1969) menekankan kesamaan antara novel dan masyarakat karena percakapan salah satunya secara konsisten melibatkan yang lain. Dia membenarkan bahwa: Masyarakat adalah subjek utama novel, yaitu kehidupan sosial manusia dalam interaksi tak henti-hentinya dengan alam sekitar yang membentuk dasar aktivitas sosial dan dengan berbagai institusi sosial berupa adat istiadat, yang memediasi hubungan antara individu dalam kehidupan sosial (Lukács, hlm. 6). Van Peer (1991) menyoroti lebih lanjut hubungan antara novel dan masyarakat. Dia berpendapat bahwa studi tekstual tidak boleh terbatas pada nilai-nilai estetika mereka.

Dengan kata lain, perhatian juga harus diarahkan pada konten sosiologis mereka untuk mencapai apresiasi terhadap maknanya. Menurutnya: Produksi dan eksposisi teks dan wacana memberikan alasan yang jelas. Terpisah dari yang estetis, yang dipelajari dalam poetika dan stilistika, teks melambangkan nilai-nilai sosial dan tradisi serta mengacu pada posisi-posisi ideologis [yang] tercipta dalam struktur ekstra tekstual dari kepastian dan masyarakat (Van Peer, hlm. 15). Jonathan Herder, seorang filsuf dan kritikus Jerman, terkenal atas partisipasinya dalam filsafat sejarah dan budaya. Herder menganggap bahwa lingkungan sosial dan geografis yang terjamin, ras dan adat istiadat, serta kondisi budaya dan politik di daerah-daerah tertentu dapat diandalkan untuk muncul dan tumbuhnya sastra. Dia mempertimbangkan struktur sosial sebagai dasar sastra. Singkatnya, pemikiran Herder tentang sastra mengimplikasikan bahwa ada hubungan informal antara sastra dan budaya, ras, adat istiadat, dan gerakan-lembaga sosial. Madame de Stale, seorang penulis Perancis-Swiss dan pelopor awal hak-hak meraka, Dia mempelajari pengaruh-pengaruh lembaga-lembaga sosial dan politik terhadap sastra. Pemikirannya tentang hubungan antara sastra dan masyarakat diamati. Dia mengklaim bahwa sastra harus menggambarkan perubahan penting dalam tatanan sosial, terutama yang menunjukkan gerakan menuju tujuan kebebasan dan keadilan. Dengan tersebarnya gagasan-gagasan Karl Marx dan Frederick Engels, pendekatan sosiologis menjadi metode ilmiah pemahaman sastra.

Taine berargumen bahwa sastra memiliki penampilan 'ras, lingkungan, dan momen', tetapi Marx dan Engel melihatnya sebagai epifenomen struktur sosial. Mereka lebih peduli dengan faktor-faktor ekonomi murni dan peran yang dimainkan oleh kelas sosial. Mereka berpendapat bahwa semangat alam dan fungsi seni dan sastra dapat dipahami dengan menghubungkannya dengan kondisi sosial yang ada dan dengan meninjau sistem sosial secara keseluruhan. Sastra dan seni, menurut pandangan mereka, adalah gambaran kesadaran sosial dan transformasi sosial disekitarnya untuk menghasilkan perubahan dalam sastra dan seni. Menurut James Barnett: Marx berpendapat bahwa sistem produksi yang ada pada suatu waktu menentukan konten dan gaya seni masyarakat. Berdasarkan jenis analisis ini, ditambah dengan komitmennya terhadap doktrin ketidakmungkinan konflik kelas, Marx berargumen bahwa setiap preferensi seni berbeda tergantung pada posisi kelas dan pandangan (Barnett, hlm. 621).

Teoretisi Marxis tentang sastra yang paling terkenal setelah Marx dan Engels adalah Georg Lukács. Dia mengakui gagasan sastra sebagai cerminan perjuangan kelas. Dalam Novel Sejarah, dia menulis: “Novel sejarah dalam asal-usul, pengembangan, naik dan turunnya mengejar dengan pasti pada renovasi sosial besar-besaran zaman modern” (Lukács, hlm. 17). Dia membantah bahwa sastra yang menggambarkan persepsi sosialis ditulis dari sudut pandang sebuah kelas. Dia mengutuk karya sastra yang menolak pandangan sosialis. Menurutnya, penulis yang menolak sosialisme menutup mata pada masa depan, menyerah pada kesempatan untuk mengevaluasi masa kini secara tepat, dan melepaskan kemampuan untuk membentuk karya seni yang tidak hanya statis (Lukács, hlm. 60). Ngugi (1972) menegaskan bahwa “Sastra tidak tumbuh atau berkembang dalam hampa; itu diberi dorongan, bentuk, arah, dan bahkan area kekhawatiran oleh kekuatan sosial, politik, dan ekonomi dalam masyarakat tertentu.

Conclusion/Kesimpulan

Sastra memberikan kepada masyarakat sebuah kesempatan untuk berekspresi diri dengan cara memperkenalkan suatu penggandaan dari apa yang dianggap sebagai suatu kepastian, sebuah citra yang terdistorsi yang memperkuat beberapa fitur dan melemahkan atau menghilangkan yang lain, atau sebuah dunia yang diimajinasikan sebagaimana mungkin tidak sama dengan dunia tempat orang-orang tinggal. Dalam semua kasus ini, pembaca berurusan dengan pendekatan pemikiran, model perilaku, dan jenis emosi yang bisa mereka pahami, akui sebagai yang aneh, atau kutuk dengan cara yang cukup mirip dengan cara mereka merespons dalam kehidupan nyata, dengan satu perbedaan vital: dunia simulasi yang mereka temui telah diinterpretasikan dengan cara yang akan secara efisien mempengaruhi reaksi rasional dan emosional mereka. Mereka akan, tentu saja, kadang-kadang mengabaikan apa yang mereka akui hanya pura-pura, sejauh mana keputusan kognitif yang lebih mutakhir dari para psikolog telah mengungkapkan bahwa respons otak terhadap keterampilan yang diharapkan hampir tidak berbeda dari yang dilakukan dalam kehidupan nyata. Keith Oatley, dalam studi terbarunya yang relatif baru berjudul Such Stuff as Dreams: The Psychology of Fiction (Juli 2011), telah berhasil menunjukkan bagaimana membaca fiksi dapat meningkatkan kemungkinan untuk mengubah diri kita sendiri dan memperkuat kemampuan sosial kita.

Sastra hanyalah salah satu dari banyak saluran di mana energi suatu zaman melepaskan dirinya; dalam gerakan politiknya, pemikiran agamanya, spekulasi filosofisnya, seni, kita memiliki energi yang sama meluap ke dalam bentuk lain. Tentu saja, ada banyak isu pengaruh lainnya, seperti institusi, komunitas, dan keluarga; sastra tidak bertahan dalam ruang hampa. Namun, sastra memiliki fungsi eksklusif dalam membentuk dan mengajarkan masyarakat secara luas. Untuk pertanyaan yang tampaknya tidak relevan ini, itu menarik perhatian pada semangat masyarakat dan bagaimana individu bekerja dalam batasan struktur masyarakat. Memahami bagaimana sastra menginspirasi individu dan bagaimana itu mencerminkan masyarakat individu adalah sesuatu yang seharusnya diberikan lebih banyak perhatian dan refleksi.

Sastra dan masyarakat saling terkait satu sama lain. Pengetahuan tentang sastra terlibat dalam menghargai masyarakat serta kesadaran tentang keterlibatan masyarakat dalam memahami sastra. Sastra ditafsirkan sebagai mempertimbangkan norma dan nilai-nilai dalam suatu tempat yang tepat, sebagai informasi bagi bangsa tentang budaya orang-orang tertentu di suatu tempat tertentu, perkembangan perjuangan kelas dalam era tertentu, dan jenis fakta sosial yang optimis pada suatu tempat pada waktu itu. Sastra memiliki fungsi sosial dan dapat menjadi jawaban atas pertanyaan sosial, seperti pertanyaan tentang tradisi dan persatuan, norma dan genre, simbol dan mitos. Sastra mencerminkan masyarakat dan masyarakat membentuk sastra, beberapa karya sastra tertulis dapat mencerminkan masyarakat dan masyarakat juga telah memberikan kontribusi dan memengaruhi karya sastra. Kadang-kadang, sastra dan masyarakat adalah dua sisi dari satu koin, mereka tidak bisa dipisahkan. Dengan demikian, sastra menggambarkan masyarakat dan kondisi sosialnya.

Pertumbuhan historis sosiologi sastra mulai dari Herder dan Stale hingga para kritikus modern dan pemikir sosial tidak hanya mengungkapkan hubungan seimbang antara sastra dan sosiologi tetapi juga beberapa tahap dalam teori sosiologi sastra. Para pemikir sosial awal dan kritikus sastra seperti Herder, Madame de Stale, Hippolyte Taine, dan lain-lain adalah dari persuasi yang memastikan bahwa situasi sosial, politik, budaya, dan geografis saat itu merupakan elemen penting utama sastra. J.C. Herder percaya pada struktur sosial, sedangkan Madame de Stale menekankan iklim dan karakter nasional sebagai penentu sastra. Hippolyte Taine, di sisi lain, menyajikan formula terorganisir dari 'ras, lingkungan, dan saat' untuk memahami dan mengamati sastra. Bahkan, meskipun para kritikus ini meletakkan dasar sosiologi sastra, mereka tidak memperhatikan pandangan dunia penulis dan peran penerbit, distributor, kritikus, publik pembaca, dan perpustakaan yang beredar dalam penciptaan dan kelangsungan karya sastra. Mannerisme Marxis juga melupakan elemen-elemen ini dari karya sastra. Para Marxis awal menggunakan istilah 'basis' untuk mengajukan sistem ekonomi yang ditawarkan dalam masyarakat yang diberikan pada waktu yang diberikan dan istilah 'superstruktur' digunakan untuk merujuk pada ideologi politik, sosial, dan ekonomi. Di sisi lain, pada karya para sosiolog sastra modern, perhatian diberikan pada pandangan dunia penulis dan peran penerbit, distributor, kritikus, publik pembaca, dan perpustakaan yang beredar.

Rene Wellek dan Austin Warren di satu sisi menyatakan bahwa sastra dapat menjadi replikasi kehidupan, kehidupan dalam skala besar dan realitas sosial, dan di sisi lain, itu menggunakan dunia alam, dunia dalam, dan dunia dalam atau subjektif individu yang juga telah menjadi objek imitasi sastra. De Bonald mengatakan bahwa sastra adalah penampilan masyarakat; masyarakat bisa dikomunikasikan oleh sastra. Dengan demikian, dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa sastra adalah karya tulis yang kadang-kadang bisa menjadi cerminan dan imitasi dari masyarakat atau kehidupan sosial di suatu tempat tertentu pada setiap era. Jadi kadang-kadang sebuah karya sastra atau karya tulis bisa menjadi ekspresi dari suatu masyarakat di suatu tempat tertentu dan kadang-kadang sastra meniru atau mencerminkan kehidupan sosial.

B. Tanggapan Kritis

1. Pujian-Kelebihan

Tulisan ini secara komprehensif membahas hubungan yang kompleks antara sastra dan masyarakat. Penulis menggambarkan bagaimana sastra tidak hanya mencerminkan masyarakat, tetapi juga membentuknya, dan bagaimana pemahaman sastra memperkaya pengertian kita tentang masyarakat.

Penulis menggunakan berbagai konsep dan teori dari sosiologi sastra, seperti pandangan Marxis dan konsep-konsep Herder dan Taine, untuk mendukung argumennya. Hal ini menunjukkan pemahaman yang luas tentang bidang ini dan menambah kedalaman analisis.

Tulisan ini juga menyertakan temuan dari studi psikologi, seperti karya Keith Oatley, untuk mendukung argumen tentang bagaimana sastra memengaruhi pembaca secara emosional dan kognitif. Integrasi disiplin ilmu yang berbeda ini memperkaya pemahaman kita tentang dampak sastra pada individu dan masyarakat.

Penulis mengadopsi pendekatan multidisiplin yang menggabungkan elemen-elemen dari sosiologi, psikologi, dan studi sastra untuk menyelidiki hubungan antara sastra dan masyarakat. Ini memberikan sudut pandang yang holistik dan menyeluruh.

Tulisan ini juga mencatat keterbatasan pendekatan tradisional terhadap sosiologi sastra, seperti kekurangan dalam memperhitungkan pandangan dunia penulis dan peran penerbit. Dengan demikian, penulis tidak hanya menyajikan argumennya, tetapi juga melakukan refleksi kritis terhadap kerangka kerja yang ada.

 

2. Kritik-Kekurangan         

Meskipun tulisan ini menyajikan argumen yang cukup kuat tentang hubungan antara sastra dan masyarakat, pendekatannya terkadang terlalu umum dan kurang mendalam. Beberapa konsep seperti pengaruh individu pada sastra atau peran institusi dalam membentuknya mungkin perlu diperjelas lebih lanjut.

Meskipun tulisan ini menyebutkan pendekatan Marxis terhadap sastra, tidak ada kritik yang mendalam terhadap pendekatan ini. Sebuah analisis yang lebih kritis tentang kelebihan dan kelemahan pendekatan Marxis dapat menambah kedalaman tulisan ini.

Meskipun tulisan ini membahas hubungan antara sastra dan masyarakat dalam konteks sosial, politik, dan ekonomi, tetapi kurang memberikan pertimbangan terhadap aspek-aspek budaya yang juga memengaruhi produksi dan penerimaan sastra.

Daftar Pustaka

Lamba, Meenakshi, Tawhida, Akhter. 2022. Literature and Society: Impact Of Literature On The Society. Newcastle Upon Tyne, Inggris. Cambridge Scholars Publishing.