RPS MK. Inovasi Pendidikan
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN
Jenderal Sudirman No. 6 Telp/Fax 0435-831984-821125 Kota Gorontalo-96128
KONTRAK PERKULIAHAN
Mata kuliah : Inovasi Pendidikan
Kode Mata Kuliah :
SKS : 2
Hari : Senin
Dosen Pengampuh : Dr. Arifin, S.Pd, M.Pd
Sulkifly, S.E, M.Pd
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Semester : Genap (2019-2020)
A. TUJUAN MATAKULIAH
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa agar memiliki wawasan dan pengetahuan yang komprehensif secara teori maupun empiris tentang kajian inovasi pendidikan baik secara konseptual maupun kontekstual, sehingga mampu berkiprah dan mengikuti perkembangan inovasi pendidikan sesuai dengan perkembangan IPTEK
B. DESKRIPSI ISI
Dalam perkuliahan inovasi pendidikan menyajikan konsep dasar inovasipendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam bidang ketenagaan, inovasi dalam manajemen pendidikan, inovasi kurikulum, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran berbasis digital (digital based Learning)
C. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Perkuliahan dilaksanakan dengan cara:
- Pembahasan Buku Sumber
- Brainstorming, Diskusi kelas dan Meta-Plan
- Presentase hasil analisis dan pembahasan buku sumber
- Pelaksanaan tugas khusus
D. EVALUASI
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
1. Partisipasi di kelas dan kehadiran : Bobot 1
2. Tugas critical review journal : Bobot 2
3. Ujian Tengah Semester (UTS) : Bobot 3
4. Ujian Akhir Semester (UAS) : Bobot 4
Jumlah : Bobot 10
Jumlah (Nilai X Bobot) Untuk menentukan nilai akhir mata kuliah, yaitu NA= Jumlah ( Nilai X Bobot) / Jumlah Bobot Taraf Penguasaan/kemampuan dinyatakan sebagai berikut :
90-100% = A
85-89% = A-
80-84% = B+
75-79% = B
70-74% = B-
65-69% = C+
60-64% = C
E. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN
Pokok-pokok materi dalam setiap pertemuan dirancang sebagai berikut:
Bahan:
1. Konsep Dasar Inovasi Pendidikan;2. Proses Inovasi Pendidikan
3. Karakteristik, strategi penerapan inovasi pendidikan
4. Manajemen Inovasi Pendidikan5. Konsep Model Inovasi Pendidikan6. Akselerasi Program Inovasi Pendidikan
7. Inovasi Bidang Manajemen Organisasi Pendidikan
8. Reformasi dan Inovasi Pendidikan
9. Model Inovasi Pendidikan: Sekolah/Madrasah Unggulan, dan Madrasah Model
10. Monitoring Evaluasi dalam Inovasi Pendidikan
11. Inovasi Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
12. Inovasi pengelolaan Peserta Didik
13. Inovasi Bidang Ketenagaan Pendidikan
14. Inovasi dalam pengelolaan Keuangan dan Sapras
15. Inovasi dalam Pengelolaan Husemas
16. Inovasi dalam pengelolaan Iklim dan budaya Sekolah
Pertemuan &Topik BahasanI. Pembahasan mata kuliah dan Kontrak Kuliah Konsep Dasar Inovasi Pendidikan;
- Konsep Discovery, invention, dan innovation
- Inovasi dan modernisasi
- Pengertian inovasi Pendidikan
II. Proses Inovasi Pendidikan
- Difusi dab diseminasi Inovasi
- Proses Keputusan Inovasi
- Proses Inovasi Pendidikan
III. Karakteristik dan Strategi Inovasi Pendidikan
- Karakteristik Inovasi Pendidikan
- Strategi Inovasi Pendidikan
IV. Manajemen Inovasi Pendidikan;
- Hakikat Manajemen Inovasi Pendidikan
- Konsep Manajemen dalam Inovasi Pendidikan
- Bidang Kegiatan Manajemen Inovasi Pendidikan
- Prosedur Inovasi Pendidikan
V. Konsep Model Inovasi Pendidikan:
- Perencanaan Inovasi Pendidikan
- Beberapa Model Inovasi Pendidikan
VI. Akselerasi Program Inovasi Pendidikan
- Perlunya Akselerasi Program Inovasi Pendidikan
- Permasalahan dan Sumber Terjadinya Inovasi
- Faktor-faktor Pemercepat Inovasi
- Atribut Inovasi
- Proses Akselerasi Inovasi
VII. Inovasi Bidang Manajemen Organisasi Pendidikan;
- Analisis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
- Inovasi dalam Organisasi Pendidikan
- Keputusan Inovasi dalam Organisasi
VIII. Monitoring Evaluasi dalam Inovasi Pendidikan
- Hakikat Monitoring Evaluasi
- Prinsip-prinsip Monitoring dan Evaluasi Program Inovasi
- Objek Monitoring dan Evaluasi Program
- Implementasi Monitoring Evaluasi dalam Inovasi Pendidikan
IX. UJIAN TENGAH SEMESTER
X-XIV. Inovasi Substansi Manajerial Pendidikan (Mini Riset)
- Inovasi Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
- Inovasi pengelolaan Peserta Didik
- Inovasi Bidang Ketenagaan Pendidikan
- Inovasi dalam pengelolaan Keuangan dan Sapras
- Inovasi dalam Pengelolaan Husemas
- Inovasi dalam pengelolaan Iklim dan budaya Sekolah
XV. Pemaparan Hasil Mini Riset
XVI. UJIAN AKHIR SEMESTER
E. REFERENSI :
Abdolmohammadi, M. dan A. Wright. 1987. An Examination of The Effects of Experience and Task. Complexity on Audit Judgments. Abdurrahman An-Nahlawi. 1995.
Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Penj. Shihabuddin. Jakarta: Gema Insani Press.
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta. Abuddin Nata. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Aditya Media. Nawawi, Hadari. 1989. Organisasi Kelas sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Haji Masagung.
Azra, Azyumardi. 2003. Inovasi Kurikulum, Edisi 01/Tahun 2003, Strategi Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah dalam Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Ahmad Djalaluddin. 2007. Manajemen Qur’ani; Menerjemah Ibadah Ilahiyah dalam Kehidupan, Malang: Malang Press.
Ahmad Tafsir. 2001. Ilmu Pendidikan dan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosadakarya.
___________. 2006. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al-Asri Al-Jadid. 1968. Ingklizikh wal Arabiyah. Beirut: Darul Fikr. Alwasilah, Chaedar. 2007. Perspektif Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaingan Global. Bandung: Andira.
Arifin I. 1994. Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasada Press.
Arifin. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Berprestasi. Yogyakarta: Aditya Media.
Arifin, Imron. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Berprestasi. Yogyakarta: Aditya Media.
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos.
______________. 2002 Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta:
Kompas Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Wilayah Jawa Timur. 1998. Pelatihan Metode Kualitatif. Kumpulan Materi.
Baedhowi. 2008. Peningkatan Profesionalisme Pendidik dalam upaya mewujudkan Sumberdaya Manusia Pendidikan yang Unggul dan Mandiri, Makalah disampaikan pada seminar Nasional tanggal 20 Desember 2008. www.ispi.or.id//pendidikan-guru-masadepan-yang-bermakna. diakses 28/5/2012.
Bedjo Siswanto. 1990. Manajemen Modern. Bandung: Sinar Baru.
Blank, W. E. 1982. Handbook For Developing Competency Based Training Program. Englewood Cliff. New Jersey: Prentice Hall. Inc.
Bloom S. Bejamin. 1971. Taxonomy of Objectives the Clasification of Educational Goals, Handbook 1. Cognitive Domain. New York: David Makey Company, Inc. Budi
Wiyono, Bambang. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negeri Malang
Budimansyah, Dasim. 2007. Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Bandung: Genesindo.
Bungin, Burhan (Ed.). 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif : Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varia Kontemporer. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Bush, Tony. 2003. Theories of Educational Leadership and Management. London: Sage Publications.
Cece Wijaya dkk. 1992. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Choirullah, M. Noor. 1999. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan pada Unit Usaha Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya). Tesis. PPS. UMM. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Cicih, Sunarsih. 2006. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar di SD. Bandung: P4TK TK dan PLB. Cotton. 1995. Effective Schooling Practices: A Research Synthesis. Boston: Ally and Bacon.
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jakarta: Diknas 2002.
Dawam Raharjo. 1983. Dinamika Pesantren dalam Peta Pembaharuan. Jakarta: LP3ES.
Day, C.P. Whitaker, and D. Whren. 1987. Appraisal and Professional Development in the Primary Schools. Philadelphia: Open University Press.
Degeng, I Nyoman S. 1998. Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar. Makalah Pidato pengukuhan Guru Besar IKIP Malang,
Didin Hafidhuddin & Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syari’ah dalam Praktek. Jakarta: GIP.
Djalil, Abdul. 1999. Kepemimpinan dan Inovasi Pendidikan Islam: Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang I. Tesis Konsentrasi Magister Agama. Malang: PPPS Universitas Muhammadiyah Malang.
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Evaluasi:
Evaluasi dilaksanakan dalam proses perkuliaha dan akhir perkuliahan. Aspek-aspek yang di evaluasi mencakup:
1. Partisipasi dalam diskusi pembahasan materi (rekaman frekuensi dan bobot partisipasi.
2. Hasil pembahasan buku sumber (resume pembahasan buku sumber)
3. Hasil pelaksanaan tugas (ketepatan pengumpulan, wujud karya/hasilnya)
4. Hasil pemahaman materi (tes tengah semester dan akhir semester)
5. Produk belajar yang dihasilkan mahasiswa selama mengikuti kuliah ini.