Pelatihan pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran kepada guru madrasah aliyah se-Kabupaten Boalemo

03 December 2020 05:14:21 Dibaca : 120 Kategori : Artikel

Herinda Mardin1, La Nane2

Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo1; Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Negeri Gorontalo2. Email: herindamardin@ung.ac.id

 

Abstract

Pembelajaran di era pandemi covid-19 membuat guru memaksimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT. Untuk itu dibutuhkan berbagai upaya dalam pembelajaran termasuk  penggunaan  media  pembelajaran  berbasis  ICT  agar  memudahkan  guru  dalam proses pembelajaran. Pentingnya peningkatan kompetensi dan keterampilan guru dalam memanfaatkan dan memaksimalkan media pembelajaran berbasis ICT sehingga perlu adanya pelatihan dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT kepada guru. Pelatihan pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Boalemo Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo pada hari kamis, 09 Juli 2020. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru tingkat Madrasah Aliyah se-kabupaten Boalemo melalui penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran. Pelaksanaan pelatihan ini terdiri atas 2 tahapan yaitu pertama penyampaian materi mengenai pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dan kedua   praktek   langsung   membuat   dan   menggunakan   google   sites   sebagai   media pembelajaran. Metode dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan eksperimen. Pelatihan ini diikuti dengan antusiasme dari peserta yang diikuti oleh 35 orang guru tingkat Madrasah Aliyah se-kabupaten Boalemo. Pelatihan ini menambah pengetahuan dan kompetensi serta skill peserta dalam membuat dan menggunakan google sites sebagai media pembelajaran.

 

Keywords

Pelatihan; Google Sites; Media Pembelajaran

 

Full Text

PDF

 

References

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.

Mardin, H. (2017). Analisis kesulitan belajar biologi peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri di Kota Palopo. Universitas Negeri Makassar. Retrieved from http://eprints. unm.ac.id/5840.

Nane, L., Baruadi, A. S. R., & Mardin, H. (2020). The density of the blue-black urchin Echinotrix diadema (Linnaeus, 1758) in Tomini Bay, Indonesia. Tomini Journal of Aquatic Science, 1(1), 16-21. https://doi.org/10.37905/tjas.v1i1.5939

Taufik, M., Sutrio, S., Ayub, S., Sahidu, H., & Hikmawati, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis WEB Kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 1(1), 77-81.

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran Berbasis Web Untuk mengukur hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar program Keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008-1016.