Rehabilitasi Tepi Aliran Sungai Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur

06 December 2020 10:00:31 Dibaca : 208

La Nane

Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Negeri Gorontalo. Email: lanane@ung.ac.id

 

Abstract

Pulau Sebatik merupakan salah satu pulau terdepan di Indonesia yang merupakan wilayah administrasi Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki nilai strategis dalam pembangunan Indonesia karena berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Salah satu wilayah administrasi dari Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia tersebut adalah Desa Aji Kuning. Selain itu, pulau sebatik memiliki sumberdaya alam yang cukup besar khususnya di bidang pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata dan perdagangan. Selain itu, letaknya yang strategis dan merupakan kawasan perbatasan menjadikan pulau tersebut sebagai pintu gerbang perekonomian dan pembangunan kawasan tersbut. Sementara itu, akses transportasi kegiatan perekonomian dan kegiatan perdagangan untuk distribusi barang ke Kota Tawau, Malaysia sangat tergantung pada kondisi Perairan sungai yang terletak di Desa Aji Kuning.Sungai Desa AjiKuning selain dimanfatkan sebagai jalur transportasi ke negara malaysia, sungai tersebut juga dimanfaatkan sebagi kebutuhan untuk rumah tanggaseperti keperluan mandi dan mencuci. Disisi lain, sungai Desa Aji Kuning merupakan satu-satunya sumber air di desa tersebut. Meskipun kondisi perairan dari sungai tersebut sangat tidak layak untuk dijadikan sebagai sumber air untuk mandi dan mencuci. Karena selain baunya yang menyengat dan berwarnakecoklatan.Air sungai tersebut juga sangat keruh karena membawa partikel-partikel tanah liat dari dataran tinggi karena akibat gundulnya pinggiran aliran sungai tanaman mangrove dan tanaman dikotil lainnya yang berfungsi sebagai penguat pinggiran sungai tersebut. Oleh karena itu, dalam laporan ini akan dibahas mengenaikegiatan perikanan yang dilaksanakan di Pulau sebatik,Desa Aji Kuning yang dapat dijadikan sebagai data base dan informasi ilmiah mengenai kondisi perairan tawar kawasan perbatasan tersebut.

 

Keywords

Rehabilitasi; Sungai; Desa Aji Kuning, Sebatik, Nunukan

 

Full Text

PDF

 

References

Anonim.2013.sebatikcoffeebreak.blogspot.com. Diakses pada tanggal 3 januari 2013 di fakulas Ilmu kelauan dan perikanan, Uiversitas Hasanuddin.

Arsip Camat Sebatik tengah.2012. ProfilKecamatan sebatik Tengah.Kabupaten nunukan kalmantan tmur.

Arsip Desa Aji Kunig.2012.Profil Desa Aji Kuning, Kecamatan sebatik Tengah, Kalimantan timur.

Indra.2008. Panjang Garis Pantai Indonesia Terbaru. http://seputarberita. blogspot. com/ 2009/ 03/ panjang -garis -pantai-indonesia -terbaru. html. Diakses tanggal 2 Januari2013