Belajar Kemandirian Teknologi dari China (1)

28 October 2015 20:16:24 Dibaca : 636 Kategori : Teknologi

China, negara yang dulunya jarang terdengar gaungnya jika berbicara tentang teknologi. Setidaknya orang akan sangat mengenali Amerika Serikat, Jerman  Perancis dan Jepang jika menyinggung teknologi.

Jika berbicara elektronik orang akan sangat mengenal brand asal Jepang seperti Panasonic, Toshiba,Sanyo, Hitachi, Xerox dan sejumlah brand terkenal lainnya. Jika pembicaraan beralih ke mobile phone jelas nama pertama yang akan disebut pada zamannya adalah Nokia, Ericsson, Motorolla, Siemens dan sejumlah brand ternama lainnya. Belum lagi jika berbicara otomotif, sangat mudah menyebut brand seperti Mercedes, Toyota, Honda, Suzuki, BMW, Volkswagen, Nissan, Ferrari, Lamborghini, FIAT, Ducati dan lainya sebagainya.

Dari sekian brand tersebut, sama sekali atau bahkan jarang masyarakat baik yang awam maupun yang melek teknologi yang mengenal produk-produk teknologi buatan China. Namun lihatlah sekarang, setidaknya di pasar mobile phone terutama smart phone, sejumlah produk China bertebaran dengan brand seperti Huawei, ZTE, Xiaomi, OPPO, Nexian dan sejumlah brand China lainnya yang menggusur market share produk-produk sejenis dari Eropa dan Amerika.


China juga mengembangkan perangkat-perangkat  dan media telekomunikasi lainnya seperti Antenna, Radio Transmisi, Ad-Hoc Network, Fiber Optic walaupun tidak secara menyeluruh karena masih ada di beberapa perusahaan manufaktur mesin yang digunakan masih berasal dari Eropa dan Jepang. Namun, usaha China untuk mandiri secara teknologi patut diacungi jempol dengan pesatnya perkembangan di bidang ini.


Bersambung ke Bagian (2)

 

Blogroll

  • Masih Kosong