Berbagi Pengalaman Membangun Website Jurnal OJS Version 2

Selama dua bulan terakhir ini hampir separuh waktu saya habis di depan komputer, baik  saat berada di lab kimia farmasi UNG maupun di rumah. Hal ini terjadi setelah mendapat amanah untuk membuat jurnal prodi, baik yang versi E-tronic maupun cetak. Amanah ini menjadi  pengalaman pertama dan tantangan tersendiri buat saya.

Bulan september 2018, UNG mengadakan pelatihan pengelolaan OJS, namun sayangnya waktu itu tidak ada perwakilan farmasi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Alhasil Kita memulai membangun website ini mulai dari nol. Disisi lain hampir semua prodi di UNG sudah punya journal online.

Saya memulai dengan mencoba untuk bersilaturahmi berkeliling keteman-teman sejawat yang sempat mengikuti acara tersebut. Alhmamdulillah dari silaturahmi tersebut  bisa sedikit memberikan gambaran mengenai pengelolaan OJS itu sendiri.

Setalah Sekian lama menyurat ke pustikom, akhirnya website jurnal versi OJS milik farmasi bisa selesai dibuatkan. Namun bukan berarti masalah lantas sudah selesai. Website yang diberikan saat itu masih mentah dan memang semua menu serta tampilan website masih standar versi ojs.

Langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mencari video tutorial tentang pengeolalaan OJS melalui internet. Dan saya banyak terbantukan dengan menonton video ini.

Setalah mengikuti video tutorial tersebut, selanjutnya saya memulai membangun rumah OJS tersebut. Berikut gambaran step by step secara umum yang bisa saya rincikan:

  1. Menpelajari setiap menu yang terdapat didalam website tersebut.
  2. Mengolah tampilan website, mulai dari mendesain header, cover jurnal, serta template jurnal (Saran: minimal punya pengetahuan mendesain dengan aplikasi Corel Draw akan sangat terbantukan).
  3. Ikut di forum OJS salah satunya di Relawan Journal Indonesia. (Bisa registrasi melalui link ini)

Alhamdulillah saat ini website ejournal farmasi sudah mulai perlahan-lahan berjalan, walaupun memang tidak bisa dipungkiri masih banyak kekurangannya. Bagi yang berminat silahkan berkunjung kesini

Tampilan terakhir Website Ejournal Farmasi UNG, JOURNAL JSSCR

Perkembangan saat ini masih dalam proses pengurusan ISSN di LIPI. Goal kedepan ini minimal journal ini bisa terakreditasi nasional, serta pengelolaan yang lebih professional. Tentunya dengan mengutamakan asas kebermanfaatan dari konten jornal tersebut, agar kiranya bisa menjadi buletin yang memberikan sumber infromasi riset dan perkembangan tekhnologi di bidang farmasi dan menjadi sumber rujukan penelitian.

Posted in Uncategorize
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
yvphjr






Categories

  • Buah Pikir


  • Archives

  • April 2019 (3)
  • March 2019 (1)