Monthly Archives: May 2019


Cara Mudah Membuat Akun di Google Scholar

Posted on 17/05/2019 by Resmawan

Google Scholar atau dikenal dengan istilah Google Cendekia adalah alat pengindeks yang diluncurkan google untuk menghimpun karya ilmiah dosen atau peneliti yang telah dipublikasikan secara online. Fasilitas yang telah hadir sejak 2004 ini juga dapat dijadikan sebagai sumber rujukan atau sitasi dalam penulisan karya tulis ilmiah oleh para peneliti, dosen, maupun mahasiswa. Reputasi di Google Scholar bahkan menjadi salah tolak ukur prestasi akademisi di bidang karya tulis ilmiah.

SINTA (Science and Technology Index) yang merupakan alat pengindeks karya tulis ilmiah yang diluncurkan KEMENRISTEKDIKTI bahkan mempertimbangkan h indeks Google Scholar disamping Scopus untuk menilai prestasi Dosen di Indonesia. Oleh karena itu, setiap dosen di zaman ini wajib memiliki akun di Google Scholar.

Dalam tulisan ini, kami berikan tutorial singkat untuk membuat akun di Google Scholar.

  1. Sebelum membuat akun Google Scholar, Anda harus menyiapkan sebuah email yang terverifikasi dengan ektensi ac.id, or.id atau org. Untuk memiliki email ini Anda harus minta pada instansi tempat Anda bekerja untuk dibuatkan.
  2. Buka laman Google Scholar di https://scholar.google.co.id/ dan login menggunakan email Anda. Akan Muncul tampilan berikut:  
  3. Klik ‘Profil Saya’ untuk melakukan pendaftaran, lalu lengkapilah Profil Anda dengan benar. Keterangan yang dibutuhkan antara lain nama lengkap, nama instansi, alamat email berkestensi Lembaga/instansi, bidang keilmuan, alamat website (jika memiliki). Setelah selesai, klik Lanjutkan.
  4. Tambahkan Artikel. Google Scholar akan menyarankan beberapa artikel yang berkaitan dengan nama Anda. Silahkan dipilih dengan cara dicentang. Jika Anda belum mempunyai artikel, silahkan pilih sembarang artikel lalu klik tanda arah panah  
  5. Selanjutnya akan muncul option untuk setting terkait update artikel. Jika Anda memilih opsi OTOMATIS, maka scholar akan menambahkan artikel secara otomatis ke database Anda. Namun cara ini tidak disarankan karena banyak kemungkinan artikel milik orang lain akan masuk dalam database Anda. Untuk lebih aman, silahkan pilih update melalui verifikasi email, artinya google akan mengirim email untuk Anda verifikasi sebelum dicantumkan di database scholar Anda.  
  6. Centang ‘Jadikan Profil Saya untuk Umum‘ agar profil Google scholar Anda dapat dilihat dan disitasi oleh orang lain, lalu Klik Selesai.
  7. Langkah terakhir, silahkan hapus artikel milik orang lain yang Anda tambahkan tadi. Selanjutnya silahkan Anda perbanyak publikasi pada jurnal-jurnal terindeks secara online, lalu tambahkan secara manual untuk meningkatkan reputasi Anda di Google Scholar.

Demikian cara mudah untuk membuat akun di Google Scholar. Anda dapat melakukan editing seperlunya dengan menekan tombol yang sudah disediakan, seperti mengubah profil, menambah artikel, mengedit artikel dan menghapus artikel.

Semoga Bermanfaat.