Monthly Archives: December 2019


WebGIS dengan FOSS GIS

Bismillah, SIG berbasis web merupakan integrasi tekologi informasi geospasial ke dalam teknologi internet. Web sebagai salah satu layanan dalam teknologi internet, merupakan media yang baik untuk mempublikasikan data geospasial. Publikasi data geospasial melalui media internet menjadikan data tersebut mudah diakses oleh pengguna lain. Tulisan ini adalah tutorial singkat mengenai pemetaan web sig dengan menggunakan perangkat lunak geospasial yang gratis dan terbuka (Free and Open Source Software). Perangkat lunak QGIS menyediakan alat untuk memvisualisasikan peta ke web.

Beberapa pertanyaan dijawab melalui tutorial singkat ini adalah:

  1. Perangkat apa yang digunakan?
  2. Data apa saja yang perlukan?
  3. Bagaimana melakukan publikasi data geospasial secara online tanpa coding?

Baca tutorial klik disini. Semoga bermanfaat.

Visualisasi 3D menggunakan FOSSGIS dan DEMNAS

Bismillah. Visualisasi digital 3D data geospasial permukaan bumi dapat dilakukan dengan perangkat lunak SIG. Tersedia perangkat lunak SIG yang gratis dan terbuka, Free and Open Source Software GIS. Video berikut adalah keluaran dari pembuatan peta 3D dengan perangkat FOSSGIS dan DEMNAS:

Perangkat yang digunakan untuk membuat peta 3D seperti video pada link https://youtu.be/D_7yOTPWaSc , adalah:

  1. Komputer + OS MS Windows 10 (terima kasih Pustikom UNG untuk instalasi OSnya);
  2. QGIS 3.4.x dan plugin QGIS2threejs, dapat diunduh di qgis.org/en/site/;
  3. data DEMNAS diunduh dari http://tides.big.go.id/DEMNAS/

Demikian tulisan singkat, semoga bermanfaat.

Mengenal Satelit Landsat

Landsat merupakan program Amerika Serikat dengan tujuan untuk mempelajari dan memantau bumi melalui teknologi satelit. Teknologi satelit ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1972, dan dikenal dengan Satelit Teknologi Sumber Daya Bumi (ERTS). Untuk mempelajari lebih lanjut teknologi satelit landsat, klik disini