Model Framing Sebagai Komunikasi Strategis untuk Mendukung Implementasi Teknologi Pada Pembelajaran Mendalam di Sekolah

07 May 2025 23:19:32 Dibaca : 183 Kategori : Pendidikan

Framing merupakan pendekatan strategis dalam pendidikan yang berfungsi membentuk cara pandang dan interpretasi pemangku kepentingan terhadap isu, kebijakan, dan praktik pendidikan. Dalam konteks transformasi digital pendidikan di Indonesia, framing menjadi instrumen penting untuk mendukung implementasi teknologi yang menunjang pembelajaran mendalam (deep learning). Penelitian ini bertujuan mengembangkan model framing yang dapat memperkuat adopsi teknologi pendidikan di sekolah, dengan fokus pada peningkatan keterampilan teknologi guru dan efektivitas komunikasi strategis di lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka berbasis analisis isi terhadap literatur dan penelitian terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model framing yang efektif terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu diagnostic framing untuk mengidentifikasi tantangan integrasi teknologi, prognostic framing untuk merumuskan solusi pedagogis berbasis teknologi, serta motivational framing untuk membangun komitmen kolektif dalam transformasi digital sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa strategi framing mampu meningkatkan kesadaran kolektif, memperkuat kolaborasi, dan mendorong implementasi pembelajaran mendalam yang inovatif dan berkelanjutan. Model ini diharapkan menjadi referensi praktis bagi kepala sekolah, guru, dan pengambil kebijakan dalam mendukung transformasi digital pendidikan di Indonesia.

Selengkapnya di https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/jmp/article/view/380 / DOI: https://doi.org/10.34125/jmp.v10i1.380

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong