REVIEW BUKU CULTURE AND LITERATURE KARYA TAWHIDA AKHTER CHAPTER 1 CULTURE AND LITERATURE: INTERDEPENDENCE OLEH TAWHIDA AKHTER , MEENAKSHI LAMBA
A. Ringkasan
I. An Introduction to Culture/Sebuah Pengantar Budaya
Budaya sulit dipahami karena konsepnya seringkali tersirat namun dapat disimbolkan oleh berbagai kategori yang berbeda. Ini adalah integrasi dari pengetahuan manusia, kepercayaan, dan adab. Budaya mencakup bahasa, ide, kepercayaan, adat istiadat, tabu, kode, institusi, alat, teknik, dan karya seni, di antara hal lainnya. Budaya terdiri dari asosiasi nilai, kepercayaan, pengetahuan, keterampilan, dan praktik yang meningkatkan perilaku anggota kelompok sosial pada waktu tertentu. Ini adalah estetika, afirmasi, keterampilan, pengetahuan asli, dan sumber daya dari kelompok sosial. Ini dapat mencakup kerajinan dan desain, sejarah lisan dan tertulis, musik, drama, tari, seni visual, perayaan, dan pengetahuan tradisional tentang fitur tanaman dan aplikasi penyembuhannya. Juga, landmark bersejarah, metode tradisional, pendekatan penyembuhan standar, pemanfaatan sumber daya alam secara tradisional, dan bentuk interaksi sosial yang mempromosikan kesejahteraan kelompok, masyarakat luas, dan individu adalah bagian dari budaya. Biasanya, diterima bahwa budaya mencerminkan cara manusia hidup dengan dan memperlakukan orang lain serta bagaimana mereka mengembangkan atau bereaksi terhadap perubahan dalam lingkungan mereka.
Budaya seperti gravitasi, kita tidak mengetahuinya kecuali ketika kita melompat dua meter ke udara. Ini menarik kita menjauh dari kepuasan kita ketika kita diambil dari lingkungan kita sendiri dan ditempatkan di tempat lain, baik itu sementara atau permanen. Itu begitu lengket sehingga menempel pada kita dari kandungan hingga meskipun kita dapat menyatu dengan budaya lain sampai batas tertentu, budaya kita sendiri tetap bersama kita selamanya, itu mengikuti kita seperti bayangan kita sendiri, di mana pun kita pergi. Oleh karena itu, setiap dari kita adalah delegasi dari budaya kita sendiri. Identitas budaya kita dapat terlihat melalui kerumitan perilaku personal dan interpersonal kita, baik verbal maupun non-verbal.
Budaya adalah fenomena yang sangat rumit. Diperlukan refleksi yang jujur dan introspeksi diri sebagai manusia dan dibutuhkan bertahun-tahun untuk memahami bahkan sebagian kecil dari budaya seseorang. Hubungan antara budaya, bahasa, dan sastra tidak bisa dilebih-lebihkan. Budaya menunjukkan dirinya dalam keseluruhan bahasa, sastra, seni pertunjukan, perilaku verbal dan non-verbal manusia, dll. Ekspresi, seni, bahasa, dan sastra kita semua mencerminkan dan menggabungkan budaya relevan kita. Budaya dapat bervariasi dalam kode, perilaku, masakan dan hidangan kuliner, persuasi, adat istiadat, perjanjian, kontrasepsi, pakaian atau pakaian, sopan santun, percakapan atau komunikasi, waktu, konsep, fasilitas, kalender, mata uang, kontrak, kontak, antrian dan kelembutan, kencan, pertanyaan, penyeberangan, komersialisme, kerjasama dan persaingan, sinergi dan kerajinan.
Dunia telah bertransformasi menjadi desa global. Sebelumnya, ketika setiap negara seperti pulau, orang-orang pada periode sebelumnya tidak perlu berkomunikasi dengan orang dari budaya lain seperti yang kita lakukan hari ini. Pada zaman sekarang, individu melakukan perjalanan dari negara mereka sendiri ke negara-negara lain untuk profesinya, perdagangan, pariwisata, dll. Mereka diharuskan berinteraksi dengan orang-orang dari masyarakat yang berbeda dan perlu menyadari bahwa budaya bisa berbeda dalam banyak aspek. Apa yang dianggap baik, memadai, anggun, dan relevan dalam satu budaya, mungkin tidak diukur begitu dalam budaya yang berbeda. Gaya kinerja mencerminkan konsep-konsep yang berubah dari keyakinan utama supremasi dan kesatuan. Sastra mencakup aspek-aspek dari budaya sumbernya. Ini harus diterapkan sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dan berkomunikasi secara tepat dalam budaya yang tidak dikenal.
Sastra selalu berguna untuk mengekspresikan nilai-nilai humanistik dan sosial serta interaksi antara sastra dan budaya disebabkan oleh keterlibatan budaya dalam berbagai bidang seperti tradisi, pemikiran, dan terutama perspektif manusia, sehingga sastra berfungsi sebagai instrumen yang kuat.
Hubungan antara sastra dan budaya bersifat saling menguntungkan. Alasannya adalah bahwa di satu sisi, penyair menganggap unsur-unsur budaya terdiri dari tradisi, keyakinan, dan nilai-nilai yang menciptakan bahan sastra berharga, oleh karena itu membantu mengembangkan budaya. Di sisi lain, budaya mengasumsikan bahan-bahan ini sebagai prestasi mereka dan meningkatkan bahan-bahan secara umum, dan kita harus mempertimbangkan bahwa sastra mengatur sendiri budaya suatu masyarakat. Setiap kali budaya itu hidup dan sejalan dengan sastra, budaya itu ditingkatkan dan penuh dengan prestasi. Dengan penekanan pada sejarah bangsa, jelas bahwa ketenaran budaya yang berbeda dan peradaban-peradaban besar dunia bergantung pada banyak aspek. Salah satu faktor penting adalah bahwa sastra memiliki pengaruh besar terhadap keanggunan manusia. Ada hubungan langsung antara sastra dan budaya dan keduanya sejalan satu sama lain. Budaya merangkul keyakinan dan nilai-nilai masyarakat dan sastra, sebaliknya, menyampaikannya dalam bentuk sastra yang berbeda. Dengan demikian, sastra, pada akhirnya, memuji dan memengaruhi budaya.
Bahwa sastra adalah cermin dari masyarakat adalah kebenaran yang secara luas diakui. Sastra menjelaskan sebuah masyarakat, etika baiknya, dan masalah-masalahnya. Dalam fungsinya yang penyembuh, sastra mencerminkan penyakit sosial dari sebuah masyarakat dengan visi untuk membuat masyarakat memahami kesalahannya dan memberi imbalan. Sastra juga menginisiasi etika atau nilai-nilai positif dalam masyarakat agar orang-orang menirunya. Sastra, sebagai simulasi dari tindakan manusia, sering memberikan gambaran tentang apa yang dipikirkan oleh orang-orang dan bagaimana mereka bertindak dalam masyarakat. Dalam sastra, kita menemukan cerita-cerita yang dimaksudkan untuk menggambarkan kehidupan dan tindakan manusia melalui berbagai karakter yang, melalui kata-kata, tindakan, dan reaksi mereka, menyampaikan pesan-pesan tertentu untuk kepentingan pendidikan, pengetahuan, dan rekreasi. Sulit untuk menemukan sebuah karya sastra yang menghilangkan sikap, keyakinan, dan cita-cita dari masyarakat karena tidak ada penulis yang tumbuh sepenuhnya tersembunyi dari dunia di sekitarnya.
Oleh karena itu, sastra bukan hanya merupakan cermin dari masyarakat tetapi juga bertindak sebagai cermin penyembuh bagi anggota masyarakat sehingga mereka dapat melihat diri mereka sendiri dan mencari kebutuhan untuk perbaikan. Penting untuk memperhatikan karya-karya sastra, demi memahami bagaimana sastra mencerminkan masyarakat.
Seorang individu sastra adalah hasil dari masyarakat mereka karena seni mereka dibuat oleh penyesuaian mereka sendiri terhadap kehidupan. Bahkan seniman terbaik kadang-kadang sadar akan pendukung yang tidak menyadari dari "semangat zaman" mereka. Semangat zaman adalah hasil keseluruhan, akumulasi tipikal dari semua perubahan politik, sosial, agama, dan ilmiah dari suatu era tertentu. Dengan demikian, sastra selalu menyampaikan pemikiran dan perasaan dari pikiran manusia yang erat kaitannya dengan periode waktu tersebut dan itu berarti sesuatu ditulis untuk menghidupkan kembali dan menginspirasi pikiran. Sastra juga mencatat pemikiran dan perasaan pikiran yang mulia.
Ini adalah kenyataan yang diakui bahwa jika karya seorang penulis hanya menunjukkan kekuatan zaman mereka, itu tidak bisa menjadi sastra yang hebat. Ini adalah materi berharga yang sangat berharga bagi sosiolog dan sejarawan. Ini benar-benar kekurangan dalam aset stabilitas dan universalitas. Sastra Yunani mungkin tidak menarik bagi pemikiran India atau Jerman jika itu adalah masalah sejarah yang telah dipertimbangkan. Demikian pula, Shakespeare mungkin tidak dianggap sebagai dramawan besar jika dia hanya dan sederhana menunjukkan periode Elizabethan.
Semangat sastra menyembunyikan, dalam cara individu penulis, identitas mereka yang akan menguasai pengaruh lainnya. Kemampuan penulis terbentuk oleh semangat zaman mereka, tetapi mereka juga memiliki kemampuan untuk membentuk periode mereka. Seorang pengguna huruf yang hebat adalah pencipta serta pencetus zaman di mana mereka ada. Oleh karena itu, kita membahas zaman Shakespeare, zaman Dryden, zaman Pope, zaman Wordsworth, zaman Bernard Shaw, dan sebagainya. Sebagai contoh, Paradise Lost karya Milton adalah sebuah argumen besar pada zaman sinisme, moral rendah, dan sastra satir. Buku yang kuat ini tidak mengungkapkan semangat waktu era Milton. Milton menentang untuk meningkatkan semangat zaman. Demikian pula, terlepas dari atmosfer heroisme, cita-cita mulia, dan cinta akan nyanyian dan drama, zaman Elizabeth tidak dapat menciptakan sosok seperti Shakespeare.
Kita tahu bahwa sastra adalah cermin dari masyarakat dan apa yang terjadi dalam suatu masyarakat secara langsung atau tidak langsung tercermin dalam karya sastra dari era tersebut dalam satu bentuk atau lainnya. Demikian pula, masyarakat juga merupakan asosiasi orang-orang yang berbagi tradisi, nilai-nilai, keyakinan, dan budaya.
Pengaruh sastra terhadap masyarakat dapat dirasakan secara langsung atau tidak langsung. Novel-novel Dickens memiliki dampak tersirat dalam menciptakan dalam masyarakat perasaan untuk mengendalikan dan menghilangkan penderitaan sosial serta menyerukan reformasi penting. Jelas bahwa jika kita terlibat dalam sastra, dampaknya pasti akan mempengaruhi kita secara mendalam. Sastra terbentuk dari pengetahuan tentang kehidupan. Tanpa ragu, seniman pragmatis mempromosikan penekanan pada hal-hal langka dan sisi-sisi kasar kehidupan secara berlebihan. Namun, untuk mengenal kehidupan secara menyeluruh, tidak hanya sisi cerah, tetapi juga sisi yang meragukan dan gelap dari kehidupan harus diketahui. Dengan demikian, masyarakat mengangkat sastra. Ia tanpa ragu digambarkan sebagai cermin masyarakat.
Sastra memiliki karakter dan pentingan yang bersifat nasional maupun personal. Sastra dapat bersifat pragmatis dari zaman ke zaman dan dalam berbagai variasinya. Selain menjadi deskripsi dari karya-karya yang diselesaikan oleh beberapa penulis individu, sastra juga merupakan tujuan dari sebuah tubuh sastra yang besar bahwa secara keseluruhan dianggap sebagai produksi dari kejeniusan rakyat. Segala hal yang, baik atau buruk, telah dimasukkan ke dalam produksi kehidupan suatu bangsa juga telah masuk ke dalam struktur sastra mereka. Sejarah Inggris biasa adalah biografi bangsa Inggris dan sastra mereka adalah autobiografi mereka, melalui studi sejarah sastra Inggris dalam semua variasinya. Ini telah langsung berhubungan dengan kontak hidup dengan kekuatan-kekuatan penggerak kehidupan batin setiap generasi yang berbeda dan dipahami secara langsung. Meskipun, dengan studi, kita mungkin peduli tentang bagaimana kaitannya, apa yang dipikirkan tentangnya, apa saja efek yang paling berpengaruh dan yang paling membuat senang, dan oleh keinginan apa. Sastra telah paling dalam dirangsang oleh etika berperilaku dan oleh rasa apa itu diatur, dan oleh karakter jenis apa yang dianggap paling luar biasa oleh penghargaannya. Dengan demikian, sastra adalah pengeksposan pikiran yang progresif bersama dengan semangat rakyat.Top of Form
II. The relation between Culture and Literature/Hubungan antara Budaya dan Sastra
Sastra selalu menggambarkan perasaan karakternya melalui reaksi emosional dan keadaan batin karakter-karakter tersebut. Sastra selalu menekankan untuk mengungkapkan diri batin dari para karakter. Hubungan antara budaya dan bahasa memiliki dua aspek utama. Fitur pertama budaya dapat dibandingkan dengan hubungan antara mayoritas dan kekhususan, atau antara unsur literal yang lebih tinggi dan bahasa yang lebih rendah. Fitur kedua adalah bahwa bahasa dan budaya tidak terpisahkan seperti tari dan penari. Keselarasan ini memberikan kesempatan kepada guru bahasa Inggris untuk mengenalkan budaya-budaya yang beragam kepada siswa mereka, serta fitur-fitur leksikal, idiomatik, tata bahasa, dan pragmatik dari berbagai aspek bahasa Inggris. Ada hubungan yang erat antara budaya dan sastra. Sastra perlu diperiksa dengan konteks sosial, politik, dan ekonomi di mana itu ditulis atau diterima. Sastra mengeksplorasi hubungan antara masyarakat dan seniman.
Bagi kita, kita dapat mendefinisikan sastra dengan menggunakan sudut pandang yang berbeda tetapi, tetap dalam hal yang sama, sastra secara sederhana berarti apa pun yang tertulis: jadwal, dialog, buku teks, majalah, artikel, dan sebagainya. Misalnya, jika Anda ingin membeli mobil atau mesin cuci, Anda mungkin ingin melihat literatur tentang itu, jika Anda seorang dokter dan akan melakukan operasi tertentu pada seseorang, Anda pasti akan melihat literatur tentang operasi tersebut. Bahkan iklan dan pemasaran adalah sastra karena Anda tidak akan membeli produk tanpa memiliki gambaran tentangnya dari literaturnya. Itu adalah sastra yang memberi tahu kita tentang dunia nyata. Misalnya, sebuah biografi tentang orang terkenal seperti Nabi Muhammad atau Nelson Mandela memiliki tujuan utama, yaitu memberikan gambaran tentang orang tersebut dan memberikan pengetahuan kepada pembaca. Di sisi lain, sastra yang bersifat imajinatif bertujuan untuk membangkitkan pikiran, imajinasi, dan bahkan perasaan.
Selama berabad-abad, orang telah memahami kebutuhan untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang hal-hal dan peristiwa yang terkait dengan keadaan di sekitar mereka. Kewajiban untuk menunjukkan dan menciptakan posisi mereka dalam aspek dimensional dan kronologis sebagaimana yang diharapkan mengarahkan mereka ke proses mendokumentasikan peristiwa-peristiwa ini dalam berbagai bentuk dan dengan berbagai media.
Selain itu, sastra dipandang sebagai ekspresi budaya dan masyarakat, mewakili gagasan dan impian orang-orang yang terjalin dalam suatu waktu dan ruang yang ditetapkan dengan cara yang paling terinspirasi dan imajinatif. Sastra tersebut baik menggambarkan maupun menginspirasi perubahan sosial dan biasanya dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya untuk menggambarkan budaya.
Banyak penulis, kritikus, dan ahli linguistik telah bingung tentang apa itu sastra. Salah satu interpretasi yang lebih luas tentang sastra adalah bahwa teks sastra adalah produk yang mencerminkan berbagai fitur masyarakat. Mereka adalah dokumen budaya yang menyajikan pemahaman mendalam tentang suatu negara atau negara-negara. Ahli linguistik lain seperti Eagleton mempertanyakan bahwa tidak harus ada kualitas intrinsik pada teks sastra untuk membuatnya menjadi teks sastra; lebih tepatnya, itu adalah pemahaman yang ditunjukkan pembaca terhadap teks tersebut. Hal ini membawa kita kembali ke definisi di atas dalam arti bahwa sastra hanya merupakan sastra jika dieksplorasi sebagai sebuah seni.
Sastra dan budaya saling terkait erat, keduanya memiliki hubungan yang kuat dengan yang lain karena, selama bertahun-tahun dan sejak zaman kuno, sastra telah mencerminkan budaya. Karya sastra pertama dalam bahasa Inggris yang menyampaikan konteks budaya tentang kehidupan ditulis dalam bahasa Inggris Kuno dan muncul pada awal Abad Pertengahan, dan di sini kita maksudkan "Beowulf" dari sastra Anglo-Saxon, yang merupakan sebuah puisi epik pahlawan. Biasanya, banyak penulis ingin menulis tentang puisi epik pahlawan atau cerita dalam bahasa Inggris Kuno, menceritakan kisah bagaimana para pahlawan menghancurkan kejahatan dan mengembalikan kemuliaan mereka. Dalam puisi Beowulf, sang pahlawan Beowulf sendiri harus menghadapi banyak pertempuran melawan musuh-musuh termasuk Grendel, ibu Grendel, ular laut, dan naga. Secara umum, puisi Beowulf dalam sastra Anglo-Saxon menampilkan sejarah sebenarnya dari periode Inggris Kuno kuno di mana para pahlawan pergi dalam kampanye, bertempur melawan setan atau hal-hal buruk dan akhirnya mereka kembali ke rumah dengan kemuliaan. Pada abad kedua belas, tokoh baru dalam bahasa Inggris yang dikenal sebagai Bahasa Inggris Pertengahan berkembang yang dimulai dari sastra Bahasa Inggris Pertengahan. Ada tiga kelompok utama sastra Bahasa Inggris Pertengahan: sastra religius, cinta istana, dan Arthurian.
Sastra telah berfokus pada aspek-aspek sosial, politik, dan ekonomi masyarakat melalui seni dan sastra, dan untuk mewakili elemen-elemen perjuangan kelas secara lebih jelas. Melalui sastra ini, perjuangan kelas dapat dihapuskan dari masyarakat. Bapak filsafat kuno, Plato, menggambarkan sebuah masyarakat yang juga disebut "komunisme aristokratik", sebuah masyarakat dengan kepemilikan bersama properti sosial. Filsafat dan sastra telah bekerja seperti dua sisi koin dan kombinasi ini telah membawa keluar elemen terbaik dalam disiplin ini. Salah satu karya budaya paling penting adalah Utopia Sir Thomas More yang diterbitkan pada abad keenam belas, yang memperkenalkan konsep masyarakat yang sempurna atau bebas kelas, apa yang bisa disebut sebagai masyarakat yang sempurna. Pada abad kedelapan belas, Jonathan Swift, seorang penyair Anglo-Irlandia, satiris, esaiis, dan penulis pamflet politik menulis sebuah narasi petualangan yang merupakan satira terhadap masyarakat. Ini memberikan gagasan tentang negara utopia, sebuah model komunitas ideal. Jadi, kita bisa mengatakan bahwa ini adalah novel berdasarkan alienasi, kegagalan berkelanjutan karakter-karakternya dalam masyarakat mereka. François-Marie Arouet, kemudian dikenal sebagai Voltaire, menerbitkan Candide pada tahun 1759, yang dianggap sebagai karyanya yang paling terkenal. Ini memberikan kritik tajamnya terhadap filsafat, gereja, dan kaum bangsawan serta kekejamannya. Ini adalah karya untuk keadilan sosial dan politik. Animal Farm (1945) karya George Orwell adalah satira tentang Revolusi Rusia. Ini adalah sebuah dongeng yang menunjukkan kebangkitan diktator dan penindasan rakyat biasa. Novel pendek ini memberikan contoh struktur kelas yang mengklaim untuk mewakili kesetaraan makhluknya. Fitur paling penting dari novel ini adalah bahwa ia dengan mengesankan menunjukkan kediktatoran dan penindas serta penulis berhasil menggambarkan kejahatan masyarakatnya melalui karya ini. Dalam The Grapes of Wrath, John Steinbeck dengan indah menyoroti fakta bahwa penyebab utama penderitaan manusia bukanlah musibah atau bencana alam tetapi sesama manusia, orang-orang di peringkat yang lebih tinggi menyebabkan keadaan sosial, ekonomi, dan historis yang memisahkan orang-orang kelas atas dan kelas bawah. Frantz Fanon dalam bukunya The Wretched of the Earth telah menunjukkan kekejaman kolonialis yang dengan paksa mengeksploitasi orang-orang dan menggunakan materi mereka untuk kepentingan mereka sendiri. Mereka juga mengklaim bahwa budaya mereka adalah yang ideal dan bahwa orang-orang harus tunduk pada aturan dan peraturan mereka. William Morris dalam novelnya News from Nowhere telah menyajikan sebuah negara Utopia, bebas dari ancaman sosial manapun, di mana prioritas harus diberikan kepada manusia dan bukan kepada hal-hal materialistik seperti uang atau properti. Semua hal seperti itu harus dihapuskan dari setiap masyarakat.
Alfred Jarry, dalam karyanya The Supermale pada tahun 1902, menggunakan aspek psikologis untuk mengeksplorasi aspek sosiologis kehidupan. Ia mempertanyakan falosentrisme masyarakat. Franz Fanon dalam karyanya yang paling terampil, The Metamorphosis (1915), telah memberikan kita penderitaan fisik dan emosional Gregor Samsa dari keluarganya sendiri yang menyebabkan penyakit mental dan psikologisnya. Pada tahun 1929, Ernest Hemingway dalam karyanya A Farewell to Arms memberikan detail-detail kehancuran diri seorang prajurit, dia benar-benar terjebak antara cinta dan perang yang menimbulkan konflik besar di dalam dirinya. Invisible Man karya Ralph Ellison adalah contoh yang mengerikan dari diskriminasi dan rasisme. Ini telah menunjukkan bagaimana satu masyarakat mendiskriminasi yang lain berdasarkan warna kulit dan bagaimana kehidupan mereka hancur hanya berdasarkan warna kulit dan stabilitas mereka terancam. Sylvia Plath dalam karyanya The Bell Jar menceritakan kisah seorang gadis muda yang begitu banyak kesedihan dalam hidupnya sehingga melukai pikirannya dan ia ingin bunuh diri. Protagonis novel tersebut, Esther, menemukan kesenjangan antara dirinya dan masyarakat tempat ia tinggal, dan itulah kesenjangan yang menjadi penyebab kegilaannya. Dia ingin memiliki cinta dan kepercayaan dalam hubungan, tetapi hubungan-hubungan itu dipenuhi dengan ketidakpahaman, kebrutalan, dan ketidakpercayaan dan akhirnya ia mulai mengembangkan sikap negatif dan kemudian mencoba bunuh diri karena kegilaan ini. The Bluest Eye karya Toni Morison adalah contoh lain dari novel psikologis. Novel ini tentang penindasan terhadap perempuan dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan mereka. Novel ini tentang penindasan pria terhadap perempuan dan kemudian tahap-tahap perkembangan mereka menjadi wanita dewasa.
Bahasa mengatur pola-pola pemikiran, sikap, dan perilaku yang bergantung pada budaya dari komunitasnya. Bahasa mengenkripsi model-model ini melalui makna-makna yang dapat diingat, signifikan, diasumsikan, dan diprovokasi. Dilihat dari konteks masalah-masalah yang sulit ini, pembelajaran bahasa kedua atau asing menyerupai sebuah pantulan. Dinamika dan perbedaan dari pantulan akan bergantung pada fitur-fitur umum dan disparitas antara bahasa ibu pembelajar dan bahasa lain yang ia pelajari. Pada tingkat tertentu, pembelajaran bahasa objektif mirip dengan sebuah duet di mana suara dari bahasa ibu dan suara dari bahasa lain secara teratur menyanyikan nada yang berbeda dan hanya sesekali menyanyikan nada secara bersamaan.
Sebuah karya sastra hanya dapat dipahami sepenuhnya dengan menghubungkannya dengan dinamika keseluruhan peristiwa sosial dan sejarah karena medium realisasinya adalah bagian dari tradisi budaya. Interaksi antara bahasa dan aspek-aspek budaya lainnya begitu erat sehingga tidak ada bagian dari budaya suatu kelompok tertentu yang dapat dipelajari dengan benar secara terisolasi dari simbol-simbol linguistik yang digunakan. Tawhida Akhter dalam sebuah artikel penelitian berjudul "Literature and Society: A Critical Analysis of Literary Text through Contemporary Theory" menunjukkan bagaimana sebuah karya sastra menggambarkan pengaruh masyarakat sebagai:
Sastra adalah cermin bagi masyarakat dan mencerminkan realitas masyarakat. Makna sejati sastra adalah karya-karya tertulis dalam berbagai bentuk, seperti novel, puisi, cerita, drama, fiksi, dll. Sastra juga dapat terdiri dari teks berdasarkan informasi maupun imajinasi. Sejarah sastra bermula sejak awal peradaban manusia. Masyarakat bertindak sebagai contoh bagi para penulisnya. Sastra menggabungkan pemikiran abstrak dengan bentuk konkret, menyajikan subjek-subjek seperti alienasi dan asimilasi dalam masyarakat tetapi juga mencerminkan isu-isu seperti fakta-fakta sosial, politik, sosial, dan sejarah (Akhter, 2228).
Karena bahasa adalah bagian vital dari suatu kelompok tertentu, jelas bahwa modifikasi linguistik harus terjadi, setidaknya sebagian, sebagai reaksi terhadap perubahan budaya secara umum. Perubahan linguistik terjadi jika budaya suatu masyarakat bersifat dinamis. Tentu saja, ada hubungan yang nyata antara perubahan semantis dan perubahan budaya. Fitur budaya baru membutuhkan perluasan leksikal, baik melalui pinjaman atau penggunaan saat ini atau bahasa gaul.
Bahasa adalah aspek budaya, kompleks dengan serangkaian adat yang diciptakan dan disampaikan dari generasi ke generasi dan dari masyarakat ke masyarakat tanpa cara yang berbeda dari bentuk budaya lainnya (Swadesh, 1964). Keterkaitan antara kerangka bahasa dan struktur budaya mungkin paling baik ditunjukkan oleh penggunaan kata ganti. Hubungan antara faktor-faktor sosial dan budaya serta penggunaan transitif tidaklah sembarangan. Elemen-elemen ini menemukan manifestasi terbuka dalam komunikasi lisan karena struktur sosial, budaya, dan ekonomi suatu masyarakat memotivasi, melengkapi, dan direalisasikan dalam penggunaan pronominal.
Selain itu, penempatan sosial dipertimbangkan dalam komunikasi lisan; alternatif pronominal yang digunakan oleh yang disebut "bawahan" dalam berbicara dengan tampaknya "atasan" secara nyata berbeda dari yang digunakan oleh teman untuk teman dalam stratum sosial yang sama. Studi tentang penggunaan pronominal (Palakornakul, 1975) telah menyajikan bukti yang cukup besar untuk keterkaitan ini.
Sastra diwujudkan dalam berbagai cara. Ini adalah kumpulan karya-karya tertulis dan lisan, seperti novel, puisi, atau drama, yang menggunakan kata-kata untuk menggugah imajinasi pembaca dan menawarkan kepada mereka pandangan hidup yang luar biasa. Asumsi pokok di sini adalah bahwa sastra adalah karya kreatif, bentuk manifestasi global yang mengatasi masalah-masalah spiritual, emosional, dan intelektual manusia. Di sisi lain, gagasan ini berasal dari abad keempat belas. Pada abad kedelapan belas, sastra dianggap sebagai "buku-buku yang ditulis dengan baik dari jenis kreatif". Sastra yang baik dianggap dapat menunjukkan kemampuan dan memiliki kekuatan untuk meningkatkan pertanyaan dan argumen, menawarkan sudut pandang baru, dan memperbolehkan pembaca untuk mengembangkan pengetahuannya tentang dirinya sendiri dan dunia secara keseluruhan serta menyegarkan semangatnya.
Selain itu, sastra adalah setiap karya realistis, imajinatif, dan kreatif tentang kehidupan manusia dan apa yang telah mereka lakukan dalam hidup mereka sebagai pertunjukan, apa yang mereka yakini, dan ciptakan atau telah dipikirkan untuk diciptakan. Selanjutnya, sastra adalah beragam karya yang ditulis dalam buku, surat kabar, atau artikel, atau diucapkan, diperankan, difilmkan, dinyanyikan, atau digambar sebagai kartun di televisi. Sastra tidak seharusnya menggambarkan satu pandangan tentang kehidupan manusia, karena hanya menunjukkan sisi positif dari kehidupan mereka, sastra seharusnya mewakili visi manusia yang berbeda dan aktual, baik positif maupun negatif karena hal ini mengimplikasikan gambaran yang seimbang dan praktis dari situasi dan eksistensi kehidupan nyata.
Selain itu, sastra dapat dijalani melalui berbagai jenis media, audio, audiovisual, lisan, dan sebagainya. Ini adalah demonstrasi budaya karena mengungkapkan informasi manusia, keyakinan, dan pertunjukan.
Secara umum, pengajaran budaya melalui sastra dianggap bermanfaat bagi para siswa di mana tujuan utamanya adalah memberikan kepada mereka aspek kehidupan masyarakat tertentu dalam periode tertentu. Dalam hal yang sama, hal ini bermanfaat untuk membangun keterampilan sastra mereka dan akan membuat mereka bersemangat untuk membaca lebih banyak teks sastra karena motivasi yang diberikannya bagi mereka. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa sastra berdiri sebagai suara yang mengekspresikan nilai-nilai dan keyakinan serta menunjukkan bagaimana orang hidup sebagai individu atau sebagai kelompok dengan perspektif ini dan bagaimana kehidupan budaya mereka dan bagaimana budaya dan tradisi mereka dulu; sastra menjadi alat ideal untuk menunjukkan kepada siswa dunia berbahasa Inggris dan untuk memimpin mereka untuk menemukan budaya Inggris. Ini memberikan peluang besar bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan dunia mereka karena mereka akan memiliki akses ke berbagai konteks yang tidak diragukan lagi terkait dengan budaya yang dituju.
III. Culture Value, Thoughts and Language/ Nilai Budaya, Pemikiran, dan Bahasa
Cerita-cerita memang memiliki, dan masih memiliki, arti besar dan sentral bagi manusia sejak awal, sebanyak yang dapat kita lihat. Tidak diragukan lagi, budaya dibangun di atas cerita, dongeng, sejarah, mitos, legenda, cerita keagamaan, dan sebagainya. Sebelum siswa menghargai dan berkontribusi pada budaya di mana mereka berada dengan tepat dan bahkan menguasainya, mereka pertama-tama diundang untuk membaca cerita-cerita yang mencakup banyak aspek budaya dan menyertakan banyak konteks budaya di dalamnya. Namun, bukan hanya buku-buku yang menyediakan jenis cerita "pemberi budaya" ini. Bahkan buku-buku keagamaan dan cerita-cerita pun demikian; mari kita ambil contoh Alkitab, banyak kata dan istilah Alkitabiah yang telah diubah dan telah meresap dalam karya sastra yang memiliki referensi dan allusi kepada Alkitab itu sendiri.
Setiap orang, terutama siswa, memiliki keinginan untuk melampaui batas dan mengetahui apa yang terjadi di seluruh dunia. Oleh karena itu, tujuan utama di balik pengajaran dan pendidikan tentang sastra adalah untuk menggambarkan dan menunjukkan gagasan dari budaya lain, dan untuk mengajarkan tentang sejarah dan orang-orang dari waktu dan tempat lain karena sastra dianggap sebagai cara positif untuk melakukannya. Karya sastra Mark Twain Huckleberry Finn, misalnya, menempatkan siswa ke dalam pikiran seorang anak laki-laki (Huck) yang tinggal di selatan Mississippi selama abad ke-19, memberikan pengetahuan kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa kehidupannya dan pemahaman tentang cara berpikir yang terjadi selama masa itu. Melalui pengalaman ini, siswa memperoleh pengetahuan tentang bagaimana rasanya hidup pada periode itu, dan bagaimana orang-orang berbicara, berpikir, dan bertindak. Hal ini akan membuat mereka mengalami lebih banyak peristiwa dan menjalani peristiwa-peristiwa tersebut di dalam pikiran mereka sendiri, sehingga mereka akan memperoleh kemampuan dan keinginan untuk mengetahui lebih banyak, dan mereka bahkan akan merasa bersemangat untuk melampaui batas dan batas untuk memuaskan hasrat pengetahuan mereka.
Membaca sastra bukan hanya tentang belajar tentang karya sastra itu sendiri, tetapi juga tentang belajar bagaimana dunia berfungsi dan berjalan. Melalui eksplorasi sastra, siswa akan memiliki kesempatan untuk menempatkan diri mereka dalam kehidupan orang lain, memberi mereka kesempatan untuk melihat bagaimana orang saling terhubung dan membuat mereka lebih memahami kompleksitas struktural hubungan manusia.
Para siswa dapat menemukan kesenangan dalam membaca karya sastra, itulah mengapa para guru dengan hati-hati memilih karya sastra yang akan diajarkan di kelas, untuk menunjukkan bagaimana karya-karya ini menyenangkan bagi para siswa yang membacanya. Karena para siswa tidak hanya perlu membaca kata-kata yang mengisi halaman-halaman dalam buku, mereka perlu menjalani peristiwa dan mengalami fakta melalui imajinasi dan menikmati karya-karya tersebut karena itulah satu-satunya cara membuat mereka termotivasi untuk memahami dan melanjutkan membaca tulisan-tulisan sastra ini.
Dengan singkat, melalui penemuan sastra, para siswa dapat meresapi lebih banyak dunia daripada yang pernah mereka lihat sebelumnya, karena sastra memberikan beragam manfaat bagi mereka, melalui penyampaian konteks budaya, membangun aturan tata bahasa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka, menyatukan mereka dengan dunia, dan menghubungkan mereka dengan masyarakat. Itulah mengapa pengajaran sastra dalam kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) dianggap sebagai prioritas tinggi dan kebutuhan vital.
Saat ini, karena sastra menangani masalah-masalah universal daripada yang individual, ada kebutuhan yang semakin berkembang untuk memanfaatkan sastra sebagai dasar untuk mengembangkan kemampuan siswa. Sastra menangani gagasan-gagasan universal seperti cinta, kebencian, kematian, alam, tradisi, nilai, dan elemen lain yang umum bagi seluruh bahasa dan budaya, di mana perbedaan, perbandingan, dan bahkan hubungan antara budaya dan bahasa dapat memperluas persepsi kita tentang kehidupan dan memperkaya visi kita tentang seluruh dunia.
Fitur budaya dalam teks sastra, juga dikenal sebagai elemen atau ekspresi khusus budaya, telah menjadi area minat bagi banyak peneliti. Gillian Lazar (1993) mendefinisikan fitur budaya sebagai "benda atau produk yang ada di satu masyarakat tetapi tidak ada di masyarakat lain" (Lazar, 63). Artinya, fitur budaya khusus untuk satu budaya dan membuatnya menonjol dari yang lain. Dia juga mengidentifikasi hal berikut sebagai fitur budaya: dapat ditemukan dalam teks sastra, peribahasa, idiom, dll., penampilan yang ditentukan yang mewakili nilai-nilai budaya, latar belakang politik, sejarah, dan ekonomi, institusi, dan sebagainya. Representasinya dari sebagian budaya atau masyarakat membuat sebuah teks hadir dan menunjukkan status bahasa tertulis dalam budaya yang beragam (Lazar, 66). Ini menyarankan bahwa banyak elemen khusus budaya dalam teks sastra memecahkan bagi siswa asing sisi tersembunyi dari budaya target seperti nilai-nilai budaya dan makna konotatif. Fitur-fitur budaya ini, jika dimanfaatkan dengan baik oleh guru, dapat membuka jendela ke wawasan yang lebih baik tentang budaya target.
Studi tentang fitur budaya dalam teks sastra mempromosikan pemahaman antarbudaya. Karena diskusi kelas tentang budaya akan didasarkan pada aspek-aspek tertentu yang digambarkan dalam konteks sastra tertentu, penggunaan teks sastra membantu menghindari stereotip budaya yang dapat terjadi ketika membahas perbedaan lintas budaya (McKay, 193). Berpikir secara kritis tentang isu lintas budaya mungkin akan meningkatkan kesadaran antarbudaya siswa dan membuka persepsi mereka terhadap dunia yang berbeda.
Kesempatan yang khusus dari teks sastra dalam mempromosikan pemahaman antarbudaya terletak pada kemungkinan analisis reflektif dari diskusi kelas yang mengandung informasi budaya. Menurut Alred, Byram, dan Fleming (2003), memiliki pengalaman lintas budaya melalui pertemuan langsung dengan penutur asli tidak cukup untuk mengembangkan keterampilan budaya. Sebaliknya, harus ada refleksi, analisis, dan tindakan. Elemen yang ditentukan untuk diskusi yang melibatkan teks sastra dianggap lebih efektif melalui studi sastra karena elemen-elemen spesifik budaya dalam teks sastra tersusun dengan baik. Dengan cara itu, mereka dapat menarik analogi dan perbandingan antara budaya yang berbeda. Oleh karena itu, pemahaman yang sempit dan dangkal tentang budaya target dapat dihindari dengan aman melalui diskusi terarah tentang fitur budaya di dalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Selain itu, studi tentang fitur budaya dalam teks sastra mendukung pemahaman antarbudaya siswa. Analisis fitur budaya, selain hanya membuka jendela terhadap cara orang lain, membuat siswa merenungkan cara mereka sendiri. Colby dan Lyon (2004) berargumen bahwa "refleksi pada teks sastra membantu pembelajar mengidentifikasi diri dengan budaya mereka sendiri" (Colby dan Lyon, 24). Ini adalah mengajak siswa untuk memikirkan tentang budaya yang berbeda yang mendorong mereka untuk berpikir lebih kritis tentang budaya mereka sendiri. Merenungkan fitur budaya dalam teks sastra meningkatkan pemikiran kritis siswa dan penerimaan terhadap perbedaan.
Secara umum, mengajarkan budaya dalam sastra dianggap bermanfaat bagi para siswa di mana tujuan utamanya adalah memberi mereka wawasan tentang kehidupan masyarakat tertentu dalam periode tertentu, seiring dengan itu juga bermanfaat untuk membangun keterampilan sastra mereka dan akan membuat mereka bersemangat untuk membaca lebih banyak teks sastra karena motivasi yang diberikannya bagi mereka.
IV. Teaching Culture in Literature/Pengajaran Budaya dalam Sastra
Budaya secara kasar didefinisikan sebagai kumpulan nilai, keyakinan, tradisi, dan gaya hidup dari setiap masyarakat di dunia. Oleh karena itu, hubungannya dengan sastra sangat penting seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di mana pengajaran sastra tidak akan dianggap lengkap tanpa aspek budaya.
Jadi, budaya perlu diajarkan dalam sastra, dan untuk ini, baik guru maupun siswa diundang untuk mengikuti teknik, metode, dan pendekatan tertentu untuk mengajar dan belajar dengan lancar dan efektif, masing-masing dengan gaya mereka sendiri tergantung pada struktur lingkungan yang mengelilingi guru dan siswa. Sebagai contoh, beberapa akan didasarkan pada materi khusus, yang lain akan bergantung pada kemampuan mereka untuk membuat budaya tersampaikan dengan baik oleh siswa, dan beberapa lainnya mungkin didasarkan pada motivasi yang ditemukan siswa dalam teks sastra. Aspek-aspek budaya ini, jika ditransformasikan dan dimanfaatkan dengan baik oleh guru, dapat membuka jalan ke wawasan yang lebih baik tentang budaya target.
Penelitian tentang fitur budaya dalam teks sastra memajukan pemahaman antarbudaya. Karena diskusi kelas tentang budaya akan didasarkan pada sudut pandang tertentu yang digambarkan secara khusus dalam teks sastra, penggunaan sastra menjauhkan diri dari stereotip budaya yang dapat terjadi saat membicarakan perbedaan lintas budaya.
B. Tanggapan Kritis
1. Pujian-Kelebihan
Tulisan ini menyoroti hubungan yang erat antara budaya dan sastra, menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana keduanya saling memengaruhi. Ini memberi pembaca wawasan yang baik tentang kompleksitas hubungan ini.
Penulis menggunakan kerangka kerja yang jelas untuk memahami interdependensi antara budaya dan sastra, memungkinkan pembaca untuk mengikuti argumen dengan baik.
Dengan adanya referensi dari Tawhida Akhter dan Meenakshi Lamba, tulisan ini menunjukkan kedalaman pengetahuan dan dukungan terhadap argumen yang dibuat.
2. Kritik-Kekurangan
Bisa jadi dalam satu bab, tidak semua aspek interdependensi antara budaya dan sastra dapat ditangani secara mendalam. Ini mungkin membuat beberapa pembaca merasa bahwa topik tersebut kurang tersentuh sepenuhnya.
Jika tulisan ini hanya menggambarkan satu sudut pandang atau teori tertentu tentang hubungan antara budaya dan sastra, hal itu dapat mengurangi keragaman perspektif yang disajikan pada pembaca.
Pembaca yang tidak familiar dengan nama-nama atau konsep yang disebutkan dalam tulisan ini mungkin merasa kesulitan untuk mengikuti pemikiran atau argumen secara keseluruhan. Hal ini dapat mengurangi daya tarik atau keterbacaan tulisan bagi sebagian pembaca.
Daftar Pustaka
Lamba, Meenakshi, Tawhida, Akhter. 2022. Culture and Literature (Chapter 1): Interdependence oleh Tawhida Akhter, Meenakshi Lamba. Newcastle Upon Tyne, Inggris. Cambridge Scholars Publishing.