REVIEW BUKU CULTURE AND LITERATURE KARYA TAWHIDA AKHTER CHAPTER 5 CONVICTION, CULTURE AND ENSLAVEMENT IN THE SLAVE BY ISAAC SINGER OLEH SMITA DEVI , TAWHIDA AKHTER

08 May 2024 18:24:58 Dibaca : 82 Kategori : REVIEW

A. Ringkasan

            Budaya adalah bagian dari ethos, prinsip, dan kepercayaan yang diterima oleh suatu komunitas tertentu dan bersifat tidak bergerak serta mengalir melintasi generasi-generasi. Budaya mendefinisikan karakteristik saat ini dari sebuah kelompok dengan latar belakang masa lalu mereka. Ini termasuk keyakinan sosial, gaya hidup, hukum, adat istiadat, dan kebiasaan. Budaya terus bergerak maju selama ribuan zaman. Bahkan tradisi dari kelompok tertentu menyampaikan masa lalu sejarah kepada generasi saat ini. Demikian pula, agama memperkuat kelompok dengan memberikan petunjuk jujur tentang kepercayaan dan ketahanan dalam hidup. Keyakinan agama bertujuan untuk membawa disiplin dan nada spiritualitas ke dalam kehidupan seseorang. Ini juga mengajarkan peran dan tanggung jawab pernikahan dalam hidup seseorang. Hubungan adalah kelompok orang yang penuh semangat yang membantu dalam mempertahankan nilai-nilai. Meskipun pertikaian keluarga dapat menghancurkan hubungan, ini memiliki peran penting dalam kehidupan seseorang untuk membantu memahami budaya dan tradisi kelompok tersebut.

Manusia terbiasa mengikuti semua aturan dan peraturan masyarakat. Masyarakat terdiri dari berbagai macam adat istiadat. Budaya adalah perpaduan keyakinan, tradisi, nilai, perilaku, dll., yang membantu orang untuk mendefinisikan serta merepresentasikan identitas mereka di hadapan orang lain. Sejak zaman purba, berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelesaikan misteri penciptaan. Oleh karena itu, manusia telah menciptakan bangsa khayalan yang memiliki kekuatan supernatural, yang disebut dewa dan dewi. Karena orang-orang dari bangsa ini dianggap memiliki kekuatan lebih besar daripada manusia, oleh karena itu mereka disalahkan atas segala masalah. Dengan demikian, penampilan paling primitif dan fundamental dari agama telah berkembang. Informasi yang jauh lebih sedikit tentang bentuk awal agama tersedia bagi kita karena, seiring berjalannya waktu, bentuk-bentuk awal tersebut telah berubah menjadi yang baru yang kita lihat saat ini.

Agama dalam bentuknya yang lebih sederhana dapat dianggap sebagai sistem yang menyatukan orang dengan seperangkat nilai dan praktik suci dari suatu komunitas tertentu untuk mencapai keselamatan. Ada berbagai agama di dunia termasuk Hinduisme, Islam, Kekristenan, Sikhisme, Buddha, dan Yudaisme yang tujuan utamanya adalah untuk mencapai keselamatan. Agama tidak hanya mengendalikan kehidupan spiritual tetapi juga kehidupan sosial para pengikutnya, membentuk dan mempengaruhi kesadaran untuk mengambil keputusan yang tepat dalam hubungan sosial. Agama adalah salah satu subjek yang paling kontroversial dan berpengaruh di seluruh dunia. Agama memiliki dampak inti pada kehidupan individu. Efek agama memainkan peran penting dan memiliki dampak yang serius pada populasi dunia. Ini tidak hanya mengontrol kehidupan pribadi tetapi juga kehidupan profesional. Dalam struktur sosial, sebagian besar hukum dan adat istiadat dibuat sesuai dengan ajaran agama. Dari kehidupan keluarga hingga kehidupan sosial, dari doa-doa harian hingga ritual pernikahan, sebagian besar konvensi didasarkan pada agama. Bahkan kehidupan yang mapan dari pasangan setelah pernikahan mereka adalah hasil dari ajaran agama moral yang membantu kita mencegah efek samping dari perceraian dan hubungan di luar pernikahan. Masyarakat saat ini lebih santai terhadap agama, etika, moral, dan gaya hidup. Jika kita mundur beberapa tahun, tata sosial yang terlihat bertindak sesuai dengan konvensi agama ortodoks di mana manusia adalah pusat keluarga dan wanita ada di sana untuk melayani rumah tangga. Tetapi saat ini, tata sosial telah menjadi lebih liberal. Dengan demikian, seiring berjalannya waktu, keyakinan dan hukum agama juga berkembang dan dimodernisasi.

Isaac Bashevis Singer adalah seorang penulis Yahudi Amerika yang lahir pada tahun 1902 di sebuah desa dekat Warsawa, Polandia. Tanggal kelahirannya yang tepat masih tidak pasti, tetapi tanggal yang paling mungkin adalah 21 November 1902, tanggal yang diberikan oleh Singer kepada biografer resminya, Paul Kresh, dan sekretarisnya, Dvorah Telushkin. Karya fiksi awal Singer bukanlah novel-novel besar tetapi cerita pendek dan novela. Pada tahun 1935, dia menulis bukunya yang pertama, Satan in Goray. Dia telah menulis cerita pendek yang luar biasa yang tersedia dalam terjemahan bahasa Inggris, mulai dari Gimpel the Fool (diterjemahkan pada tahun 1953), hingga karya terbarunya, A Crown of Feathers (1973), dengan masterpiece yang mencolok di antaranya, seperti The Spinoza of Market Street (1961), atau A Friend of Kafka (1970). Dia juga menulis The Magician of Lublin, pada tahun 1961. Singer mempersonifikasi hasrat dan kegilaan sebagai setan dan hantu, termasuk segala jenis kekuatan supernatural dari perbendaharaan imajinasi populer Yahudi. The Family Moskat adalah karyanya yang pertama, ditulis pada tahun 1950. Salah satu novel terbesar yang dipuji dari Singer adalah Enemies: A Love Story (1972), yang mengungkap kisah seorang korban Holocaust yang mengarahkan keinginan pribadinya, hubungan yang sulit, dan kehilangan keyakinan. Dia juga menulis memoar dan buku anak-anak bersama dengan novel-novel yang berlatar belakang abad ke-20, seperti The Penitent (1974) dan Shosha (1978). Pada tahun yang sama dengan penulisan Shosha, Singer juga memenangkan Hadiah Nobel dalam Sastra. Setelah menerima Hadiah Nobel, ketenaran Singer berkembang tak terhitung di antara penulis-penulis dunia. Dengan demikian, melalui karyanya, Singer melengkapi harta karun sastra hingga kematiannya pada 24 Juli 1991 di Surfside, Florida.

Tulisan ini membahas karakter Jacob dalam novel The Slave karya Isaac Bashevis Singer sebagai seorang pengikut agama yang tekun. Sebagai tokoh sentral dalam novel, Jacob menjalani kehidupan sebagai budak di desa tempat tinggal Wanda. Sebelumnya, dia bekerja sebagai guru dan memiliki banyak pengetahuan tentang agamanya dibandingkan dengan penduduk setempat lainnya. Namun, seringkali kepercayaan berlebihan membuatnya terlihat seperti orang yang sangat takhayul. Oleh karena itu, dia mencoba untuk melarikan diri dari cintanya yang batiniah terhadap Wanda. Jacob adalah seorang pengikut setia Yudaisme. Dia sering berusaha untuk mengikuti semua ajaran agama dalam kehidupan sehari-harinya. Jacob dengan sadar mengikuti semua ritual keagamaan dalam tindakan sehari-harinya. "Sebelum memerah sapi, Jacob mengucapkan doa pembukaan (4)". Meskipun sebagai budak, sangat sulit untuk mengikuti semua praktik tersebut, dia mencoba untuk mengikutinya dengan semangat keagamaan yang luar biasa. "Dia mengulurkan tangannya tanpa melihat, meraih kendi air. Tiga kali dia mencuci tangan, tangan kiri terlebih dahulu dan kemudian tangan kanan, berganti sesuai dengan hukum. Dia telah berbisik bahkan sebelum mencuci. 'Aku bersyukur', sebuah doa yang tidak menyebut nama Tuhan... (117)". Jacob menempatkan etika keagamaan di posisi sentral dan dalam segala kondisi dia mengikuti agama, meskipun sebagai seorang budak.

Jacob mengalami beberapa kesulitan saat melakukan hukum-hukum dan observasi spiritual. Karena kurangnya praktik, dia tidak mampu mengingat semua panggilan Mishnah (bagian pertama dari Taurat) dan beberapa halaman Gemara (bagian lain dari Talmud) serta bagian-bagian lain dari Alkitab. Namun, melalui pengulangan yang berkelanjutan, Jacob mencoba untuk mengingat panggilan-panggilan tersebut, karena dia merasa bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk menjaga identitasnya utuh. Pada saat itu, sunat adalah satu-satunya tanda identitas Yahudinya karena adanya tekanan dari luar. "Dia melarikan diri dari para pembunuh dan perampok Polandia telah menyeretnya ke suatu tempat di pegunungan dan telah menjualnya sebagai budak kepada Jan Bzik. Dia tinggal di sini selama empat tahun sekarang dan tidak tahu apakah istrinya dan anak-anaknya masih hidup. Dia tanpa selendang doa dan filakteri, pakaian berjumbai atau kitab suci. Sunat adalah satu-satunya tanda di tubuhnya bahwa dia seorang Yahudi. Tapi syukur kepada Tuhan, dia tahu doa-doa, beberapa bab Mishnah, beberapa halaman Gemara, sejumlah Mazmur, serta kutipan-kutipan dari berbagai bagian Alkitab. Dia akan terbangun di tengah malam dengan baris-baris dari Gemara yang tidak menyadari bahwa dia mengetahuinya berlari melalui kepalanya. Memori-nya bermain petak umpet dengannya... Sulit untuk percaya bahwa melodi-melodi seperti itu datang dari orang-orang yang makan anjing, kucing, tikus ladang, dan menikmati segala macam kekejian. Para petani di sini bahkan belum mencapai tingkat orang Kristen. Mereka masih mengikuti kebiasaan-kebiasaan para penyembah berhala kuno (5)".

Kesetiaan Jacob terhadap keyakinan Yahudi sangat kuat, dan karena itu, dia siap untuk mengorbankan cintanya terhadap Wanda. Meskipun menghabiskan hidupnya sebagai budak, Jacob tidak pernah ragu untuk mengikuti keyakinan agamanya. Dalam keyakinan Yahudi, seseorang tidak diharapkan untuk bekerja pada hari Sabat (hari libur tertentu, yaitu Sabtu). Meskipun sulit baginya untuk mengikuti ini, dia menyeberangi semua rintangan dengan menambahkan sebulan doa sebagai kompensasi. Jacob tahu bahwa semua ini direncanakan oleh Setan; sepanjang hari dia merindukannya dan tidak bisa mengatasi kerinduannya. Segera setelah dia terbangun, dia akan mulai menghitung jam-jam sebelum dia datang kepadanya. Seringkali dia akan berjalan ke jam matahari yang telah dia buat dari batu untuk melihat seberapa jauh bayangan telah bergerak... Bagaimana dia bisa menjaga hatinya murni ketika dia tidak memiliki filakteri untuk dipakai dan tidak ada pakaian berjumbai untuk dikenakan? Karena tidak memiliki kalender, dia bahkan tidak dapat mengamati hari-hari suci dengan baik. Seperti Orang-Orang Kuno, dia menghitung awal bulan berdasarkan munculnya bulan baru, dan pada akhir tahun keempatnya, dia memperbaiki perhitungannya dengan menambahkan satu bulan ekstra. Tetapi, meskipun semua usaha ini, dia menyadari bahwa dia mungkin telah melakukan beberapa kesalahan dalam perhitungannya (9).

Keseriusan, iman, dan ketekunan Jacob terhadap agamanya membuatnya setia, tidak hanya pada dirinya sendiri tetapi juga pada mantan istrinya. Dia adalah pengikut setia etika Yahudi yang mencegahnya untuk terlibat dengan seorang non-Yahudi, itulah sebabnya dia berkali-kali menolak cinta dari Wanda. "Taurat mengatakan bahwa seorang pria tidak boleh memaksa istrinya," kata Jacob. "Dia harus diakali olehnya sampai dia bersedia." "Di mana Taurat? Di Josefov?" Wanda "Taurat ada di mana-mana." "Bagaimana bisa ada di mana-mana?" "Taurat mengatakan bagaimana seorang pria seharusnya berperilaku." Wanda diam. "Itu untuk kota. Di sini pria-pria adalah banteng liar. Bersumpahlah padaku bahwa kamu tidak akan pernah mengungkapkan apa yang kukatakan padamu." "Kepada siapa aku akan mengatakannya?" (15).

Selain perbudakan terhadap agama, Jacob juga terperbudak pada cinta Wanda serta keinginan-keinginan naluriah lainnya. Berkali-kali Jacob mencoba menghindari Wanda serta cintanya, oleh karena itu ketika orang-orang dari komunitasnya datang untuk menebusnya, ia pergi tanpa memberi tahu dia. Untuk beradaptasi dengan kehidupan normal, Jacob berkerjasama dengan komunitasnya setelah sampai di tempatnya. Saat itu, ia bahkan setuju untuk menikahi seorang wanita dari komunitasnya sendiri. Tetapi perilaku wanita tersebut mengingatkan Jacob tentang pentingnya Wanda, dan akhirnya ia kembali kepadanya.

Pertanyaan-pertanyaan Wanda seringkali membutuhkan jawaban yang tidak bisa ditemukan di dunia ini. Ia bertanya: "Jika pembunuhan adalah kejahatan, mengapa Tuhan mengizinkan orang Israel berperang dan bahkan membunuh orang tua dan anak-anak kecil?" Jika bangsa-bangsa yang jauh dari orang Yahudi, seperti bangsanya sendiri, tidak tahu tentang Taurat, bagaimana mereka bisa disalahkan karena menjadi penyembah berhala? Jika Bapa Abraham adalah seorang santo, mengapa ia mengusir Hagar dan anaknya Ishmael ke padang gurun dengan sekantong air? Pertanyaan yang sering muncul adalah mengapa yang baik menderita dan yang jahat berhasil. Jacob berkali-kali mengatakan kepadanya bahwa ia tidak bisa memecahkan semua teka-teki dunia, tetapi Sarah terus bersikeras, "Kau tahu segalanya." (117)

Setelah pernikahan mereka, baik Jacob maupun Wanda menjadi saling mendukung satu sama lain. Wanda tidak menyadari hukum-hukum Yudaisme, oleh karena itu Jacob membantunya beradaptasi dengan lingkungan baru. Sebagai suami, Jacob liberal, membantu, serta kooperatif. Namun, ia sangat konservatif terhadap agamanya, oleh karena itu ia ingin Wanda lebih fokus pada etika Yahudi, dan berulang kali menegakkan keyakinan Yahudi yang ketat padanya.

Jika kita melihat hari-hari sebelumnya di mana Jacob menjalani kehidupannya sebagai budak di desa Wanda, pada saat itu Wanda, tanpa pertanyaan apapun, hanya membantu pelayannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Dikatakan bahwa pada saat itu, satu-satunya bukti Jacob sebagai seorang Yahudi adalah sunatnya yang tidak boleh diungkapkan di depan wanita lain, oleh karena itu, hanya kepercayaan Wanda yang membuatnya bekerja dengan arah yang positif bagi Jacob, tetapi ketika kesempatan datang bagi Jacob untuk membuktikannya, ia bertindak berbeda.

Jacob memberi tahu Sarah tentang kehidupan moral, meramaikan teksnya dengan sedikit perumpamaan. Dia berbicara tentang seberapa besar cintanya padanya. Mereka sering mengingat musim panas yang pernah dia jalani di lumbung ketika dia membawa makanan kepadanya. Sekarang hari-hari itu sudah jauh dan sebayang seperti mimpi. Sarah merasa sulit untuk percaya bahwa desa tersebut masih ada dan bahwa Basha dan Antek dan mungkin ibunya masih tinggal di sana. Menurut hukum, kata Jacob, dia tidak lagi menjadi anggota keluarganya. Seorang konversi seperti bayi yang baru lahir dan memiliki jiwa yang segar. Sarah seperti Ibu Hawa yang terbentuk dari rusuk Adam; suaminya adalah satu-satunya kerabatnya. “Tapi,” berdebat Sarah, “ayahku masih ayahku,” dan ia mulai menangis tentang Jan Bzik yang telah memiliki kehidupan yang begitu sulit dan sekarang terbaring terkubur di antara penyembah berhala. “Kau harus membawanya ke Surga,” kata Sarah kepada Jacob. “Aku tidak akan pergi tanpanya.”

Jacob, seorang pengikut agama yang taat saat menjalani hari-harinya sebagai budak, juga berusaha sebaik mungkin untuk memperhatikan etika keagamaan. Bagi Jacob, agamanya lebih penting daripada kehidupan keluarga maupun kebutuhan naluriahnya yang lain. Ini adalah alasan utama yang membuat Wanda kehilangan cinta sejati dari Jacob. Karakter Jacob digambarkan sebagai orang yang berpengetahuan luas yang memiliki pemahaman mendalam tentang etika agama Yahudi. Namun, tujuan utama agama bukanlah untuk mendorong pengikutnya menuju kepercayaan takhayul. Tujuan dari keyakinan agama tradisional adalah untuk membawa orang-orang ke jalur yang benar agar sistem sosial dapat mengikuti jalur yang sama. Tetapi di era sekarang, para penguasa agama mendissuasi rakyat jelata demi kepentingan mereka sendiri. Sejak kecil, individu diajarkan untuk memiliki devosi yang benar terhadap keyakinan agama. Hanya agama yang membantu kita membangun persatuan dalam komunitas. Ini juga mencerminkan warisan budaya yang kaya serta harmoni sosial yang sehat dan kesetiaan, kehormatan, dan dedikasi komunitas. Namun, ketaatan buta terhadap agama berubah menjadi takhayul dan tidak peduli seberapa berpengetahuan orang tersebut, sulit untuk melarikan diri dari kepercayaan semacam itu. Kelemahan manusia atau kepercayaan berlebihan terhadap agama mengubah individu dari seorang budak agama menjadi seorang budak takhayul. Karakteristik serupa juga tercermin oleh Jacob, yang membuktikan bahwa ia bukan hanya seorang budak agama tetapi juga seorang budak takhayul. Sebelum kelahiran Sarah ketika Lady Pilitzky mengajukan pertanyaan kepada Jacob tentang identitas asli Sarah dan mengancam nyawanya, pada saat itu merasa takut akan bahaya yang akan datang, Jacob menerapkan berbagai aktivitas takhayul untuk melindungi Wanda dan bayi yang akan datang mereka.

Sarah, setelah pindah kembali ke Pilitz dari perkebunan, selain persiapan liburan, bersiap untuk melahirkan. Jacob telah meletakkan Kitab Penciptaan dan sebilah pisau di bawah bantalnya untuk mencegah setan-setan jahat yang mengitari wanita yang sedang melahirkan dan melukai bayi yang baru lahir... Jacob juga telah mendapatkan talisman dari penulis yang memiliki kekuatan untuk menyingkirkan Ygereth, ratu setan...

Jacob di sini adalah perwakilan dari perbudakan agama dan takhayul yang mencerminkan representasi mikrokosmis dari makrokosmis. Seperti Jacob, orang Yahudi lainnya dari masyarakat Pilitz juga menjadi korban takhayul. Itulah sebabnya, saat kelahiran Sarah, kata-kata awalnya (pada saat itu dia berteriak karena kesedihan) mengarahkan pikiran masyarakat kepada pemikiran takhayul. Mereka pertama-tama menganggapnya sebagai mukjizat yang kemudian berubah menjadi gagasan bahwa ada dybbuk (yaitu, roh jahat yang masuk ke dalam tubuh yang diyakini sebagai jiwa yang terpisah dari orang mati) yang masuk ke dalam tubuh Sarah.

Ketika gelap tiba dan Sarah terus berteriak, para wanita mulai bertengkar. Haruskah dia diberi susu anjing betina yang dicampur madu? ... Ini adalah pertanda buruk. Bidan berkata: “Aku takut tidak akan ada roti dari oven ini.” “Kita setidaknya harus mencoba menyelamatkan bayinya.” Para wanita berbicara dengan keras, percaya bahwa tidak perlu menjaga kata-kata mereka. “Apa yang akan janda lakukan dengan bayi yang baru lahir?” “Oh, dia akan menemukan seorang wanita untuk membantunya.” “Bayangkan, Tuhan sudah menetap

Jacob sebagai seorang Yahudi ortodoks yang memberikan lebih banyak perhatian pada keyakinan agamanya daripada hal lainnya. Selama hidupnya, Jacob berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti etika agamanya dengan tulus. Oleh karena itu, setelah pernikahan mereka, Jacob tidak ingin melihat perilaku sembarangan dari Wanda dalam mengikuti etika Yahudi. Ia ingin Wanda mengikuti semua keyakinan Yahudi dengan penuh keinginan dan berkali-kali membatasi Wanda dengan memberlakukan hukum Yahudi. Sebagai seorang Kristen lahir, Wanda tidak menyadari hukum-hukum Yahudi. Sebelumnya, Wanda menikmati kehidupan yang lebih liberal, oleh karena itu ia kesulitan mengikuti ritual Yahudi dengan sehalus Jacob. Namun, ia lebih fleksibel, terbuka, dan berfokus dengan sedikit ketakutan, oleh karena itu ia berusaha sebaik mungkin untuk bekerja sama dengan sentimen religius Jacob. Berbeda dengan Jacob, ia adalah budak dari perasaan batin dan cintanya, oleh karena itu ia dengan senang hati menerima semua perubahan, termasuk agamanya dan identitasnya sendiri. Ia sangat dinamis dan terbuka dalam mengadopsi agama Jacob, sedangkan yang terakhir selalu konservatif terhadap keyakinan agamanya sendiri dan masuk ke dalam kategori sentimen religius yang tidak matang.

Pada bagian ini, novel tersebut menggambarkan dinamika hubungan antara master dan budak, serta perbedaan keyakinan agama yang memengaruhi hubungan antara Jacob dan Wanda. Dengan mengambil sudut pandang yang mengkritisi kesalehan agama yang kaku dan menyoroti kompleksitas hubungan antara master dan budak, novel ini menggambarkan perjuangan keduanya dalam mengatasi perbedaan keyakinan dan norma sosial yang membatasi kebebasan Wanda sebagai seorang master. Selain itu, novel ini juga menunjukkan bagaimana perasaan cinta dapat melampaui batasan-batasan sosial dan agama, meskipun itu tidak selalu diterima oleh masyarakat sekitar.

Bagian ini menampilkan momen emosional yang penting dalam hubungan antara Jacob dan Wanda. Saat Jacob naik ke bukit pengamatannya, dia melihat Wanda mendekatinya sambil membawa dua ember dan keranjang makanan. Air mata mengalir di matanya karena ada seseorang yang mengingatnya dan peduli padanya. Dia berdoa agar badai menahan diri sampai Wanda mencapainya.

Potret ini menggambarkan kepedulian dan perhatian yang dalam antara Jacob dan Wanda. Meskipun mereka berada dalam hubungan master-budak yang rumit, momen ini menunjukkan bahwa ada ikatan emosional yang kuat antara keduanya. Jacob merasakan kehadiran dan perhatian Wanda dengan sangat mendalam, dan ini menjadi titik penting dalam pembangunan hubungan mereka yang penuh kasih sayang.

Perjuangan Jacob dan Wanda dalam melawan norma-norma sosial untuk cinta mereka. Jacob, sebagai seorang budak agama, kurang memiliki keberanian untuk melanggar hukum sosial, sehingga tanpa memberitahukan Wanda, ia kembali ke tempatnya sendiri. Namun, cinta Wanda dan perbudakan Jacob terhadap dorongan naluriah serta keyakinan bahwa tidak ada yang cocok bagi Jacob selain Wanda, membuatnya kembali. Setelah pernikahan mereka, Jacob mendapatkan posisi kontrol sebagai tuan. Seperti Wanda, Jacob sebagai tuan dan suami juga berusaha keras untuk memberikan kenyamanan bagi Wanda.

Ketika Jacob sendirian dengan Sarah di malam hari, dia menangis dan mengulangi apa yang dikatakan orang Yahudi. “Kamu tidak boleh mengulangi hal-hal seperti itu,” Jacob memarahinya. “Itu adalah fitnah. Itu dosa sebesar makan daging babi.” ... Jacob, membuka Pentateuk, menerjemahkan teksnya dan memberitahunya bagaimana setiap dosa telah diinterpretasikan oleh Gemara. Beberapa kali dia berjalan ke pintu untuk memastikan tidak ada yang mendengarkan atau melihat melalui lubang kunci.

Jacob sangat aktif dalam menjaga Wanda. Jacob juga sangat sadar bahwa saat identitas Sarah terungkap, mereka akan menghadapi kehancuran tertentu. Oleh karena itu, dia berusaha sebaik mungkin untuk mengambil setiap tindakan pencegahan. Meskipun dia terus berusaha melindungi Wanda dari orang-orang Yahudi, dia gagal. Itu adalah takdir atau keadaan yang memainkan peran penting dalam mengungkap identitas Jacob dan Sarah. Tidak peduli seberapa kuat, bijaksana, dan protektif seseorang, mereka hampir tidak memiliki peluang untuk melarikan diri dari serangan paksa keadaan.

Jacob juga menjadi budak keadaan dan ditinggalkan sebagai tuan yang tak berdaya yang gagal melindungi budak atau istrinya dari orang-orang komunitas Yahudi. Pada saat melahirkan, kondisi Sarah sangat kritis. Itu sebabnya, menganggap kematian Sarah pasti, para wanita tetangga membuat komentar pedas tentang pernikahan kedua Jacob yang membuat Sarah gelisah, memaksa dia untuk berbicara keras. Pada saat itu, untuk mengontrol situasi dan menyembunyikan segalanya, Jacob berkali-kali meminta Wanda untuk diam, sehingga dia mencoba menyatu dengan keyakinan takhayul penduduk desa bahwa roh lain telah masuk ke dalam Sarah. Tetapi kehadiran Pilitzky serta kesombongan Sarah membuatnya gagal. Dengan liciknya, Pilitzky mengungkap identitas Sarah, sehingga mereka ditolak oleh komunitas.

Kehidupan seorang budak selalu dikendalikan oleh tuannya di mana ia hampir tidak memiliki kebebasan untuk berpikir atau bertindak dengan benar. Budak selalu menjadi milik orang lain. Dalam kehidupan seorang budak, kebebasan ada dalam keberadaannya lebih sedikit. Seorang budak selalu dipaksa untuk berperilaku sesuai dengan tuannya, sehingga menjadi pelaku pasif dari hidupnya. Jacob, budak representatif agama, takhayul, dan masyarakat dalam novel The Slave juga bertindak secara pasif pada saat kelahiran Wanda. Konsep 'Learned Helplessness' menunjukkan bahwa jika seseorang terus-menerus dipaksa untuk menanggung rangsangan, dia menjadi reaktif pasif terhadap situasi tersebut. Demikian pula, kehidupan seorang budak terlalu menyedihkan dan pasif di mana mereka harus menanggung semua jenis trauma dan kekejaman tanpa mengucapkan satu kalimat pun. Dalam kondisi ini, mereka juga menjadi tidak peduli tentang kehidupan mereka sendiri dan hanya percaya pada adaptabilitas.

Kehidupan yang terperangkap dari Jacob berjalan dalam rute yang sama, di mana ia kehilangan segala harapan untuk melawan kembali terhadap kekuatan eksternal. Setelah pernikahan mereka, Jacob dan Wanda pergi ke Pilitz. Pada saat itu, menyembunyikan identitas Wanda, untuk melindunginya dari masyarakat Yahudi, dia diberi identitas baru sebagai Sarah tuli. Jacob sangat sadar bahwa ketika identitas Sarah terungkap bagaimana konsekuensi yang sangat keras bisa terjadi. Tetapi meskipun memiliki pengetahuan tentang semua faktor, perilakunya sangat pasif. Setelah bertemu istri Pilitzky, dia juga mendapat ide bahwa orang-orang mulai meragukan Sarah serta identitasnya. Meskipun dia takut, dia hampir tidak mengambil langkah apa pun untuk menghilangkan keraguan tersebut.

Pada saat itu, untuk menyelamatkan nyawa istri dan anak yang akan datang, Jacob bisa saja meninggalkan tempat itu atau mengambil tindakan pencegahan lain, tetapi dia bertindak sangat pasif yang akhirnya membuat Wanda kehilangan nyawanya. Semua kepasifan ini terdapat dalam karakter Jacob karena kehidupan masa lalunya sebagai budak di mana ia hanya mengalami kesulitan dan siksaan. Sebagai seorang budak, dia seharusnya mengikuti setiap perintah tanpa pertanyaan apa pun.

Karakter Jacob memiliki kesamaan dengan sisi "Stabil atau Tidak Stabil dan Global atau Spesifik" dari konsep keterbantuan yang dipelajari. Frasa stabil atau tidak stabil mengacu pada pertimbangan bahwa peristiwa disebabkan oleh faktor yang tidak berubah, sehingga seseorang tidak pernah mencoba untuk mengubahnya. Global atau spesifik mengacu pada keyakinan bahwa jika peristiwa disebabkan oleh sejumlah besar faktor, seseorang dapat melakukan sedikit untuk mengubah hal-hal tersebut. Jacob, budak agama, setelah mendengar tentang ancaman yang akan datang terhadap kehidupan Wanda dari Lady Pilitzky, menjadi lumpuh secara fisik. Pada saat itu, ketakutannya tentang pengungkapan identitas mereka yang sebenarnya dan akibatnya membuatnya lebih pasif, sehingga dia menjadi korban penyebab ketiga, yaitu Global dan Spesifik. Dia berpikir bahwa Wanda berada dalam bahaya, bukan karena satu faktor, tetapi beberapa faktor, yaitu masyarakat dan hukumnya, agama, musim dingin, serta kehamilannya. Semua faktor ini, yaitu masyarakat, agama, alam, dan lingkungan berada di luar kendali seseorang. Jacob kurang mampu menyelamatkannya dari semua faktor tersebut, oleh karena itu ia merasa seolah-olah ia terperangkap. Hanya Allah yang mengendalikan faktor-faktor seperti itu dan, menjadi boneka dari tangan-Nya, seseorang hanya harus bertindak sesuai dengan perintah-Nya. Oleh karena itu, sebagai budak atau korban dari penyebab internal atau eksternal, Jacob juga mencerminkan kepasifan dalam sifatnya.

Bagian ini menggambarkan bagaimana faktor-faktor tertentu membawa kepasifan pada karakter Jacob, terutama dalam konteks kelahiran yang rumit dari Wanda. Selama kelahiran, Wanda menghadapi banyak kesulitan. Para wanita tetangga juga khawatir tentangnya. Pada saat itu semua orang bingung tentang siapa yang akan diselamatkan, anak atau ibunya. Beberapa dari mereka juga membahas masa depan Jacob serta pernikahan keduanya. “'Kita setidaknya harus mencoba menyelamatkan bayinya.' Para wanita berbicara dengan keras, percaya bahwa tidak perlu menjaga kata-kata mereka. 'Apa yang akan dilakukan duda dengan bayi yang baru lahir?' 'Oh, dia akan menemukan wanita untuk membantu.'” (166) Pada saat itu Sarah mendengarkan semua percakapan para wanita tetangga. Dia berpura-pura tuli dan bisu, sehingga berusaha sekuat tenaga untuk tidak berteriak. Kelahiran yang rumit, serta diskusi dari wanita-wanita lain, membuat Sarah gagal mengontrol emosinya. Sakit fisik dan emosional Sarah membuatnya meledak, dengan berteriak.

Jacob, yang pergi ke rumah beadle untuk mengambil matzah Paskah lebih banyak karena potongan yang digunakan jatuh dari bibir Sarah dan bercampur dengan darah, tidak ada di tempat. Semua orang di ruangan mulai berteriak sekaligus dan ada keramaian yang terdengar di jalanan. Dari semua arah orang datang berlari ke rumah Jacob, di antaranya adalah wanita-wanita persiapan pemakaman yang mengira Sarah sudah meninggal dan siap untuk menempatkan jenazah di lantai dan menyalakan lilin. Segera saja ada kerumunan di ruangan sehingga tempat tidur tempat Sarah berbaring hampir rusak. Terkejut, dia mulai berteriak dalam bahasa Polandia aslinya: “Apa yang kalian inginkan dari saya? Keluar dari sini. Kalian berpura-pura baik, tapi kalian semua busuk. Kalian ingin mengubur saya dan menikahkan Jacob dengan salah satu dari kalian, tapi saya masih hidup. Saya masih hidup dan bayi saya juga. Kalian terlalu cepat bersukacita, tetangga. Jika Tuhan ingin saya mati, Dia tidak akan membuat saya melewati apa yang saya alami.” Suara Polandia Sarah bukan milik seorang Yahudi tetapi milik seorang non-Yahudi dan wanita-wanita itu pucat. “Itu adalah dybbuk yang berbicara.” “Ada dybbuk di dalam Sarah,” suara yang lain berkata ke luar malam (166).

Mendengarkan suara Sarah, masyarakat menganggapnya sebagai sebuah keajaiban. Tetapi kemudian, mereka menganggap bahwa sejenis dybbuk telah masuk ke dalam tubuh Sarah yang membuat mereka takut. Tetapi kebenaran tentang identitas Sarah terungkap oleh Pilitzky (penguasa Pilitz) yang membuktikan bahwa Sarah adalah seorang non-Yahudi. Melihat kekuatan situasi, Jacob hanya menyerahkan dirinya padanya. Jacob bahkan mencoba menenangkan Wanda, tetapi segalanya di luar kendalinya. Akibatnya, penyebab eksternal menguasainya dan membuatnya menjadi korban keterbantuan yang dipelajari.

Bagian ini menyoroti bagaimana struktur sosial memaksa warga negara untuk mengikuti aturan dan regulasi konvensional. Seperti yang disebutkan oleh Foucault, setiap saat individu dipantau oleh struktur kekuasaan. Dalam novel ini, Jacob, serta istrinya, dikontrol dan dipantau oleh konsep struktur kekuasaan ini. Masyarakat dapat menjadi siapa saja, tetapi mata elang dari struktur kekuasaan selalu ada. Jika seseorang mencoba untuk mendekonstruksi sistem dengan merusak "kandang ayam jantan," yaitu sistem yang menjebak individu (Adiga147), maka dia akan harus menghadapi hukuman yang kejam dan berulang kali dihadapi oleh karakter seperti Sarah/Wanda.

Bagian ini menggambarkan perbandingan antara kehidupan seorang budak dengan kehidupan seorang manusia biasa, serta bagaimana kedua entitas ini mengalami bentuk perbudakan yang berbeda. Kehidupan seorang budak dianggap menyedihkan, canggung, dan kekurangan martabat serta kebebasan berkehidupan. Di sisi lain, kehidupan manusia biasa memiliki ruang kebebasan yang lebih besar. Perbudakan seorang budak terlihat jelas, tetapi manusia biasa menderita perbudakan yang lebih tersirat. Di depan dunia luar, individu berpura-pura menjadi tuan, tetapi sebenarnya mereka lebih terjebak dalam perbudakan. Alasan intinya adalah perbudakan paksa seseorang terhadap faktor-faktor eksternal. Seorang budak hanya terikat pada tuannya. Dia harus bertindak sesuai perintah tuannya. Namun, manusia biasa terperbudak pada lingkungan dan sistem secara keseluruhan. Saat menjalani kehidupan sebagai budak, seseorang tidak sadar aturan dan regulasi struktur. Pada saat itu, budak hanya mendengarkan perintah tuannya. Namun, sebagai tuan, seseorang harus sangat sadar akan hukum sistem tersebut. Meskipun seorang tuan membimbing seorang budak, tanpa disadari dia juga di bawah bimbingan sistem di mana dia juga harus mengorbankan semua kehendak bebasnya dan bertindak sesuai aturan sosial.

Jacob menjadi tuan atas Wanda setelah pernikahan mereka. Selama itu, dia berusaha memberikan perlindungan dan tempat yang lebih baik bagi istrinya. Wanda adalah seorang non-Yahudi, karena itu mereka mencoba menyembunyikan identitas aslinya dari orang lain. Meskipun Jacob berada dalam posisi sebagai tuan dan lebih kuat dibandingkan Wanda, sebagai seorang budak sistem, setelah menghadapi para kepala komunitas serta perintah mereka, dia merasa tidak berdaya. Menurut para kepala komunitas, Wanda adalah seorang non-Yahudi dan tidak diterima oleh masyarakat; itulah sebabnya putra mereka juga tidak diterima. Jacob, melalui argumennya, mencoba meyakinkan para kepala komunitas bahwa Sarah telah melakukan setiap ritual, tetapi dia gagal. Sistem berjalan berdasarkan keyakinan stereotip. Ini memperbudak individu dengan menghancurkan kehendak bebasnya. Sistem tidak berubah bagi individu, individu harus berubah sesuai sistem dengan menyampingkan semua kehendak bebas mereka. Dengan demikian, baik Jacob maupun Wanda dibiarkan dalam situasi tanpa harapan dengan membuktikan bahwa kehendak bebas tidak mungkin bagi tuan maupun budak.

Bagian ini juga menyentuh tema peran takdir dan struktur kekuasaan dalam mengendalikan kehidupan individu. Sama seperti takdir, struktur kekuasaan juga dominan, yang melalui matanya yang tajam tidak memberikan ruang untuk membebaskan rakyat biasa. Meskipun pada permukaan tingkat kebebasan tetap utuh, pada kenyataannya kebebasan bertindak hampir tidak ada. Individu dikondisikan dan dimakanisme untuk bertindak sesuai dengan kegiatan yang ditetapkan. Dan dengan sukarela atau tidak sukarela mereka diperbudak untuk melakukannya. Dan jika seseorang berani melanggar aturan, dia akan menghadapi kebinasaan, seperti yang dialami Tess. "The Slave" juga menggambarkan perbudakan paksa Jacob dan Wanda yang berkembang dari kekuasaan serta pengetahuan yang meliputi segalanya. Pada saat itu, satu-satunya upaya mereka untuk bertindak sesuai kehendak bebas mereka, yaitu keputusan mereka untuk menikah, hanya membawa seumur hidup kesedihan bagi mereka karena kematian Wanda. Meskipun keputusan mereka untuk menikah adalah jenis kehendak bebas, mereka tidak pernah diizinkan memiliki kebebasan bertindak ini dengan mulus. Itulah sebabnya Wanda mengubah identitasnya menjadi Sarah. Keputusan kehendak bebas mereka mencapai kekeringan ketika takdir, tanpa meninggalkan ruang, membawa kehancuran yang tidak terkendali melalui struktur kekuasaan.

Bagian ini menggambarkan perbandingan yang menarik antara kehidupan seorang budak dan kehidupan manusia biasa dalam konteks perbudakan yang berbeda-beda. Kebebasan dan keterikatan individu terhadap struktur eksternal, baik secara eksplisit maupun implisit, sangat ditekankan di sini. Konsep kehendak bebas dan bagaimana hal itu terbatas atau bahkan tidak ada dalam kondisi tertentu juga menjadi tema penting dalam analisis ini. Selain itu, peran takdir dan struktur kekuasaan dalam mengontrol kehidupan individu dan membatasi ruang gerak mereka juga dijelaskan dengan baik dalam konteks cerita yang disajikan.

Dalam era saat ini, setiap individu yang beradab berada dalam perlombaan panjang untuk membuktikan diri mereka menjadi lebih baik. Tidak peduli seberapa kejam, kejam, dan tidak manusiawi seseorang, di depan orang lain, mereka hanya mencoba memproyeksikan diri mereka tanpa cacat. Manusia modern saat ini berada dalam perbudakan psikologis untuk mencerminkan realitas yang diproyeksikan. Penyebabnya bisa apa saja, bisa karena takut menjadi merosot atau orang-orang terlalu terbiasa sehingga mereka hanya memproyeksikan realitas yang superficial. Dengan demikian, kesadaran manusia saat ini terperbudak untuk memikirkan dan percaya pada realitas yang diproyeksikan yang berjalan dalam bawah sadar mereka. Mulai dari multimiliuner hingga manusia biasa, baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi mereka, semua berperilaku secara superficial dengan mengenakan persona. Dalam novel, 'Persona' juga tetap ada dalam penampilan Wanda. Wanda menampilkan penampilan persona di depan komunitas Pilitz. Dalam tindakan itu, dia mendapat dukungan dari suaminya Jacob. Menjadi seorang non-Yahudi, sangat sulit bagi Wanda untuk mendapatkan tempat yang aman di luar komunitasnya. Namun, dia mengatasi semua hambatan demi Jacob untuk mempresentasikan dirinya dengan persona. "Wanda, bukan Jacob, telah memikirkan untuk berpura-pura bisu, menyadari bahwa Yiddish akan membutuhkan waktu terlalu lama baginya untuk belajar; kata-kata sedikit yang dia tahu dia bicarakan seperti seorang non-Yahudi ... Dia bukan pembohong yang cekatan dan akan langsung terungkap." (115)

Jung mendefinisikan persona sebagai bagian bawah sadar bersama dengan pengalaman nenek moyang. Ini adalah jenis psyche kolektif yang terdapat dalam setiap individu. Individu secara tidak sadar suka hidup dalam realitas yang diproyeksikan. Realitas itu kasar, keras, dan pahit rasanya, itulah sebabnya seseorang memiliki kelemahan terhadap hal-hal yang diproyeksikan. Setelah mengungkapkan identitas asli Wanda dan Jacob, orang-orang dari komunitas Pilitz bereaksi keras karena kelemahan mereka terhadap menghadapi realitas yang sebenarnya. Pada saat itu, Jacob dan Wanda tidak hanya dikritik tetapi juga ditolak oleh komunitas Pilitz. Melihat karakter Wanda, jelas bahwa perbudakan bawah sadar individu terhadap realitas yang diproyeksikan memaksa dia tampil dengan persona tertentu. Orang-orang suka memiliki realitas yang diproyeksikan. Seseorang dapat dengan mudah mengembangkan kepercayaan terhadap realitas yang diproyeksikan. Tetapi individu sangat terparalisis secara psikologis terhadap kepercayaan dan sistem konvensional sehingga mereka hampir tidak dapat menyesuaikan diri dengan orang tanpa persona. Insiden serupa juga dialami oleh Sarah. Menjadi budak cinta Jacob serta sistem konvensional, Wanda menggunakan persona dan mempersembahkan dirinya sebagai Sarah. Tindakan ini membawa simpati, cinta, dan kebahagiaan kehidupan keluarga baginya dengan kepercayaan dan perawatan dari komunitas Pilitz. Tetapi saat identitas aslinya terungkap, orang-orang yang sama meninggalkannya untuk mati sendirian dengan kritikan yang keras. Sekali lagi, karakter Wanda, secara metaforis, dapat dianggap sebagai psyche kolektif atau bagian bawah sadar bersama. Wanda muncul dengan persona sambil menjadi budak sistem dan cinta Jacob. Karakteristik ini dari Wanda dibagikan oleh sebagian besar perempuan dalam masyarakat. Perempuan sebagian besar adalah budak sistem dan emosi. Dan perbudakan ini pada perempuan berlangsung dalam darah mereka selama berabad-abad. Mereka juga mengalami kebebasan yang lebih sedikit dan lebih banyak kesulitan seperti yang dialami Wanda. Keserakahan mereka terhadap kebahagiaan membawa mereka untuk tampil dengan persona. "Keesokan harinya Sarah masih terbaring tak berdaya. Para wanita menolak untuk mengunjunginya karena menurut hukum Polandia dia juga telah melakukan kejahatan besar. Hanya satu wanita tua yang datang beberapa kali untuk menanyakan keadaannya dan meninggalkan beberapa ayam yang Sarah tidak bisa menelannya." (176) Seseorang perlu berfungsi sesuai dengan aturan tertentu dari masyarakat tertentu. Menjadi budak dari sistem yang sama, kadang-kadang seseorang dapat mencoba mengenakan persona dengan menciptakan realitas yang superficial. Namun, menyembunyikan realitas yang sebenarnya untuk waktu yang lama adalah pekerjaan yang sulit. Sarah dan Jacob mencoba menggunakan persona untuk menghindari realitas Wanda tetapi kemudian terungkap oleh Pilitzky (tuannya Pilitz).

Patriarki mengacu pada sistem sosial dan ideologis di mana perempuan dianggap tidak sebanding dengan laki-laki. Patriarki mengindikasikan bahwa kendali tertinggi suatu keluarga harus ada di tangan ayah atau seorang laki-laki. Ini menunjukkan hubungan kekuasaan yang tidak seimbang antara laki-laki dan perempuan. Dalam masyarakat patriarki, laki-laki mendominasi, mengeksploitasi, dan menindas perempuan. Menganggap diri mereka sebagai demigod, laki-laki selalu menekan perempuan atas nama reproduksi dan seksualitas. Jacob, sebagai perwakilan Yudaisme serta masyarakat patriarki, memegang mahkota sebagai tuan ganda Wanda, dengan demikian, dia juga memiliki tanggung jawab ganda untuk melindunginya dari kepercayaan agama yang profan dengan reaksi sosial yang menakutkan, yang pada akhirnya gagal dia lakukan. Jacob sangat saleh dan setia pada agamanya. Demikian juga, dia berusaha keras dan sadar saat mengembangkan hubungan tuan dan budak yang sehat. Meskipun memiliki semua kualitas ini, Jacob gagal menahan diri dari menjadi budak keinginan kekuasaan atau dominasi. Seperti laki-laki lainnya, setelah menikah

Dalam masyarakat patriarki, laki-laki dianggap sebagai pengendali keluarga. Perempuan dari keluarga-keluarga tersebut dianggap harus bertindak atau berperilaku sesuai dengan perintahnya. Karena, secara alami, individu cenderung orientasi pada kegunaan, maka pengendali, yaitu laki-laki dari keluarga-keluarga tersebut, mencoba menggunakan perempuan hanya untuk keuntungan mereka sendiri. Bahkan dalam kasus pernikahan atau cinta, mereka memilih lawan jenis dengan cara mengukurnya terhadap pesaing lainnya. Mereka membuat tabel perbandingan kualitasnya dengan wanita lain. Jacob, yang juga merupakan perwakilan dari masyarakat patriarki, memiliki kualitas yang sama dalam Pertukaran Sosial. Dia juga rasional dan sadar akan biaya dan manfaat. Jadi, meskipun mendapatkan beberapa panggilan dari wanita-wanita desa lainnya, dia memilih Wanda sebagai pasangan hidupnya yang dianggap sebagai wanita desa tersebut.

Wanda berusia dua puluh lima tahun dan lebih tinggi dari kebanyakan wanita lainnya. Dia memiliki rambut pirang, mata biru, kulit putih, dan fitur yang baik... Saat dia tersenyum, pipinya berlekuk dan giginya begitu kuat sehingga bisa menghancurkan biji-bijian yang paling keras. Hidungnya lurus dan dia memiliki dagu yang sempit. Dia adalah penjahit yang terampil dan bisa merajut, memasak, dan bercerita yang membuat bulu kuduk orang berdiri. Di desa, dia memiliki julukan 'wanita' (8). Tidak hanya Jacob tetapi juga Wanda sadar ketika memilih pasangan untuk diri mereka sendiri. Jacob, budak di rumah Wanda, dianggap sebagai pribadi yang tampan yang juga memiliki pengetahuan luar biasa tentang agama. Itulah sebabnya, menolak proposal dari penduduk desa lainnya, Wanda memilihnya. Jacob lebih berpengetahuan dibandingkan Wanda, oleh karena itu setelah dibebaskan oleh orang-orang komunitasnya dia mencoba untuk menetap dengan menikahi seorang Yahudi. Tetapi setelah bertemu dengan wanita tersebut dia yakin bahwa tempat Wanda tidak dapat digantikan oleh siapa pun. Wanda lebih agung dan jujur, oleh karena itu, meskipun menjadi budak agama, Jacob meninggalkan ide untuk menikah di dalam komunitas dan kembali kepada Wanda yang lebih baik daripada wanita lainnya. Sebagai perwakilan dari patriarki, Jacob menemukan bahwa Wanda jauh lebih cocok untuknya daripada wanita tersebut karena dia lebih berbakti dan tunduk, sedangkan Wanda lebih memilih Jacob karena pesonanya dan pengetahuannya yang kurang dimiliki oleh laki-laki desa lainnya. Dengan demikian, baik Jacob maupun Wanda mencerminkan perbudakan psikologis mereka untuk menjadi lebih baik atau mendapatkan manfaat.

Dia menyukainya, yang dilihat Jacob, dan siap untuk duduk dan menulis perjanjian awal. Tetapi dia ragu. Wanita ini terlalu tua dan manis, terlalu licik... Orang seperti ini membutuhkan suami yang terbungkus, tubuh dan jiwa, dalam uang... Saya telah berhenti menjadi bagian dari dunia ini, kata Jacob pada dirinya sendiri, pertandingan itu tidak akan baik untuk kita berdua. Saya bukan pengusaha secara alamiah... (85).

Spivak menggunakan konsep 'Lain' dalam esainya "Can the Subaltern Speak?" ketika memperkenalkan dominasi Barat atas Timur. Di sini, dia menyebut Timur sebagai Lain di mata Barat. Saat melakukan aktivitas apa pun, fokus seseorang harus pada Barat. Konsep Othering tidak hanya berlaku di Barat dan negara-negara dunia ketiga, tetapi juga dapat dibandingkan dengan setiap komunitas secara mikrokosmis di mana para penguasa komunitas menganggap diri mereka sebagai Saya, dan yang lainnya sebagai Lain. Mereka juga menyebut orang-orang dari komunitas yang berbeda sebagai Lain, menolak untuk menganggap mereka sebagai bagian dari komunitas mereka. Perlakuan serupa dari Othering diberikan oleh para penguasa komunitas Pilitz kepada Wanda, Lain. Wanda berasal dari agama Lain yaitu Kristen, yang menurut Yahudi adalah Lain. Orang Kristen bukanlah 'kita' bagi Yahudi dan sebaliknya. Jacob tidak dapat menerima Wanda sebagai kekasihnya atau istri masa depan karena konsep Other ini. Bagi Jacob, karena Wanda adalah seorang non-Yahudi, oleh karena itu dia harus diperlakukan sebagai Lain. Demikian juga, para penduduk desa Josefov menganggap Jacob sebagai Lain karena menjadi seorang Yahudi, dan juga masyarakat Pilitz menolak baik Wanda maupun anaknya.

Menurut hukum, anak lahir ke dalam keyakinan ibunya. Sudah jelas bahwa Sarah adalah seorang non-Yahudi bahkan nama tersebut menegaskan bahwa dia adalah seorang penganut agama lain. Tetapi pengadilan rabbinik mana yang akan menegakkan konversi seorang non-Yahudi ketika hukuman bagi tindakan tersebut adalah kematian?... Keesokan harinya Sarah masih terbaring tak berdaya. Para wanita menolak untuk mengunjunginya karena menurut hukum Polandia dia juga telah melakukan kejahatan besar (175-76).

Simone de Beauvoir dalam bukunya The Second Sex juga menggunakan konsep Lain untuk memproyeksikan dominasi laki-laki atas perempuan. Dalam masyarakat patriarki, seorang perempuan dianggap sebagai Lain. Untuk menunjukkan kekuasaan mereka atas perempuan, laki-laki menyebut perempuan sebagai Lain, sebagai yang kurang kuat, kurang intelektual, dan lemah dibandingkan dengan mereka. Menunjukkan perbudakan komoditas perempuan de Beauvoir mengatakan bahwa:

Dia senang dengan tampilan 'batin'nya, bahkan penampilannya sendiri, yang suami dan anak-anaknya tidak perhatikan karena mereka sudah terbiasa dengan mereka. Tugas sosialnya, yang adalah 'untuk tampil baik'... perempuan, sebaliknya, bahkan diharuskan oleh masyarakat untuk menjadikan dirinya sebagai objek erotis. Tujuan dari mode yang ia perbudakan bukan untuk menampilkan dia sebagai individu independen, tetapi lebih sebagai mangsa keinginan laki-laki (de Beauvoir 542–43).

Dalam novel 'The Slave' karya Isaac Bashevis Singer, hubungan antara Wanda dan Jacob mencerminkan dinamika yang kompleks antara harapan sosial dan keinginan pribadi. Wanda, seorang wanita desa, menghadapi mentalitas yang mengkomodifikasi tidak hanya dari penduduk desa tetapi juga dari Jacob sendiri. Jacob, seorang penganut agama yang terpelajar, menjadi budak keadaan yang menghabiskan hari-harinya sebagai budak di desa Wanda. Meskipun menghabiskan hari-harinya sebagai budak, Jacob tidak pernah melepaskan psikologi laki-laki, itulah sebabnya dia menjadi sangat spesifik dalam memilih pasangan hidupnya. Dia memilih Wanda sebagai istrinya karena dia tunduk, lembut, dan cantik dibandingkan wanita lain. Setelah menerima Wanda sebagai kekasih dan istrinya, Jacob lebih memperhatikan kesalahan Wanda dalam mengikuti ritual Yahudi. Berulang kali ia mengingatkan Wanda tentang ritual Yahudi dan memintanya untuk mengikutinya dengan baik.

Pergi ke desa tempat dia menjadi budak selama lima tahun, Jacob memikul beban yang semakin berat seiring berjalannya waktu. Tahun-tahun perbudakan yang dipaksakan padanya digantikan oleh perbudakan yang akan berlangsung selama dia hidup. "Neraka adalah untuk manusia bukan untuk anjing," pernah dia dengar seorang pembawa air mengatakan. Namun dia telah menyelamatkan sebuah jiwa dari penyembahan berhala, meskipun dia tersandung dalam pelanggaran. Di malam hari ketika Sarah dan dia berbaring di tempat tidur mereka yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sudut kanan (kamar tidak cukup panjang untuk memiliki satu di ujung yang lain), pasangan itu berbisik-bisik satu sama lain selama berjam-jam tanpa merasa lelah. Jacob memberi tahu Sarah tentang kehidupan moral, memperkaya teksnya dengan perumpamaan kecil. Dia berbicara tentang betapa sangat ia mencintainya. Mereka sering mengingat musim panas saat Jacob tinggal di lumbung dan Sarah membawakan makanan untuknya.

Masyarakat dominatif tidak pernah membiarkan seorang wanita bernapas dengan bebas dengan identitasnya sendiri. Individualitas seorang wanita dihancurkan oleh pria-pria kejam yang membanggakan diri sebagai tuan yang melindungi. Cecile Sauvage menyebutkan bahwa "Wanita harus melupakan kepribadiannya saat dia sedang jatuh cinta. Itu adalah hukum alam. Seorang wanita tidak ada tanpa seorang tuan. Tanpa seorang tuan, dia adalah buket yang tersebar" (de Beauvoir 653). Dalam masyarakat patriarki, perempuan diperlakukan sebagai 'Other' dengan memberikan mereka sedikit kebebasan ruang. Dalam mimpi kiasan pria, wanita selalu diobjektifikasi dengan imajinasi yang mengkomodifikasi. Pria bermimpi memiliki wanita sebagai budak mereka, ratu mereka, bunga mereka, teman mereka, pelayan mereka sehingga mereka dapat menindas dan mendominasi kaum wanita. Menurut patriarki, wanita ditakdirkan untuk diperlakukan sebagai 'Other'. Setiap saat, wanita mencari identitas asosiatif 'kita' atau 'kami' dengan pria tetapi hanya mendapatkan perasaan 'Other': "Tujuan tertinggi cinta manusia, seperti cinta mistis, adalah identifikasi dengan yang dicintai... Wanita yang sedang jatuh cinta mencoba melihat dengan matanya; dia membaca buku yang dia baca, lebih suka gambar dan musik yang dia suka... Kebahagiaan tertinggi wanita yang sedang jatuh cinta adalah diakui oleh pria yang dicintainya sebagai bagian dari dirinya sendiri..." (de Beauvoir 663)

Jacob memproyeksikan dirinya sebagai tuan yang rendah hati yang tidak menunjukkan keangkuhan kepada Wanda. Sebagai budak patriarki, dia mencoba menguasai Wanda dengan dominasi. Nafsunya terhadap Wanda juga mencerminkan psikologi laki-laki yang tipikal utilitarian. Seperti pria lainnya, Jacob juga ingin memiliki Wanda karena kecantikannya. Jacob sendiri mengakui bahwa cintanya pada Wanda berkembang dengan nafsu. Menjadi budak dari sistem, Jacob mengalami siksaan brutal. Dan perbudakan Jacob ini membantunya dalam mengasosiasikan dirinya dengan situasi Wanda. Sekali lagi, cinta, perhatian, dan pengorbanan Wanda melarangnya untuk terlalu keras terhadapnya. Jacob dan Wanda ditindas oleh sistem, agama, dan masyarakat yang memandang mereka sebagai 'Other'. Perlakuan eksternal tersebut membantu mereka mengembangkan rantai korelasi yang menghubungkan. Ini juga memberi mereka kekuatan bersatu untuk melawan dan dengan demikian menghancurkan semua batasan.

Peran dan dampak dari tuan-tuan yang berkuasa memiliki keberadaan yang tidak dapat disangkal dalam kehidupan kita. Dari zaman kuno hingga era saat ini, waktu telah berubah tetapi struktur masyarakat tetap sama. Tuan-tuan kaya dan berkuasa tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mengeksploitasi orang biasa. Karl Marx, saat memprotes hak-hak proletariat, juga berbicara tentang eksploitasi borjuis. Keserakahan akan kekuasaan adalah satu-satunya cara yang mengarahkan individu untuk mengeksploitasi orang biasa, dan kekayaan mereka mendukung mereka dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Pada era ini, dominasi berada di tangan kapitalis serta pemimpin politik. Dengan mewakili diri mereka sebagai pemelihara publik, mereka sebenarnya mengeksploitasi massa dan menundukkan mereka untuk bertindak sesuai dengan keinginan mereka. Eksploitasi dominatif serupa dilakukan oleh Pilitzky (tuan dari Pilitz) dalam novel. Jenis perbudakan lainnya diberikan oleh para Kozak. Pada bab kedua novel, Zeinvel Bear (yang datang sebagai tamu ke rumah Jacob) mengungkapkan rasa sakit seorang wanita dan bagaimana dia disiksa, diperbudak, dan dipaksa untuk bertindak sesuai dengan sistem. Para Kozak telah menangkap wanita tersebut dan mencoba untuk mengeksploitasi dia. Anggota keluarganya juga disiksa dengan kejam oleh para Kozak.

Ketika kota memberimu roti, segera kamu berharap mati.' Dia duduk dan belajar dan saya mengurus toko barang kering kami. Saat pasar dibuka, saya pergi ke sana dengan stok kami, dan Tuhan tidak meninggalkan saya. Kesedihan saya hanya karena saya tidak memiliki anak. Sepuluh tahun setelah pernikahan kami, ibu mertuaku (semoga itu tidak dianggap terhadapnya) mengatakan bahwa suamiku harus menceraikan saya karena saya mandul. Kami menikah muda. Saya berumur sebelas tahun dan dia dua belas tahun. Dia disunat di rumah ayah saya. Ibu mertuaku memiliki hukum di pihaknya, tetapi suamiku menjawab, 'Trine adalah milikku.' Dia suka berbicara berima. Dia akan menjadi jester pernikahan yang baik. Yah, para pembunuh datang. Kami semua lari untuk bersembunyi, tetapi dia mengenakan selendang doanya dan berjalan keluar untuk menemui mereka. Mereka membuatnya menggali kubur sendiri. Saat dia menggali, dia berdoa. Saya duduk di ruang bawah tanah selama beberapa hari dan saya tidak memiliki kekuatan untuk bangkit. Saya pingsan karena lapar. Orang lain pergi keluar pada malam hari untuk mencari makanan. Saya sudah di dunia lain dan saya melihat ibu saya. Ada musik dan saya tidak berjalan tetapi melayang seperti burung. Ibu saya terbang di samping saya. Kami sampai di dua gunung dengan jalan di antara. Jalan tersebut merah seperti matahari terbenam dan berbau rempah-rempah Surga. Ibuku meluncur melewati, tetapi saat saya mencoba untuk mengikutinya seseorang mendorong saya kembali.” “Malaikat?” tukang sepatu bertanya. “Saya tidak tahu.” “Apa yang terjadi kemudian? “ “Saya menangis, 'Ibu, mengapa kamu meninggalkan saya?' Saya tidak bisa mendengar jawabannya. Itu hanya sebuah gema samar di telinga saya. Saya membuka mata saya dan seseorang menyeret saya. Malam telah tiba (150). Bahkan saudara perempuan Jacob juga dieksploitasi oleh para Kozak. Saat Jacob menghabiskan hidupnya sebagai budak di desa Wanda pada saat itu, menunjukkan kekejaman mereka, para Kozak mengganggu keluarga dan masyarakat. Eksploitasi ini oleh para Kozak mengarahkan orang-orang biasa, termasuk saudara perempuan Jacob, menuju kehancuran mental. Itu adalah kekejaman para Kozak yang memaksa Jacob untuk menjalani hidup sebagai budak di luar masyarakat dan agamanya.

Keyakinan, ketergantungan, dan budaya adalah fitur utama masyarakat dalam kelompok mana pun yang memberlakukan hukum, kadang - kadang untuk mengendalikan, tetapi juga untuk menciptakan keseragaman di antara masyarakat. Untuk mengembangkan hubungan interpersonal yang lancar dan memiliki lingkungan sosial yang sehat, individu seharusnya bekerja sesuai dengan norma yang ditetapkan. Dari manusia normal menjadi budak, serta tuannya, setiap orang bekerja sesuai dengan norma - norma yang ditetapkan masyarakat dan sistem. Selain itu, kepercayaan yang berlebihan sering mengubah orang tersebut menjadi budak takhayul yang mengabaikan moto dasar di balik hukum. Namun demikian, menjadi bagian dari suatu sistem, semua orang berada dalam pandangan panoptik. Mata panopticon yang tajam mengikuti individu dari waktu ke waktu. Dan jika ada individu yang mencoba mendekonstruksi skenario konvensional yang dia hadapi kehancuran seperti yang diderita Wanda dalam novel. Selanjutnya, sambil melihat semua faktor, seseorang dapat hanya mencapai kesimpulan bahwa tidak peduli berapa banyak yang diklaim, pada kenyataannya, kita dilahirkan sebagai budak, sehingga perbudakan kita berjalan dalam jiwa kita ke dalam lingkaran yang disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal. Oleh karena itu, terkadang kita menjadi budak yang dipaksakan dan terkadang kita menjadi budak secara sadar seperti yang dilakukan Yakub dan Wanda. Dengan demikian, Isaac Bashevis Singer dalam buku The Slave telah memproyeksikan dengan indah kehidupan seorang budak melalui karakter Yakub bersama dengan peran masyarakat dan penderitaan pengalaman perbudakan oleh kedua binari, yaitu Yakub dan Wanda. Individu dapat mencoba untuk mengganggu pembatasan tradisional dan mencoba untuk tidak menjadi budak ortodoks. Dekonstruksi sistem hanya membawa ketidaknyamanan dan kesengsaraan seperti yang dialami Wanda dan Jacob.

B. Kesimpulan

Tulisan ini membahas Chapter 5 dari novel "The Slave" karya Isaac Bashevis Singer dengan fokus pada tema-tema Conviction, Culture, dan Enslavement. Penulis, Smita Devi dan Tawhida Akhter, menggambarkan bagaimana karakter utama Jacob menghadapi konflik antara keyakinan agamanya, budaya yang mempengaruhinya, dan situasi perbudakan yang dia alami.

Jacob adalah seorang Yahudi taat beragama yang kuat keyakinannya. Meskipun terjebak dalam situasi perbudakan dan dihadapkan pada tantangan yang besar, Jacob tetap mempertahankan prinsip-prinsip agamanya. Dia terus menjalankan ritual keagamaannya, seperti berdoa dan mematuhi aturan-aturan agama Yahudi, yang menjadi landasan moral dan spiritualnya di tengah-tengah penderitaan.

Jacob hidup di lingkungan yang dipengaruhi oleh budaya Polandia pada abad ke-17. Budaya ini memiliki norma-norma sosial dan nilai-nilai yang berbeda dengan keyakinan agama Yahudi yang dianutnya. Jacob harus berhadapan dengan konflik antara budaya tempatnya tinggal dan prinsip-prinsip agama yang dipegang teguhnya, terutama dalam hal moralitas, hubungan sosial, dan pemahaman akan kebebasan.

Salah satu konflik utama yang dihadapi Jacob adalah situasi perbudakan yang dia alami. Dia dipaksa untuk menjadi budak oleh seorang bangsawan Polandia yang kaya, dan hal ini mempengaruhi kehidupannya secara drastis. Jacob harus menghadapi ketidakadilan, penindasan, dan penderitaan fisik dan emosional sebagai seorang budak, sementara tetap berusaha mempertahankan martabat dan integritasnya sebagai manusia.

Melalui perjalanan karakter Jacob dalam novel ini, Isaac Bashevis Singer menggambarkan dengan jelas kompleksitas konflik yang dihadapi oleh individu yang terjebak dalam situasi yang penuh dengan pertentangan antara keyakinan agama, pengaruh budaya, dan kondisi perbudakan yang menghambat kebebasan dan martabat manusia.

Dalam chapter ini, Jacob menunjukkan keyakinan agamanya yang kuat meskipun terjebak dalam perbudakan. Dia terus mempertahankan identitasnya sebagai seorang Yahudi taat beragama, walaupun menghadapi tekanan dan pengaruh budaya yang berbeda di lingkungan perbudakan tersebut. Sementara itu, penulis juga membahas bagaimana budaya dan lingkungan sosial memainkan peran dalam membentuk karakter dan perilaku Jacob serta orang-orang di sekitarnya. Hal ini tercermin dalam dinamika hubungan antara Jacob dan tokoh lain dalam novel, termasuk tokoh wanita yang mungkin mewakili budaya yang berbeda. Pada intinya, chapter ini menggambarkan kompleksitas perjalanan karakter Jacob dalam menghadapi konflik internal dan eksternal yang berkaitan dengan keyakinan agama, pengaruh budaya, dan situasi perbudakan yang mempengaruhi kehidupannya.

 

C. Tanggapan Kritis

1. Pujian-Kelebihan

Artikel ini memberikan analisis yang mendalam tentang tema-tema utama yang muncul dalam bab 5 dari novel tersebut, yaitu konviction (keyakinan), culture (budaya), dan enslavement (perbudakan). Pembahasan yang rinci memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas karakter dan konflik yang dihadapi dalam cerita.

Artikel ini menggambarkan bagaimana konflik budaya dan keyakinan agama dapat memengaruhi dinamika hubungan antara karakter utama, yang merupakan aspek penting dalam novel "The Slave". Ini membantu pembaca untuk lebih memahami latar belakang dan motif perilaku karakter.

Artikel ini menyoroti hubungan kompleks antara Jacob dan Wanda, menggali dinamika kekuasaan dan perasaan perbudakan yang terkait dengan hubungan mereka. Ini membuka diskusi yang menarik tentang bagaimana struktur kekuasaan dapat memengaruhi dan membentuk hubungan interpersonal.

Kehadiran dua penulis, Smita Devi dan Tawhida Akhter, mungkin memberikan perspektif yang lebih luas dan beragam terhadap tema-tema yang dibahas dalam artikel ini. Ini dapat membantu memperkaya analisis dan memberikan sudut pandang yang lebih komprehensif.

Dengan demikian, artikel ini menawarkan kontribusi penting terhadap pemahaman kita tentang novel "The Slave" dan mengajak pembaca untuk mempertimbangkan aspek budaya, agama, dan perbudakan dalam konteks yang lebih luas.

2. Kritik-Kekurangan

            Artikel ini mungkin kurang dalam hal memberikan data konkret atau kutipan langsung dari teks novel "The Slave" untuk mendukung analisisnya. Hal ini dapat mengurangi kekuatan argumennya dan membatasi kemampuan pembaca untuk membentuk pemahaman yang lebih kuat.

Meskipun memiliki dua penulis, Smita Devi dan Tawhida Akhter, artikel ini mungkin kurang dalam hal menyajikan perspektif yang seimbang dari kedua penulis. Hal ini dapat mempengaruhi keberagaman analisis dan sudut pandang yang dihadirkan dalam artikel.

Daftar Pustaka

Akhter, Tawhida. 2022. Culture and Literature (Chapter 5). Newcastle Upon Tyne, Inggris. Cambridge Scholars Publishing.