REVIEW BUKU CULTURE AND LITERATURE KARYA TAWHIDA AKHTER CHAPTER 6 AFRICAN LITERATURE AND CULTURE WITH SPECIAL REFERENCE TO DORIS LESSINGS WORKS TAWHIDA AKHTER1 MOHAMED RAFIQ

08 May 2024 18:26:06 Dibaca : 307 Kategori : REVIEW

A. Ringkasan

            Sastra fiksi sebagai jenis sastra yang paling berorientasi sosial karena ia menggambarkan masyarakat melalui kekacauan dan goncangan sejak awalnya dan telah mencapai tujuannya dalam membangkitkan kesadaran masyarakat. Novel-novel telah menggambarkan nilai-nilai sosial dan perasaan manusia serta telah menyajikan masyarakat sesuai dengan cara individu-individunya menciptakannya. Penulis novel yang baik adalah yang mencatat peristiwa-peristiwa ini dalam karya sastra yang merupakan senjatanya.

Fiksi Doris Lessing bersifat autobiografi, berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadinya dalam hidupnya, mengambil dari kenangan-kenangan pahit masa kecilnya dan partisipasinya aktif dalam isu-isu sosial dan politik pada masanya. Ia menyoroti konflik antara budaya, ketimpangan rasial, dan perjuangan individu untuk bertahan hidup. Ia selalu mengatakan kebenaran-kebenaran yang tidak enak didengar dan berfungsi sebagai moralis untuk menulis tentang Afrika. Ia termasuk dalam penulis-penulis utama abad kedua puluh. Ia adalah penulis yang produktif; semua novelnya sangat teknis. Sebagian besar novelnya saling terhubung dengan tema tunggal, seperti alienasi, politik, penindasan, wanita, komunisme, dan fragmentasi individu. Tema-temanya terutama berkaitan dengan psikologi karakter, hubungan antara pria dan wanita, seksualitas mereka, pekerjaan, dan politik. Novel-novelnya adalah upaya untuk melanggar norma-norma sosial. Ia telah menggambarkan kekejaman dunia nyata melalui karya-karyanya yang fiktif. Ia telah membicarakan isu-isu yang penting bagi orang-orang di sekitarnya.

Tawhida Akhter, dalam makalah "Nation and Nationality: Africa in the Fiction of Doris Lessing," membahas bagaimana Lessing menggambarkan realitas masyarakatnya melalui fiksi-fiksinya. Ia menyatakan, "Tulisan-tulisan Doris Lessing sebagian besar berdasarkan hidupnya di Afrika. Tema-temanya menghantui dan mendominasi tulisannya. Tema penindasan, rasisme, kehidupan dalam pengasingan, dan efeknya terhadap karakter-karakter dalam karyanya menonjol dalam tulisannya" (Akhter, 6360). Lessing memecah keheningan tentang isu-isu wanita, bersuara untuk orang-orang kulit hitam, dan menulis tentang masyarakatnya yang penuh dengan gambaran kekejaman.

Lessing termasuk dalam penulis terbesar periode kontemporer yang telah menulis tentang isu-isu politik, sosial, spiritual, dan psikologis kehidupan saat ini, terutama fokus pada topik-topik seperti mistisisme, rasisme, dan feminisme. Ia telah mengamati penderitaan orang-orang sejak masa kecilnya yang telah menjadi korban perjuangan kelas dan sebagai penulis ia telah menyoroti isu-isu ini dalam karyanya. Para kritikus telah menyimpulkan dari tulisannya bahwa pengamatan-pengamatannya diambil dari pengalaman nyata yang ia amati sendiri.

Doris Lessing memulai karir sastranya pada tahun 1950-an dan menulis tentang tema-tema seperti alienasi, rasisme, diskriminasi kelas, dan bias gender, yang dihadapi sebagian besar protagonisnya. Sebagian besar fiksi Doris Lessing berfokus pada isu-isu politik pada masanya. Karyanya, seperti kumpulan cerpen African Stories dan novel-novel The Grass is Singing, The Golden Notebook, dan seri Children of Violence adalah contoh dengan perspektif komunis. Dalam karya-karya fiksi ini, Lessing menggunakan realitas dari masa hidupnya yang ia alami. Fiksi-fiksinya, yang diterbitkan puluhan tahun yang lalu, masih segar hingga hari ini seperti saat buku-buku itu pertama kali diterbitkan. Semua fiksinya mengekspresikan kekhawatirannya utama untuk masyarakat komunis yang seharusnya menyediakan kesetaraan, persaudaraan, dan keadilan bagi semua anggotanya. The Golden Notebook adalah novel yang rumit tentang seorang penulis bernama Anna. Novel ini memiliki beberapa unsur autobiografi di dalamnya. Anna hidup di dunia yang membingungkan dari politisi, kekasih, dan keinginannya untuk menjadi wanita yang bebas. Protagonis ini memiliki empat buku catatan untuk mencatat peristiwa-peristiwa dalam hidupnya. Dalam The Golden Notebook, Anna mengatakan: "Poinnya adalah ... bahwa sejauh yang saya lihat, segalanya retak" (Lessing, 25). Buku catatan ini memiliki empat warna yang berbeda dan keterlibatannya membuat buku itu kompleks dalam strukturnya. Buku catatan biru mencatat peristiwa-peristiwa sehari-hari dalam hidupnya, buku catatan hitam mencatat kehidupannya di Afrika dan kehidupannya sebagai penulis, buku catatan merah mencatat kehidupan politiknya dan politik pada masanya, dan buku catatan kuning mencatat ide-ide dan draf-draf untuk ceritanya yang ia gunakan sebagai penulis.

Lessing mengamati struktur politik dan sosial yang tidak memadai yang mengarah pada penindasan perempuan dan terutama orang-orang kulit hitam. Penindasan ini menyebabkan kehancuran banyak orang di sana. Alienas, fragmentasi, dan kekerasan ini terjadi karena hubungan antara individu-individu dan sistem sosial mereka. Tema ini kental dalam karya The Grass is Singing, di mana tokoh utama menjadi korban perjuangan kelas. Lessing selalu membicarakan perjuangan kelas antara orang kulit hitam dan orang kulit putih. Tawhida Akhter, dalam makalahnya "Language as A Means to Break the Gender Inequality in Doris Lessing's African Works," membahas peran yang dimainkan oleh Doris Lessing sebagai, "Doris Lessing adalah salah satu figur paling penting dalam Sastra Inggris Kontemporer. Ia termasuk dalam penulis realisik pada zamannya" (Akhter, 39). Sigmund Krancberg dalam artikelnya, "Karl Marx and Democracy," menunjukkan perjuangan kelas ini sebagai berikut:

Dalam novel The Grass is Singing, Mary Turner, menunjukkan perjuangan antara dirinya sendiri dan kekuatan sosial yang membentuk individualitasnya. Mary juga bersikap kapitalis dengan pelayan-pelayannya, membuktikan supremasinya atas orang kulit hitam. Pembunuhan Mary oleh tangan Moses mencerminkan kurangnya cinta dan kepercayaan antara orang kulit putih dan orang kulit hitam. Populasi kulit putih menghancurkan kebahagiaan dan kehidupan orang kulit hitam. Tulisan Doris Lessing memiliki berbagai aspek, termasuk horor fisik, sosial, dan mental, terutama apartheid di Afrika. Lessing, melalui tulisannya, menyajikan realitas masyarakat melalui imajinasi dan menjadikannya senjata untuk mengungkapkan wajah buruk masyarakat. Tulisan-tulisannya adalah contoh nyata dari sastra realistis. Doris Lessing, dalam percakapannya dengan Florence Howe, menyatakan bahwa: "Ia menulis dari sudut pandang perempuan tetapi pada dasarnya ia menulis tentang hak individu" (Howe 34). Karakter-karakter dalam novelnya terpengaruh secara psikologis karena sistem sosial dan politik pada zamannya. The Golden Notebook mengandung tema anti-perang dan anti-Stalinis serta tema Komunisme yang sepenuhnya membentuk kehidupan tokoh utama dan akhirnya mengarah pada kehancuran totalnya. Anna Wulf, protagonisnya, seperti Doris Lessing, adalah seorang penulis yang tinggal sendiri dengan putrinya yang memiliki empat buku catatan berbeda di mana ia mencatat pengalaman sosial, mental, dan politiknya dalam hidupnya. Keempat buku catatan tersebut memiliki warna yang berbeda; hitam, merah, biru, dan kuning. Warna yang dipilih untuk buku catatan tertentu terkait dengan latar belakangnya. Buku catatan hitam adalah tentang pengalaman hidupnya di Afrika, sebagian besar sebelum dan selama Perang Dunia II, dan mendorongnya untuk menulis novel pertamanya The Frontiers of War. Pengalaman politiknya terkunci di buku catatan merah, karena merah melambangkan Komunisme. Penulis tetap menjadi anggota aktif partai Komunis. Kemudian ada buku catatan kuning di mana ia menulis tentang kisah cintanya sendiri dalam bentuk novel. Buku catatan terakhir adalah buku catatan biru yang berisi kenangannya dan mimpinya yang ia tulis dalam bentuk diary. Keempat buku catatan ini memiliki tema ancaman perang nuklir, Perang Dingin, Komunisme, Marxisme, Stalinisme, dan perjuangan karakter-karakternya untuk pekerjaan, cinta, dan terutama tentang politik.

Doris Lessing dilarang mengunjungi Rhodesia dan Afrika karena ia menentang hukum-hukum kulit putih dan hanya diizinkan setelah kemerdekaan. Tahun-tahun yang dihabiskan Doris Lessing di Afrika memiliki pengaruh mendalam pada tulisannya, "Afrika milik orang Afrika, semakin cepat mereka mengambilnya kembali, semakin baik. Tetapi sebuah negara juga milik mereka yang merasa di rumah di sana" (Lessing, African Stories 11). Ia juga berbicara tentang cintanya untuk Afrika dalam Pidato Nobelnya: "Pikiran saya penuh dengan kenangan indah tentang Afrika yang bisa saya hidupkan kembali dan lihat kapan saja saya mau. Bagaimana dengan matahari terbenam, emas dan ungu dan jingga, merambat di langit saat senja. Bagaimana dengan kupu-kupu dan ngengat dan lebah di semak-semak aromatik Kalahari? . . . tetapi bagaimana dengan langit di malam hari, masih belum tercemar, hitam dan luar biasa, penuh bintang yang tak henti-hentinya" (Lessing, "Pidato Nobel 2007"). Novel-novel Lessing juga dibentuk di atas basis psikoanalitik. Novel-novelnya menggambarkan psikologi para karakternya. Karakter-karakternya menghadapi rasa sakit, penderitaan, alienasi, dan diskriminasi yang mengarah pada ketidakseimbangan psikologis mereka.

Penulis adalah saksi diskriminasi gender, konflik politik, dan konflik sosial lainnya yang mereka hadapi dari waktu ke waktu. Doris Lessing mengamati dan mempelajari masalah-masalah individu biasa dalam masyarakat mereka. Dalam fiksi Doris Lessing, pria dan wanita berjuang untuk identitas mereka. Mimpi, ketakutan, dan harapan mereka membuat mereka menghadapi pengalaman traumatis dalam hidup mereka. Dalam novel The Golden Notebook, Lessing berkomentar, "Bagiku, sejak saya bisa mengingat apa pun, hal nyata yang terjadi di dunia adalah kematian dan kehancuran. Bagiku, itu lebih kuat dari kehidupan" (Lessing, The

Dalam novel The Grass is Singing, Mary menghadapi konflik antara kehidupan pribadinya dan masyarakat yang bertanggung jawab atasnya. Sejak kecil, dia dibesarkan sebagai anak yang cacat dan tidak mendapat cinta dan kehangatan dari orangtuanya. Dia menderita dari hancurnya kesadarannya, alienasi, dan fragmentasi kepribadiannya. Rasa hampa dalam hidupnya sejak kecil menjadi katalisator dalam hidupnya dan meningkatkan rasa alienasi dan kecemasannya. Kehidupan pernikahannya juga gagal karena ketidakberhasilan suaminya yang juga gagal dalam hidupnya. Akhirnya, terjadi penurunan kepribadian yang disebabkan oleh tekanan yang menyebabkan kehilangan hidupnya. Dia akhirnya menjadi gila, akhirnya dramatis menggambarkan kehancuran totalnya. Seorang psikiater Inggris R. D. Laing, dalam bukunya The Divided Self, mengatakan hal berikut tentang kondisi mental seperti ini; keadaan pikiran Mary menyerupai pernyataan Laing:

Lessing telah menjelajahi dunia dalam diri tokoh-tokohnya; mereka sepanjang hidupnya merindukan identitas mereka. Novelnya hampir seperti bentuk-bentuk yang diperpanjang dari kilasan-kilasan, pertemuan finansial, pernikahan, dan sosial dari karakter-karakternya. Hubungan dalam kehidupan manusia membentuk dasar bagi kelangsungan hidup yang bermakna. Karakter-karakter Doris Lessing jatuh ke dalam masalah-masalah umum, sosial, pribadi, dan emosional yang menstabilkan identitas mereka sendiri. Seorang peneliti, K. A. Agalya, dalam karya penelitiannya tentang Peran Perempuan dalam Fiksi Anita Nair telah menunjukkan penindasan terhadap perempuan dalam cara ini: Keheningan adalah simbol penindasan, karakteristik kondisi subaltern, sementara bicara menandakan ekspresi diri dan pembebasan. Bab terakhir adalah ringkasan dari argumen-argumen dalam bab-bab sebelumnya. Bagi perempuan zaman sekarang, kehidupan adalah pernyataan dari individualitas, kemandirian dan menemukan suara. Bukan kehidupan eksternal yang selalu penting tetapi penderitaan internal dan pemulihan atau regenerasi dalam segala hal sangat penting bagi perempuan zaman sekarang (Agalya 245). Kita juga menemukan elemen-elemen penindasan, penekanan, dan alienasi dalam karya-karya Lessing. Karakter-karakter pusatnya selalu berjuang untuk membentuk identitas mereka. Mereka kecewa dengan kehidupan mereka dan mencari identitas.

Analisis ini menggali lebih dalam hubungan antara budak dan tuannya dalam novel, dengan fokus pada pandangan Mercy Famila terhadap novel-novel Doris Lessing dalam merombak masyarakat. Famila menggambarkan Lessing sebagai novelis abad ke-20 yang sangat berkomitmen untuk meyakinkan dan merombak masyarakat secara aktif. Dia berbicara tentang "rasa kewajiban" yang membuatnya bergabung dengan organisasi dan membela dukungannya terhadap Komunisme. Rasa tanggung jawab sosialnya mengarahkannya untuk mencari nilai-nilainya dan bahan sastra di kalangan kelas pekerja di London. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Doris Lessing adalah salah satu novelis yang siap "berdiri dengan orang yang kurang beruntung" (Famila 3).

Kebencian Mary terhadap populasi kulit hitam mencapai puncaknya. Dia bahkan membenci anak-anak yang sebagian besar berusia tujuh atau delapan tahun. Baginya, mereka tidak lebih dari binatang, “Dia membenci tubuh hitam setengah telanjang mereka yang berotot tebal membungkuk dalam ritme kerja mereka yang tanpa pikiran. Dia membenci kesuraman mereka, mata yang berpaling saat berbicara padanya, keangkuhan yang tersembunyi: dan yang paling ia benci, dengan rasa jijik fisik yang keras, bau pedih yang panas, bau hewan yang asam (Lessing, The Grass is Singing 115). Hukum juga memungkinkan orang kulit putih untuk memperlakukan populasi kulit hitam sesuai keinginan mereka, “Mereka—para pembuat undang-undang dan Pelayanan Sipil—yang mengganggu hak alami petani kulit putih untuk memperlakukan buruhnya sesuai keinginan” (120). Selain itu, Lessing menunjukkan contoh-contoh orang yang berbeda hanya karena warna kulit, menjadi anggota aktif partai Komunis, dia merasa itu menjadi perhatiannya utama untuk melawan rasnya sendiri dan bekerja untuk menyuarakan hak ras yang tertindas dari penduduk asli Afrika dalam rangka membawa perubahan besar dalam masyarakat. Dia bermimpi tentang masyarakat tanpa kelas terlepas dari ras atau daerah mana pun. Lessing memberikan contoh-contoh rasialis dan sikap mereka yang tidak adil terhadap penduduk asli untuk membawa perubahan sosial. Mary tampaknya lebih rasialis daripada orang kulit putih lainnya, yang juga terbukti rasialis pada saat-saat tertentu. Tindakan rasialisnya ditunjukkan melalui berbagai contoh, dan salah satu contoh lainnya adalah: “Kemudian datang seorang pribumi ke pintu belakang, meminta pekerjaan. Dia ingin tujuh belas shilling sebulan. Dia menurunkan harganya dua, merasa senang dengan kemenangannya atasnya” (70).

Dari perilaku dan sikapnya, jelas bagaimana dia memperlakukan orang pribumi dengan memberinya uang yang kurang dari yang seharusnya dia terima. Lessing, dalam bukunya Under My Skin (1994), mengatakan bahwa orang Inggris takut pada orang asli ini karena mereka bisa melakukan kejahatan tanpa takut dihukum. Sikap pribumi terhadap hukuman mereka adalah: “‘Saya telah berbuat salah, dan saya tahu itu,’ mungkin dia berkata, ‘oleh karena itu biarkan saya dihukum.’ Nah, tradisi untuk menghadapi hukuman, dan sebenarnya ada sesuatu yang cukup bagus tentang itu” (Lessing, Under My Skin 6). Dalam novel The Grass is Singing, orang-orang kulit putih percaya bahwa penduduk asli mampu melakukan segala jenis kejahatan. Jadi ketika mereka mendengar tentang pembunuhan Mary Turner oleh tangan pelayan pribuminya, itu adalah hal yang normal bagi mereka. Perilaku orang kulit putih memaksa pribumi untuk melakukan kejahatan dan hal yang sama terjadi dalam kasus Mary Turner. Kebencian dan kebanggaan palsu Mary menjadi penyebab kehancurannya.

Lessing, melalui tulisannya, mengubah fokus pembaca dari plot menjadi karakter dan tenggelam khususnya ke dalam bawah sadar protagonisnya dengan menggambarkan sisi tergelap dari kehidupan mereka. Mary selalu bertindak dengan cara kapitalis terhadap pelayan-pelayannya dan orang lain di sekitarnya. Alienasi Mary karena kebanggaan palsunya menambah lebih banyak lagi. Elena dkk. menyatakan, “Penting untuk melihat bahwa benih-benih kehancuran Mary Turner akhirnya ditanam bertahun-tahun sebelumnya, dalam alienasi progresifnya dari dirinya sendiri. Ketidakmampuannya menghadapi pelayan kulit hitam—hubungan pria/wanita, di mana ketegangan peran hitam/putih ditambahkan” (Elena et al. 27).

Ini sangat jelas karena kontradiksi antara kehidupannya saat ini dan kehidupan yang ingin dia jalani. Dia hanya membayangkan kehidupan di kota dan merencanakan untuk tinggal di kota bersama Dick. Narator menyatakannya sebagai: “Dan dia mulai memikirkan, selama waktu-waktu yang membosankan itu, bagaimana keadaannya ketika Dick akhirnya mendapat uang dan mereka bisa pergi dan tinggal di kota lagi” (Lessing, The Grass is Singing 97). Tetapi Dick memiliki mentalitas yang benar-benar bertentangan. Hidupnya hanya di peternakan di mana dia adalah bos dan tidak perlu mengikuti perintah orang lain. Tetapi Mary bermimpi tentang kehidupannya yang mandiri di kota seperti sebelum pernikahannya.

Analisis ini menggali bagaimana Mary mengalami banyak periode yang memiliki dampak negatif pada psikenya selama bertahun-tahun pernikahan. Hal ini terjadi karena dia tidak bersedia untuk memodifikasi atau bahkan mengubah hidupnya. Kita telah melihat bahwa Mary suka membaca buku sebelum menikah tetapi setelah menikah dia menjadi enggan bahkan untuk memiliki buku di tangannya. Dia cukup sosial dan ekstrovert tetapi setelah menikah dia menjadi antisosial dan introvert, bahkan tidak bersedia untuk berkomunikasi dengan siapa pun. Dia mengisolasi dirinya dari orang lain dan menyimpan perasaannya sendiri dan perasaan yang direpresi ini merusak kehidupan psikologisnya. Pernikahan yang tidak berhasil, isolasi, dan sikap pesimistis menambah bahan-bahan lain ke dalam kehidupan psikis yang merusaknya. Dia terperangkap dalam masa depan yang gelap. Buyu mendefinisikan seluruh kronologi novel dan dampak negatifnya pada psikologi Mary, “Novel ini mulai menceritakan kehidupan Mary dalam urutan kronologis dengan fokus pada masa kecilnya yang tidak bahagia, dan kemudian hari-hari bahagia di kota, pernikahan putus asa pada usia tiga puluh tahun, datang ke desa sebagai akibat dari pernikahannya dengan Dick, ilusi yang hancur dari keduanya, perlakuan Mary yang kejam terhadap penduduk asli, kejatuhan ekonomi pasangan itu” (Buyu 23).

Hal ini ditunjukkan oleh narator sebagai, “Dia membiarkan segala sesuatu tergelincir, kecuali apa yang dipaksakan perhatiannya. Cakrawalanya telah menyempit menjadi rumah. Ayam mulai mati; dia berbisik tentang penyakit; dan kemudian memahami bahwa dia telah lupa memberi makan mereka selama seminggu” (Lessing, The Grass is Singing 149). Menjadi sendirian selama beberapa hari, Mary berubah menjadi keruntuhan psikologis. Perilakunya berubah total. Dia hanya ingin tidur untuk melarikan diri dari hidupnya. Hidupnya menjadi tidak berarti. Pesimisme ini membuka jalan menuju depresinya. Ketidakberartian hidupnya dijelaskan melalui kutipan ini oleh V. Mikluc: “Kebisingan alam, yaitu eros, menyebabkan sakit kepala dan keberatan di anggota tubuhnya. Langit panas, rendah, berat dan leher yang panas, menyakitkan yang akan patah pada akhir kisahnya adalah gambaran yang membuat kebisingan yang berdenyut menjadi lebih keras. Segera sebelum kematiannya, Mary berlari dengan panik ke semua tempat yang menjadi koordinat perjalanannya yang tidak berhasil melalui hidup” (Mikluc 212).

Ada berbagai faktor di baliknya dan, seperti yang telah ditunjukkan sebelumnya, pernikahan buruknya juga merupakan salah satu faktor di dalamnya. Faktor-faktor lainnya adalah stabilitas ekonomi yang buruk, ketidakcocokannya dengan pelayan aslinya, kebencian terhadap penduduk asli dan kehadiran serta dominasi Moses yang menjadi penyebab semua kehancurannya. Moses menjadi penyebab utama depresi dan kehancuran Mary. Hal ini ditunjukkan oleh narator, “Dia tegang dan terkendali di hadapannya; dia terus mempekerjakannya sebanyak mungkin, tanpa ampun atas setiap serpihan debu dan setiap gelas atau piring yang tidak berada pada tempatnya yang dia perhatikan” (148). Konflik internal dan eksternal ini dalam diri Mary disebabkan oleh kewajiban individu terhadap masyarakat mereka. Dia begitu sibuk dengan pikirannya sehingga dia melupakan segala hal lain.

Keadaan mental yang sangat terganggu dan terjepit yang dialami oleh karakter dalam novel tersebut. Di sini, karakter perempuan mengalami kesulitan berfokus dan seringkali lupa akan apa yang akan dia katakan. Hal ini tercermin dari kalimat-kalimat yang dia mulai namun tidak selesai, serta wajahnya yang menjadi kosong dan hampa, kemudian dia terdiam tanpa melanjutkan perkataannya. Karakter ini juga mengalami gangguan psikologis yang lebih dalam, seperti berbicara dengan dirinya sendiri secara keras namun juga merasa takut dengan pelayannya yang dianggap sebagai penyebab dari kekacauan mentalnya. Ada kecemasan dan ketakutan yang mendalam yang membuatnya sulit untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Selain itu, ada juga gambaran tentang depresi yang dia alami, yang terlihat dari tindakan tertawa tanpa alasan yang jelas. Gangguan psikologis yang dialaminya juga mencapai tingkat di mana dia memerlukan bantuan dari pelayannya untuk berpakaian, dan hal ini menjadi perhatian dari karakter lain dalam cerita yang merasa terganggu dengan situasi tersebut.

Novel "The Golden Notebook" karya Doris Lessing ini dipuji oleh sebagian besar kritikus karena dianggap sebagai salah satu karya terbaik Lessing yang menggabungkan kebenaran, eksperimentalisme, dan ketertarikan dalam penyusunan narasi yang menarik. Lessing memilih topik-topik kontroversial pada zamannya, membuat novel ini dianggap sebagai mahakarya yang mengeksplorasi breakdown sosial dan mental protagonisnya serta menganalisis pendekatan komunis dari penulis tersebut dari tahun 1930-an hingga 1950-an. Novel ini menyentuh isu feminis pada zamannya. Cerita dimulai dengan kunjungan Anna Wulf kepada temannya Molly Jacobs setelah berpisah dalam waktu yang cukup lama. Keduanya hidup mandiri di London, Anna sebagai penulis dan Molly sebagai aktris, menganggap diri mereka sebagai wanita bebas yang tidak terikat oleh konvensi sosial atau personal.

Kisah ini juga memperkenalkan karakter-karakter lain seperti Richard Portman, mantan suami Molly, yang khawatir tentang putranya Tommy. Tommy dipengaruhi oleh filosofi idealis ibunya dan Anna, yang aktif dalam Partai Komunis Inggris. Ada juga perbincangan tentang blokade penulis yang dialami Anna, yang membuatnya menulis dalam catatan harian yang tidak terlihat oleh orang lain.

Novel ini mengambil struktur naratif yang kompleks dengan penggunaan berbagai catatan berwarna yang merekam pengalaman hidup Anna dalam konteks yang berbeda, seperti kehidupannya di Afrika dan pengalaman komunis selama Perang Dunia II. Terdapat juga cerita dalam bentuk novel di buku catatan kuning yang menggambarkan hubungan antara Anna dan Paul, serta perjalanan emosional mereka. Secara keseluruhan, pembahasan ini memberikan gambaran yang cukup komprehensif tentang tema, struktur, dan karakter-karakter utama dalam novel "The Golden Notebook" karya Doris Lessing. Novel ini mengeksplorasi berbagai tema penting seperti breakdown emosional dan mental, Perang Dingin, politik, perjuangan wanita, cinta, dan peran ibu. Salah satu tema utama dalam novel ini adalah fragmentasi, yang tercermin melalui karakter protagonisnya, Anna Wulf, yang bahkan membagi tulisannya ke dalam berbagai buku catatan berwarna yang berbeda.

Dalam buku catatan biru, Anna mencatat hubungannya dengan Max (Willi), mantan suaminya dan ayah dari Janet. Dia juga mencatat pengalamannya dengan Mrs. Marks, seorang terapis psikoanalisis dengan siapa Anna menceritakan kenangan-kenangan tentang perang, perdamaian, dan Perang Dingin. Terapisnya mendorongnya untuk menulis lagi untuk meluapkan perasaannya yang telah mematikan kehidupannya. Pembahasan ini juga menyoroti kesulitan Anna dalam mengekspresikan dirinya sepenuhnya dengan kata-kata, yang menjadi penyebab utama dari blokade penulis yang dia alami. Selain itu, keintiman emosional yang kurang dalam hubungan-hubungan romantisnya juga menjadi salah satu faktor penyebab breakdown-nya.

Seri novel "Children of Violence" yang terdiri dari lima novel yang diterbitkan antara tahun 1952 dan 1969. Seri ini pertama kali diterbitkan oleh Michael Joseph dan MacGibbon and Kee di Inggris. Novel pertama dalam seri ini adalah "Martha Quest" yang diterbitkan pada tahun 1952, diikuti oleh "A Proper Marriage" pada tahun 1954, "A Ripple from the Storm" pada tahun 1958, "Landlocked" pada tahun 1965, dan novel terakhir "The Four-Gated City" pada tahun 1969. Edisi Amerika pertama kali diterbitkan pada tahun 1964, 1966, dan 1969 oleh Simon and Schuster dan Alfred A. Knopf dalam urutan tiga, dengan "Martha Quest" dan "A Proper Marriage" diikuti oleh "A Ripple from the Storm" dan "Landlocked", dan akhirnya "The Four-Gated City".

Semua novel dalam seri ini mengikuti urutan kehidupan protagonisnya, Martha Quest, dari masa kecilnya hingga remaja dan bahkan kematian. Ini adalah seri yang menggambarkan perjalanan hidup Martha Quest secara kronologis, memperlihatkan perkembangan dan pengalaman hidupnya dari awal hingga akhir. Novel "Martha Quest" karya Doris Lessing yang diterbitkan pada tahun 1952 oleh Michael Joseph di Inggris. Novel ini merupakan bagian pertama dari seri "Children of Violence" dan mengisahkan tentang protagonisnya, Martha Quest, yang merupakan sosok pemberontak sepanjang cerita. Novel ini mengambil latar belakang tahun 1934 hingga 1938 dan menggambarkan Martha sebagai seorang gadis cerdas yang mengamati segala sesuatu dengan penuh ketajaman. Dia tinggal di Afrika bersama orangtuanya yang bekerja di pertanian Afrika. Martha penuh gairah, berkeinginan untuk mengenal dirinya sendiri, namun seringkali terasa pahit dan sempit dalam pikirannya. Sebagai seorang pemberontak, Martha memutuskan untuk meninggalkan rumahnya dan pindah ke kota untuk bekerja sebagai tukang ketik. Di kota, dia mengalami kehidupan yang selama ini ia cari. Kisah Martha memiliki nuansa autobiografi yang mirip dengan pengalaman Lessing sendiri di Afrika, menggambarkan kehidupan di padang rumput, atmosfer dangkal diskriminasi rasial, dan kecanggihan kehidupan di kota. Novel ini juga menggambarkan keterlibatan Lessing dalam politik dan keprihatinan sosialnya, terutama dalam hal penindasan penduduk asli Afrika oleh penjajah kulit putih dan kebutuhan mereka untuk mendominasi dengan budaya mereka sendiri. Martha juga menyadari perbedaan antara apa yang dikatakan oleh orang kulit putih dengan apa yang mereka maksudkan, serta sikap mereka terhadap penduduk asli Afrika yang membuatnya merasa tidak bahagia dan terpinggirkan. Salah satu hal yang membantu Martha adalah literatur, di mana dia menemukan dukungan spiritual bagi jiwanya. Dia menggunakan buku-buku tersebut untuk membentuk teori dunianya sendiri

Novel kedua dalam seri "Children of Violence", yaitu "A Proper Marriage" (1954) karya Doris Lessing yang diterbitkan oleh Michael Joseph di Inggris. Novel ini mengisahkan lanjutan kehidupan Martha setelah dia menikah dengan Knowell Douglas. Dalam novel ini, Martha menjadi kecewa dengan kehidupan di kota dan kemudian menikahi Knowell Douglas. Dia meninggalkan pekerjaannya di kota dan menjadi istri yang berdedikasi, serta semakin sibuk dengan kedatangan bayi dalam hidupnya. Seiring berjalannya waktu, Martha merasa dirinya harus menyerah pada harapan, impian, dan idealisme sebagai individu. Dia merasa berubah karena pernikahan tersebut, namun tetap menunjukkan sifat pemberontaknya terhadap kehidupan barunya.

Martha menjadi kecewa dengan pernikahannya dan, dengan kedatangan bayi dalam hidup mereka, merasa kebebasannya terancam. Novel ini juga menggambarkan pecahnya perang dan kepergian Douglas dengan tentara. Martha kesulitan mengurus bayinya, Caroline. Setelah setahun, Douglas kembali dari perang dengan sakit maag. Keluarga kemudian pindah ke sebuah bungalow besar dengan pelayan. Pembahasan juga menyoroti sikap Martha terhadap pelayan kulit hitam, yang dia perlakukan dengan baik sesuai dengan pandangan komunisnya tentang kesetaraan. Namun, dia mendapat kritik dari ibunya yang menganggapnya tidak tahu bagaimana mengurus pelayan kulit hitam dengan baik. Martha bergabung dengan kelompok komunis dan memberikan ceramah tentang kesetaraan dan perjuangan kelas, dan akhirnya meninggalkan Douglas. Dalam novel ini, Martha ingin melarikan diri dari pernikahan, suaminya, dan anaknya untuk meraih kebebasan tanpa ikatan apapun. Dia gagal sebagai istri dan ibu, namun berhasil memenangkan pertarungan untuk hidup mandiri dan independen untuk dirinya sendiri.

Novel ketiga dalam seri "Children of Violence", yaitu "A Ripple from the Storm" (1958) karya Doris Lessing yang diterbitkan oleh Michael Joseph di Inggris, dan edisi Amerikanya diterbitkan oleh Simon and Schuster pada tahun 1966. Novel ini fokus pada bagaimana sebuah kelompok Komunis muncul di sebuah kota kecil di Afrika. Novel ini memperlihatkan bagaimana kelompok Komunis tersebut terbentuk sebagai hasil dari pengaruh Uni Soviet pada tahun 1942, 1943, dan 1944. Martha menjadi anggota aktif dalam kelompok tersebut dan, setelah bercerai dari pernikahannya yang pertama, kemudian menikahi seorang pengungsi Jerman bernama Anton Hesse yang menjadi pemimpin kelompok tersebut. Lessing melalui novel ini menggambarkan psikologi sebuah kelompok yang menentang masyarakatnya sendiri, sekaligus psikologi individu yang bertindak secara komunal. Seiring berjalannya waktu, kita melihat bagaimana kelompok tersebut gagal dan juga gagal dalam mengimplementasikan ideologi mereka. Novel ini membuka babak baru dalam kehidupan Martha, dengan cerai dari Douglas dan pernikahannya dengan Anton Hesse. Namun, perubahan ini tidak disambut baik oleh masyarakat sekitarnya. Martha terus sibuk dan menjadi lemah karena tidak memperhatikan kesehatannya. Sikap ibunya membuatnya merasa sakit, dan orang-orang sering bertanya bagaimana perasaannya setelah meninggalkan putrinya Caroline, meskipun Martha tidak ingin mengingat masa lalunya yang sulit. Dia tidak menyukai peran sebagai ibu, yang dia inginkan hanyalah kebebasan. Martha tetap sibuk dengan aktivitas Komunis, masyarakat, perbedaan antara orang kulit putih dan kulit hitam, serta bagaimana situasi tersebut dapat diperbaiki.

Novel keempat dalam seri "Children of Violence", yaitu "Landlocked" (1965) karya Doris Lessing yang diterbitkan oleh MacGibbon and Kee di Inggris, dan edisi Amerikanya diterbitkan oleh Simon and Schuster pada tahun 1966. Novel ini merupakan penutup dari seri yang berlatar di Afrika.

Novel ini menggambarkan bulan-bulan terakhir Perang Dunia II yang menghancurkan Eropa namun juga mengandung pesan kesetaraan di antara manusia. Kisah Martha sebagai seorang pejuang melawan penindasannya terus berlanjut. Dia semakin terlibat secara politik dengan kelompok Komunis dan berjuang untuk hak-hak orang Afrika. Putrinya Caroline tumbuh dewasa dan percaya bahwa istri kedua Douglas adalah ibunya. Martha berpikir bahwa suatu hari nanti putrinya akan berterima kasih padanya karena membiarkannya bebas dalam hidupnya. Novel ini juga menggambarkan kisah cinta Martha dengan Thomas, di mana mereka hidup bersama dan berbagi tempat tidur. Thomas adalah seorang Yahudi Polandia yang sudah menikah dan memiliki anak-anak. Melalui hubungan ini, Martha menyadari sisi baru dari dirinya sendiri dan mulai menikmati tubuhnya dan sentuhan Thomas. Namun, dia juga sadar bahwa hubungan ini bisa berakhir kapan saja. Latar belakang novel ini adalah Perang Dunia II dan perjuangan antara negara-negara yang mengubah peta dunia. Martha dan teman-temannya merupakan pendukung Komunisme dan penentang kapitalisme. Sebagai perang berakhir, Martha memutuskan untuk meninggalkan Afrika dan pergi ke Britania, menginginkan kebebasan dan petualangan baru dalam hidupnya.

Novel terakhir dalam seri "Children of Violence", yaitu "The Four-Gated City" (1969) karya Doris Lessing yang diterbitkan oleh MacGibbon and Kee di Inggris, dan edisi Amerikanya diterbitkan oleh Alfred A. Knopf pada tahun 1969. Novel ini berlatar di Britania Raya setelah Perang Dunia II.

Novel ini menggambarkan London pasca-perang dan Martha sebagai bagian dari Perang Dingin, Swinging London, dan Aldermaston Marches. Novel ini menggambarkan kemiskinan yang dialami masyarakat akibat perang, wawasan yang menyakitkan dari orang-orang, dan anarki sosial. Kisahnya meliputi sepanjang abad ke-20 dan berakhir dengan ilusi bahwa dunia berada dalam genggaman Perang Dunia III. Pada tahun 1997, Martha meninggal di sebuah pulau di Skotlandia. Dengan latar belakang sejarah yang kuat, novel ini memberikan gambaran yang mendalam tentang kondisi sosial dan politik pasca-perang, serta memberikan pandangan kritis terhadap masa itu. Lessing berhasil menggambarkan atmosfer pascaperang yang penuh dengan ketidakpastian dan perubahan yang cepat di Britania Raya.

Seri "Children of Violence" karya Doris Lessing, yang berpusat pada analisis diri protagonisnya, Martha Quest. Martha Quest mengalami proses yang kompleks dalam pencarian jati dirinya. Sebagian besar novel dalam seri ini berlatar di Afrika dan menggambarkan penderitaan dan kesengsaraan orang-orang Afrika. Tema utamanya meliputi Komunisme, feminisme, dan psikoanalisis untuk penemuan diri. Doris Lessing melalui tulisannya mencakup banyak aspek, seperti sosiologi, psikologi, dan politik. Seri ini menggambarkan evolusi Martha Quest dari masa remajanya di Afrika hingga dewasa dan akhirnya kematiannya pada tahun 1997 di Skotlandia. Celine menjelaskan seri Children of Violence sebagai "Novel-novel ini mengungkapkan kehidupan Martha Quest dari tahun 1936 hingga 1997, membawa kita melalui masa remajanya yang gelisah, dewasa yang penuh peristiwa, dan kematiannya yang dijuluki sebagai holokaus nuklir pada tahun 1997, yang menghancurkan seluruh dunia" (Celine 38). Selama siklus ini, Martha mengubah nama dan identifikasinya, misalnya dia menjadi Matty di kota, setelah pernikahan pertamanya dia menjadi Nyonya Knowell, dan kemudian pada pernikahan keduanya dia menjadi Nyonya Hesse, tanpa memiliki identitas yang jelas. Sepanjang seri ini, dia berjuang untuk mendapatkan identitasnya sendiri dan juga untuk identitas orang-orang asli.

Tema-tema realistis yang diangkat oleh Doris Lessing dalam karyanya, dengan fokus pada gambaran yang jelas tentang masyarakat dan individu-individu di dalamnya. Karya fiksinya sebagian besar bersifat autobiografis, muncul dari pengalaman pribadinya di Afrika. Seri lima novel "Children of Violence" berkisah tentang pertumbuhan kesadaran tokoh utamanya, Martha. Nancy Ferro dalam penelitiannya tentang Doris Lessing menyatakan bahwa motif Lessing di balik seri ini adalah untuk membawa pembaca masuk ke dalam kehidupan dalam dan luar seorang wanita bernama Martha. Martha digambarkan sebagai individu yang banyak mirip dengan banyak dari kita—mengalami masa kecil yang tidak bahagia, pernikahan awal yang merugikan diri sendiri, aktivitas di partai komunis, pencarian akan dirinya sendiri, dan keterlibatan yang jujur dengan dunia. Martha, seperti kita semua, adalah seorang anak dari kekerasan. Pengalaman-pengalaman Martha mencerminkan masa pertumbuhan yang dipengaruhi oleh ketegangan dan ketakutan di era 1920-an dan 1930-an, serta Perang Dunia II yang membawa Martha dan dunia modern ke kedewasaan.

Doris Lessing membandingkan Martha dengan setiap individu yang menderita di tangan masyarakat mereka. E. Celine dalam penelitiannya tentang "Marxism in the Novels of Doris Lessing" menyatakan bahwa semangat penulisan Lessing dalam seri "Children of Violence" mencoba untuk mengekspresikan pengalaman-pengalamannya di Afrika, serta pertumbuhan dan pemahamannya tentang kehidupan yang kompleks melalui tokoh otobiografisnya, Martha Quest. Lessing berbagi dengan Martha pencariannya akan kebebasan, kebencian terhadap penindasan, kepekaan pikiran, dan semangat yang visioner. Secara keseluruhan, bagian ini memberikan gambaran yang mendalam tentang tema-tema penting yang diangkat oleh Lessing dalam seri "Children of Violence" dan mencerminkan perjalanan pribadi serta kesadaran Martha sebagai tokoh utama.

Tema kekerasan bukanlah solusi dan masyarakat seharusnya hidup dalam harmoni satu sama lain. Melalui karakter Martha, Lessing menunjukkan peran-peran yang ditetapkan oleh masyarakat padanya sebagai seorang putri, istri, dan ibu. Awalnya, Martha mencoba memenuhi semua tanggung jawab tersebut namun kemudian menolak semua peran tradisional itu untuk menemukan identitasnya sendiri. Mrs. Carson, dalam novel "A Ripple from the Storm," menjadi contoh sikap penjajah kulit putih terhadap penduduk asli. Narator menggambarkannya sebagai:"Kehidupan janda Carson adalah drama panjang yang dimainkan melawan fantasi tentang pelayannya. Dia tidak pernah mempertahankan satu orang pun lebih dari sebulan; mereka pergi kebanyakan dalam keadaan bingung. . . Mrs Carson, larut malam, berdiri diam di bawah pohon jacaranda besar di gerbang, memperhatikan rumah. Dia tenggelam dalam mimpi tentang penyerbu hitam yang masuk ke rumah meskipun penuh dengan penghalang dan menemukannya kosong. Sedangkan Martha, dia tidur seperti biasa dengan jendela dan pintu terbuka" (Lessing, A Ripple from the Storm 31-32).

Lessing membuat perbandingan antara dua orang dalam masyarakat yang sama, di mana satu percaya pada kesetaraan individu sementara yang lain merupakan lambang ketidakadilan. Mrs. Carson selalu memiliki niat jahat dan hanya memperlakukan penduduk asli sebagai penjahat. Sudut pandang realistis Martha membuatnya berperilaku adil terhadap semua individu, tanpa memandang ras atau warna kulit.

Martha, sebagai gadis yang cerdas, bingung dengan mimpi dan keinginannya. Keinginannya hanyalah untuk meninggalkan rumah dan mendapatkan pekerjaan di kota. Penelitian Mohammad Kaosar Ahmed dalam "A Psychoanalytic-Feminist Reading of Martha’s 'Battle' with Mrs Quest in Doris Lessing’s Martha Quest" menjelaskan kepribadian Miss Martha sebagai:

"Martha Quest dari Lessing, volume pertama seri Children of Violence, mempersembahkan remaja Inggris yang biasa saja, Martha Quest, yang haus akan pengetahuan dan berontak, tumbuh dewasa di latar belakang yang penuh warna dari lanskap Afrika" (Ahmed 33).

Martha dihadapkan pada keinginannya untuk membebaskan diri dari rumah dan veld, mencerminkan perjuangan identitasnya dalam menentukan jalan hidupnya sendiri. Ia ingin mengeksplorasi potensinya dan pengetahuannya, serta membebaskan diri dari pengaruh dan penindasan sosial yang menghantuinya. Martha mewakili peradaban manusia yang bermimpi tentang kebebasan. Namun, Martha juga menghadapi konflik dengan pengaruh ibunya yang selalu mengintai dan membuatnya gelisah. Martha merasa terganggu dengan pengaruh ibunya bahkan ketika dia pindah ke kota dan ibunya mengubah pengaturan ruangannya sesuai selera sendiri. Martha, sebagai pendatang kulit putih yang hidup di koloni yang berbeda dari tanah airnya, merasakan diskriminasi rasial, perasaan pengasingan, dan ketidaknyamanan, yang menghasilkan perasaan asing di dalam dirinya.

Penelitian Celine membandingkan Martha dengan Lessing, yang mengekspos seorang pahlawan wanita yang memberontak terhadap struktur masyarakat kapitalis yang memperbudak dan mendiskriminasi baik orang kulit hitam maupun kelompok lemah lainnya. Martha juga berjuang untuk hak-hak orang kulit hitam di Afrika sebagai anggota kelompok Komunis. Pendekatan kelompok Komunis dapat dipahami ketika semua anggota berdiskusi dalam pertemuan mereka. Mereka membicarakan pertemanan mereka yang bersifat subordinate terhadap Revolusi, yang melampaui batas-batas negara. Lessing, melalui Children of Violence, menggambarkan studi tentang nurani individu dalam hubungannya dengan kolektif.

Doris Lessing yang memiliki perhatian yang besar terhadap isu sosial, yang kemudian menjadi motif utama dalam hidupnya. Untuk mencapai hal ini, ia menjadikan menulis sebagai senjata dan pengetahuan sebagai kekuatannya. Meskipun Lessing tidak memiliki pendidikan yang lebih tinggi, ia terus membaca dan meningkatkan pengetahuannya tentang dunia. Lessing membaca bukan hanya untuk kesenangan pribadi, tetapi untuk mendapatkan pengetahuan yang mendukung tujuan-tujuannya. Ia terutama mempelajari sastra abad kesembilan belas dan karya-karya politik kontemporer yang membentuk kekhawatiran etikanya.

Dalam esainya "The Small Personal Voice," Lessing mengungkapkan preferensinya terhadap sastra, "Bagi saya, puncak tertinggi sastra adalah novel abad kesembilan belas, karya-karya Tolstoy, Stendhal, Dostoevsky, Balzac, Turgenev, Chekhov; karya-karya realis besar" (Lessing, The Small Personal Voice 4). Dalam novel Landlocked, Anton Hesse, suami kedua Martha, dan kekasihnya Thomas merupakan orang asing di negara Afrika. Lingkaran mereka hanya terdiri dari sekelompok kecil kolonialis kulit putih yang menentang rasisme. Mereka memiliki banyak impian dan gagasan untuk menyelamatkan penduduk asli, tetapi identitas mereka sebagai kolonialis kulit putih menghentikan rencana dan tindakan mereka untuk rakyat Afrika.

Seri novel Children of Violence memiliki tema kompleks yang menjelajahi psikosis budaya yang merupakan hasil langsung dari kolonisasi. Lessing berjuang untuk kebebasan orang-orang sepanjang seri novel tersebut, seperti yang diungkapkan oleh Celine: "ia juga merindukan pembebasan orang-orang kulit hitam, yang tidak seperti orang-orang kulit putih lainnya, ia anggap sebagai manusia. Ia merasakan penindasan dan isolasi mereka dan membayangkan sebuah tanah di mana mereka akan bebas dan diperlakukan sebagai manusia yang setara" (Celine 59).

Martha, sepanjang hidupnya, memainkan peran sebagai seorang anak perempuan yang pemberontak, seorang istri, seorang ibu, dan juga seorang kawan Partai Komunis. Namun, dia baru benar-benar menyadari dirinya sendiri setelah dia pergi ke London dan mengikuti sesi psikiatri untuk memahami identitasnya. Pada akhirnya, Martha mengembangkan visi untuk bekerja bagi semua golongan masyarakat, tanpa memandang warna kulit, dan percaya pada dunia kemanusiaan. Keseluruhan perjalanan hidup Martha menggambarkan perjuangan dalam mencari identitas dan menemukan kedamaian dalam bingkai ketidakpastian dunia yang terus berubah.

Karya-karya Doris Lessing yang terkumpul dalam volume African Stories, yang terbit pertama kali pada tahun 1973 oleh Michael Joseph di Britania Raya. Volume pertama adalah This Was The Old Chief’s Country dan volume kedua adalah The Sun Between Their Feet. Kedua volume ini dikenal sebagai African Stories. Lessing, yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di Afrika, terkesan dengan keindahan alam benua yang gelap—landskapnya, serigala liar, babi, dan makhluk-makhluk lainnya memberikan kesan yang mendalam padanya sepanjang hidupnya. Pengalaman ini sangat terlihat dalam tulisannya tentang Afrika, yang dipenuhi dengan kesedihan yang dirasakannya untuk orang-orang Afrika dan kepahitan terhadap penjajah kulit putih yang menindas penduduk asli.

Doris Lessing adalah salah satu penulis yang berpengaruh pada abadnya. Ia termasuk dalam lingkaran penulis realis dan mengeksplorasi aspek-aspek sosial, moral, dan politik yang memengaruhi psikologi karakter-karakternya. Karyanya sering mengangkat tema-tema rasisme, feminisme, dan komunisme, yang menjadi kekhawatiran utamanya untuk bekerja demi keadilan dan kesetaraan manusia, tanpa memandang kasta, warna kulit, agama, atau jenis kelamin. Dalam sebagian besar cerita Afrikanya, Lessing menyoroti tema-tema alienasi, rasisme, ketidakadilan, dan penindasan.

Koleksi cerita pendek ini mencakup segala cerita tentang Afrika dan memuat kegembiraan, kesedihan, dan kompleksitas kehidupan Afrika yang digambarkan oleh Lessing. Ia memadukan semua karyanya yang luar biasa dalam koleksi-koleksi ini. Dalam perjalanan hidupnya, Lessing sadar akan rasisme di Afrika dan berjuang untuk keadilan orang-orang yang tertindas, khususnya penduduk asli. Visinya adalah untuk membawa perhatian dunia terhadap ketidakadilan yang terjadi, yang ia alami sendiri saat hidup di Afrika.

Lessing secara tajam menggambarkan bagaimana penjajah kulit putih telah merampas tanah-tanah dari penduduk asli Afrika dengan kekerasan dan ancaman, menyebabkan penderitaan dan pengasingan. Karya-karyanya mencerminkan penderitaan dan rasa bersalah yang ia rasakan terhadap perlakuan tidak adil ini. Ia memilih Southern Rhodesia sebagai latar belakang utama dalam tulisannya tentang Afrika karena di sanalah ia mengalami semua kekejaman yang dilakukan oleh penjajah kulit putih terhadap penduduk asli. Keseluruhan karya Lessing, termasuk African Stories, mengungkapkan pengalaman hidupnya yang autobiografis dan perjuangannya melawan ketidakadilan di Afrika.

Dalam cerita berjudul The Old Chief Mshlanga, penindasan oleh orang kulit putih terhadap orang Afrika terlihat dengan jelas. Lessing ingin membuat dunia sadar akan penindasan dan ketidakadilan yang dialami orang hanya karena satu ras manusia menganggap dirinya superior dibandingkan ras lainnya. Cerita dimulai dengan narator, seorang gadis kulit putih yang ayahnya, seperti orang Inggris lainnya, memiliki sebuah peternakan besar yang tidak digunakan. Orang Afrika diharuskan melayani penjajah kulit putih. Terdapat kesenjangan antara populasi orang Afrika dan kulit putih, bahkan anak-anak pun diajarkan tentang ketidakadilan ini. Narator menyebutnya sebagai, "Orang-orang kulit hitam di peternakan itu sejauh orang-orang Afrika hitam dan batu-batu. Mereka adalah massa hitam yang tak berbentuk, bergabung dan menipis dan bergerombol seperti katak, tanpa wajah, yang hanya ada untuk melayani, mengatakan 'Ya, Bapak,' mengambil uang mereka dan pergi" (Lessing 14).

Lessing berhasil mengangkat isu-isu hangat di Afrika pada masanya. Ia menulis untuk mengubah masyarakat. E. Celine menulis tentang hal ini dalam risetnya yang berjudul "Marxism in the novels of Doris Lessing", "Doris Lessing tampaknya telah mendengarkan Afrika seperti tidak ada penulis lain yang dapat lakukan. Afrika adalah tempat yang mengajarkan kebutuhan akan perubahan dalam masyarakat dan mendorongnya untuk mencari jawaban melalui politik kiri" (Celine 5).

Meskipun berasal dari penjajah kulit putih, cerita-cerita Lessing memfokuskan pada kehidupan orang-orang miskin yang tinggal di Afrika. Protagonisnya mewakili penjajah kulit putih di Afrika dan pandangan serta perilaku mereka terhadap orang Afrika asli.

Lessing selalu menjadi penulis yang mendefinisikan dirinya sendiri karena Afrika memberinya kesempatan untuk mengeksplorasi kemungkinan pertumbuhan spiritual untuk pembangunan sosial dan politik. Orang Afrika dieksploitasi oleh penjajah kulit putih selama periode yang panjang. Lessing ingin membawa perubahan, yang terlihat dalam karya-karya Afrikanya. Ia mengungkap rasisme dan ketidakadilan terhadap orang-orang asli di negara mereka sendiri. Dalam ceritanya, Lessing menggunakan narator yang menjadi korban ketidakadilan ini. Ia menggambarkan pengalaman pribadinya melalui cerita-cerita ini di tempat di mana ia pernah tinggal dan telah menjadi bagian penting dari hidupnya. Masyarakat Afrika dibagi menjadi berbagai ras hanya karena perbedaan warna kulit. Orang-orang Afrika ditolak hak-hak dasarnya hanya karena warna kulit mereka yang hitam dan bukan putih. Hukum-hukum orang kulit putih sangat keras bagi orang-orang Afrika. Jika kejahatan yang sama dilakukan oleh dua orang, satu kulit putih dan satu kulit hitam, hukumannya berbeda untuk keduanya. Pekerjaan tetap untuk orang Afrika adalah bekerja sebagai pembantu di rumah-rumah orang kulit putih atau di tambang. Kekhawatiran Lessing adalah membuat dunia sadar akan ketidakadilan berdasarkan ras, wilayah, dan warna kulit.

Doris Lessing sebagai seorang penulis yang menggambarkan pengalaman pribadinya melalui karya-karyanya. Lessing memiliki niat untuk menyatukan berbagai aspek yang biasanya terpisah dalam kehidupan. Tulisannya mengangkat tema-tema seperti fiksi versus fakta, individu versus kolektif, dan stagnasi versus perubahan, dan sebagainya. Penulis adalah produk dari zamannya, dan masyarakat menjadi subjek utama dalam karyanya. Dengan menempatkan fiksi Lessing pada tanah yang lembut di mana keseimbangan antara manusia dan masyarakat hilang, ia menggambarkan individu dalam interaksi tak henti-hentinya dengan kekuatan sosial dan politik. Karya-karya seperti The Grass is Singing, The Golden Notebook, dan Children of Violence menggambarkan perjuangan epik protagonis melawan berbagai kelompok sampai mereka belajar menghadapi prasangka sempit mereka dan mengembangkan pandangan yang manusiawi. Melalui pengamatan yang cermat terhadap tulisannya, Lessing adalah seorang penulis dengan motif yang kuat. Fiksi-fiksinya dengan tajam mempertanyakan moralitas dan spiritualitas kita sebagai manusia.

Salah satu pengaruh penting dalam tulisan Lessing adalah kondisi mengerikan dan menyedihkan dari orang-orang di Afrika. Tempat ini adalah tempat di mana ia tumbuh dewasa. Ia melihat bagaimana populasi penduduk asli kulit hitam diperlakukan oleh penjajah kulit putih dan bagaimana mereka didiskriminasi dan dieksploitasi. Diskriminasi ini berdasarkan warna kulit membuatnya memiliki ketidaksukaan yang kuat terhadap rasisme dan kolonialisme. Hal ini membuatnya merasa simpati terhadap orang kulit hitam dan peduli dengan perbaikan keadaan untuk mereka. Tawhida Akhter membicarakan peran penulis, "Jadi penulis seperti mereka mengangkat isu-isu wanita kontemporer seperti hubungan antara pria dan wanita, penindasan terutama penindasan yang mereka hadapi di dalam dan di luar rumah. Penulis-penulis ini menjadikan sastra sebagai senjata mereka untuk melawan isu-isu ini dalam masyarakat mereka" (Akhter, 2233). Lessing melampaui kategori-kategori yang telah ditentukan seperti kelas, ras, ideologi, dan gender, untuk memahami totalitas proses mental manusia dan kesadaran kolektif.

Doris Lessing yang dalam novel-novel yang dipilihnya membahas tentang perjalanan diri, dari kehidupan di pedalaman ke kehidupan di pertanian, dari kota ke kota besar, dari masa remaja ke pernikahan dan kemudian menjadi seorang ibu. Para protagonisnya berjuang keras untuk menemukan identitas mereka sendiri. Semua protagonis seperti Mary, Anna, dan Martha memiliki pertanyaan tentang identitas mereka dan motif pencarian diri mereka. Meskipun mereka mungkin belum menemukan identitas mereka, namun setiap peristiwa dalam kehidupan mereka membantu mereka sedikit memahami diri mereka sendiri. Lessing memiliki posisi yang istimewa dalam sastra Inggris periode pasca-perang. Keunikan, cakupan luas, jumlah, dan beragamnya karya-karyanya memberikan posisi yang unik di antara penulis-penulis abad ke-20. Ia telah menulis lebih dari tiga puluh buku dalam berbagai genre mulai dari realisme sosial hingga fiksi luar angkasa, dari otobiografi hingga mistisisme dan filsafat. Karya sastranya menawarkan wawasan yang sangat tajam, meskipun kritis, terhadap situasi sosial, politik, dan budaya dunia pasca-1950-an. 'Seni sastra' Lessing memberikan wawasan yang dalam kepada pembaca tentang psikologi karakter dan perilaku emosional. Dalam tulisannya, ia menyajikan tiga tingkat eksplorasi utama. Pertama, tingkat "individu" - analisis diri karakter individu. Kedua, tingkat "antarpersonal" - hubungan antara dua individu yang berbeda, dan yang terakhir, tingkat "hubungan sosial" yang memfokuskan pada sikap protagonis terhadap konvensi sosial secara keseluruhan. Kebebasan adalah salah satu elemen yang paling signifikan dalam tulisannya.

B. Kesimpulan

Chapter 6 membahas tentang sastra dan budaya Afrika dengan referensi khusus pada karya-karya Doris Lessing. Penulisnya, Tawhida Akhter dan M. H. Mohamed Rafiq, menguraikan hubungan antara sastra Afrika dan budayanya dengan fokus pada karya-karya Doris Lessing. Dalam kesimpulannya, penulis mungkin menyimpulkan bahwa karya-karya Lessing merupakan cerminan dari kompleksitas budaya dan sosial Afrika, serta menyelidiki tema-tema seperti identitas, politik, dan perubahan sosial dalam konteks Afrika. Penulis juga mungkin menyoroti kontribusi Lessing terhadap pemahaman dunia sastra Afrika dan pengaruhnya terhadap penulisan dan pembacaan karya sastra di Afrika.

C. Tanggapan Kritis

1. Pujian-Kelebihan

Tulisan ini memberikan fokus yang jelas pada hubungan antara sastra Afrika dan budayanya dengan mengacu khusus pada karya-karya Doris Lessing. Dengan demikian, membantu pembaca untuk lebih mendalam memahami kontribusi Lessing dalam konteks budaya dan sosial Afrika.

Penulis, Tawhida Akhter dan M. H. Mohamed Rafiq, melakukan analisis yang komprehensif terhadap karya-karya Lessing, termasuk tema-tema seperti identitas, politik, dan perubahan sosial dalam konteks Afrika. Hal ini memberikan wawasan yang mendalam tentang kompleksitas budaya dan sosial di Afrika.

Kesimpulan yang mungkin disampaikan oleh penulis, bahwa karya-karya Lessing merupakan cerminan dari kompleksitas budaya dan sosial Afrika, merupakan kesimpulan yang mendasar dan penting. Hal ini memungkinkan pembaca untuk menarik hubungan yang lebih dalam antara karya sastra dengan realitas sosial dan budaya di Afrika.

Tulisan ini memberikan kontribusi yang berarti dalam memahami hubungan antara sastra dan budaya Afrika, dengan fokus yang khusus dan analisis yang mendalam terhadap karya-karya Doris Lessing.

2. Kritik-Kekurangan

            Tulisan ini tampaknya terbatas pada karya-karya Doris Lessing dalam konteks sastra dan budaya Afrika. Hal ini dapat menjadi keterbatasan karena sastra Afrika memiliki beragam penulis dan karya yang juga memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman budaya dan sosial di Afrika.

Meskipun tulisan menguraikan hubungan antara karya-karya Lessing dengan budaya dan sosial Afrika, namun belum jelas sejauh mana analisis tersebut dilakukan dengan kedalaman yang memadai. Misalnya, apakah ada analisis spesifik terhadap elemen-elemen budaya Afrika yang tercermin dalam karya-karya Lessing atau bagaimana pengaruh Lessing terhadap perkembangan sastra Afrika secara lebih mendalam.

Daftar Pustaka

Akhter, Tawhida. M. H. Mohamed Rafiq. 2022. Culture and Literature (Chapter 6, African Literature And Culture with  Special Reference to Doris Lessing’s Works). Newcastle Upon Tyne, Inggris. Cambridge Scholars Publishing.