GEOID

Program GEOID (Geology in Discussion) berisi diskusi penelitian dan diskusi akademik. Program ini dilaksanakan di Laboratorium Teknik Geologi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo. Program dilaksanakan atas usul Kepala Laboratorium. Luaran diskusi penelitian diantaranya penelitian dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian kemudian dipublikasikan dalam jurnal dan international conference. Sedangkan diskusi akademik dilakukan untuk merefresh kembali materi-materi kuliah dan untuk mendiskusikan penemuan terbaru di bidang geologi.

Gambar 1. Tim peneliti geothermal Pangi

Beberapa diskusi penelitian yang menghasilkan judul-judul penelitian diantaranya diskusi tentang Geothermal Pangi Gorontalo, diskusi longsor di Gorontalo Outer Ring Road, serta diskusi tentang struktur dan litologi yang ada di Gorontalo. Penelitian Geothermal Pangi dan longsor di GORR adalah penelitian mahasiswa Teknik Geologi yang didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI.

Gambar 2. Diskusi akademik pengurus laboratorium

Diskusi akademik berlangsung di antara jam kuliah dan praktikum. Diskusi akademik pengurus laboratorium di masa libur kuliah berlangsung dari pukul 16.00 – 23.00 WITA. Diskusi akademik pernah dilakukan bersama Prof Masayuki Sakakibara dari Ehime University yang membahas tentang petrologi dan mikrofosil. Diskusi akademik juga pernah dilakukan bersama David Finn,PhD dari University of California Santa Cruz, Amerika Serikat, membahas topik paleomagnetik.

Gambar 3. Diskusi bersama peneliti paleomagnetik Yellowstone.

Program GEOID dilaksanakan dengan tujuan untuk semakin memperdalam ilmu geologi dan menjadikannya bermanfaat bagi masyarakat. Orang yang benar-benar cerdas akan menggunakan ilmunya untuk mencerahkan sekeliling, sedangkan orang yang pura-pura cerdas akan menggunakan ilmunya untuk mempersulit orang lain.

Posted in E. Geo News
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
okfdhr