ARSIP BULANAN : January 2023

 

          

 

Projek ini adalah projek kolaboratif bertema "Manajemen Pendidikan Kreatif Membangun" adalah projek Mata Kuliah yang dibuat oleh mahasiswa Manajemen Pendidikan sebagai bahagian dari Project-Based Learning dari Mata Kuliah di bawah dosen Pengampu Zulystiawati, PhD, yakni MK Kepemimpinan (Sem.5 Kelas B dan C), MK Perencanaan Stratejik Pendidikan (Sem.5, Kelas A, B, dan C), MK Bahasa Inggris Terapan (Sem.3, kelas A dan B), dan MK Wawasan Budaya (Semester 3, kelas C dan D). Projek ini terinspirasi dari projek di desa pada program MBKM dan juga bentuk pemikiran out of box dari para mahasiswa untuk mengadakan adu proyek (Blue Team VS Green Team). Projek ini dilaksanakan selama 2 hari dengan kegiatan Desa di hari pertama dan kegiatan outbond di hari kedua. Pada proyek ini mahasiswa melakukan pembangunan Green-House untuk Kebun Rumah Tangga dari penduduk yang terpilih, mahasiswa juga membantu upaya penghijauan desa Bunuo, Kab. Bone Bolango dengan menyerahkan 2000 bibit pohon penghijauan seperti Mahoni dan Palem Kencana, dan juga pohon buah di antaranya Sirsak dan Jambu yang memiliki khasiat obat selain konsumsi buah penambah nutrisi masyarakat. Para Mahasiswa juga mlelakukan pendidikan masyarakat pada keberlanjutan sumber alam melalui program kesadaran menanama pohon. Selain itu, keterangan dan nama Green-House dibuat dalam 3 bahasa Inggris-Indonesia-Gorontalo.Mahasiswa juga dengan tangan dan usaha sendiri membuatkan tempat sampah untuk TK, Taman Bermain, Puskemas dan Masjid berisi tulisan pesan tetap menjaga kebersihan dan lingkungan alam sekitar. Kesemua program projek ini telah mereka analisis melalui MK perencanaan pendidikan untuk masyarakat dan project-based learning method. 

     

Hari kedua, para mahasiswa membuat outbond berisi kegiatan dan games kepemimpinan, budaya dan bahasa. Para mahasiswa pemenang memperoleh bingkisan yang disediakan panitia dan pemenang umum mendapatkan bingkisan dari Pengampu MK (Zulystiawati, PhD)

Selain itu, selain luaran proyek, kedua tim juga mempublish kegiatan mereka melalui sosial media sebagi bentuk upaya mempromosikan kegiatan di desa dan penghijuan untuk Indonesia lebih baik.

https://vt.tiktok.com/ZS8j5LUSY/

https://vt.tiktok.com/ZS8j5WrWy/

https://www.youtube.com/watch?v=g30AgcuqZ6M&t=7s

 

 

See you next semester!