Projek Kolaboratif : Manajemen Pendidikan Kreatif Membangun

16 January 2023 22:17:51 Dibaca : 185

 

          

 

Projek ini adalah projek kolaboratif bertema "Manajemen Pendidikan Kreatif Membangun" adalah projek Mata Kuliah yang dibuat oleh mahasiswa Manajemen Pendidikan sebagai bahagian dari Project-Based Learning dari Mata Kuliah di bawah dosen Pengampu Zulystiawati, PhD, yakni MK Kepemimpinan (Sem.5 Kelas B dan C), MK Perencanaan Stratejik Pendidikan (Sem.5, Kelas A, B, dan C), MK Bahasa Inggris Terapan (Sem.3, kelas A dan B), dan MK Wawasan Budaya (Semester 3, kelas C dan D). Projek ini terinspirasi dari projek di desa pada program MBKM dan juga bentuk pemikiran out of box dari para mahasiswa untuk mengadakan adu proyek (Blue Team VS Green Team). Projek ini dilaksanakan selama 2 hari dengan kegiatan Desa di hari pertama dan kegiatan outbond di hari kedua. Pada proyek ini mahasiswa melakukan pembangunan Green-House untuk Kebun Rumah Tangga dari penduduk yang terpilih, mahasiswa juga membantu upaya penghijauan desa Bunuo, Kab. Bone Bolango dengan menyerahkan 2000 bibit pohon penghijauan seperti Mahoni dan Palem Kencana, dan juga pohon buah di antaranya Sirsak dan Jambu yang memiliki khasiat obat selain konsumsi buah penambah nutrisi masyarakat. Para Mahasiswa juga mlelakukan pendidikan masyarakat pada keberlanjutan sumber alam melalui program kesadaran menanama pohon. Selain itu, keterangan dan nama Green-House dibuat dalam 3 bahasa Inggris-Indonesia-Gorontalo.Mahasiswa juga dengan tangan dan usaha sendiri membuatkan tempat sampah untuk TK, Taman Bermain, Puskemas dan Masjid berisi tulisan pesan tetap menjaga kebersihan dan lingkungan alam sekitar. Kesemua program projek ini telah mereka analisis melalui MK perencanaan pendidikan untuk masyarakat dan project-based learning method. 

     

Hari kedua, para mahasiswa membuat outbond berisi kegiatan dan games kepemimpinan, budaya dan bahasa. Para mahasiswa pemenang memperoleh bingkisan yang disediakan panitia dan pemenang umum mendapatkan bingkisan dari Pengampu MK (Zulystiawati, PhD)

Selain itu, selain luaran proyek, kedua tim juga mempublish kegiatan mereka melalui sosial media sebagi bentuk upaya mempromosikan kegiatan di desa dan penghijuan untuk Indonesia lebih baik.

https://vt.tiktok.com/ZS8j5LUSY/

https://vt.tiktok.com/ZS8j5WrWy/

https://www.youtube.com/watch?v=g30AgcuqZ6M&t=7s

 

 

See you next semester!

  

Zulystiawati, PhD merupakan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dari Jurusan Manajemen Pendidikan yang menjadi peserta program Visiting Professor yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 2022. Program ini direncanakan menghasilkan beberapa luaran, termasuk Surat Perjanjian Kerjasama dengan unit kerja setiap peserta, Kuliah pakar, Publikasi (buku dan artikel), dan International Collaboration. 

Pada kegiatan Kuliah Pakar, Jurusan Manajemen Pendidikan dipercayakan menjadi salah satu host pada Bidang Kepakaran Manajemen Pendidikan dengan menghadirkan 4 pemateri profesional pada bidang mereka masing. Kegiatan Kuliah pakar ini dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Agustus dengan tema asesmen kebutuhan dan perencanaan pendidikan ini para pelaku dunia pendidikan mampu berperan aktif dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan memahami konsep asesmen sebagai bagian integral instruction dalam pendidikan yang butuh perhatian khusus dalam integrasinya pada perencanaan pendidikan. 

Para narasumber yakni:

  1. Prof. Dr. Sri Haryati, M.Pd. (Universitas Tidar Magelang)
  2. Dr. Supardi, M.Pd., Ph.D. (Universitas Islam Negeri Sulatan Maulana Hasanuddin Banten)
  3. Dr. Yayat Suharyat (UNISMA Bekasi)
  4. Dr. Ahmad Hariyadi, M.Pd (Universitas Muria Kudus)

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pendidikan dan dihadir oleh 100+ peserta (Dosen/ Guru dan Mahasiswa) dari berbagai universitas di Indonesia. Kegiatan Kuliah Pakar ini dilakukan secara online selama 3.5 jam. Harapan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan agar kegiatan serupa terus dilakukan dan semakin banyak dosen yang berkegiatan di luar dan menghasilkan luaran yang dapat terus mendorong semakin majunya Fakultas Ilmu Pendidikan dan capaian IKU Fakultas Ilmu Pendidikan terus tumbuh sehinnga perolehan IKU Fakultas Ilmu pendidikan tetap menjadi nomor 1 pada Universitas Negeri Gorontalo. Kolabarorasi dan kerjasama pada level kolaborasi individu dosen hingga kolaborasi antar universitas perlu terus dipupuk hingga ke konteks regional dan internasional. Kegiatan ini diharap mampu menjadi inspirasi Dosen dan mahasiswa untuk terus berkarya. 

Berikut adalah beberapa dokumentasi 

Semoga bermanfaat dan see you on other seminars!

 

 

 

 

 

National seminar on leadership, culture and language was organised by the student of the Education Management Department as part of their project-based learning in my classes: Kepemimpinan, Wawasan Budaya dan Bahasa Inggris terapan. The national seminar was held on Saturday, 18th of December 2021 via zoom, attended by 250+ participants from Gorontalo university students and students from the number of Indonesian universities in Sumatra, Java, Sulawesi, Papua, and Maluku. This event was held by presenting 3 panellists from different backgrounds and talking about their area of expertise. 

 

National WebinarLeadership, Culture and Language: The Role of Indonesian Youth for Better Future

Meet our Esteemed speakers:

Moh. Syahrun Ibrahim, S.Pd, M.Ed (Lead.&Mgmt.), PhD Lecturer and Researcher, English Department, Universitas Negeri Gorontalo talked about Leadership and Youth: Preservation of Local Language and Cultures

Dr. Yanto, S.Pd, M.EdLecturer and Youtuber, English Education Study Program, Universitas Jambi, talked about English and Youtube: English Skills for Future Career Choice for Youth

Citra Kumala, S.E., BBA, M.Sc.Research Analyst, The World Bank, talked about Studying Abroad: Academic Culture, Learning Experiences and Aspiration for Youth Leadership

 

This event provided free e-certicate.

some lucky participants won some gifts from the committee and the winner got books (gifts from Pak Syahrun and Pak Yanto), Mobile Credits (from AMI Foundation as Sponsor), and Restaurant Coupons (from Arafah Cafe as Sponsor)

In conclusion, The students were more than capable of managing and coordinating such event when they put their best efforts into the projects and given full support on the project they did.

The event was success and everybody earned good grade from their hard work. 

Congratulations! 

See you in the future seminars!