PERTOLONGAN PERTAMA PADA KASUS LUKA BAKAR

10 February 2021 20:29:01 Dibaca : 18 Kategori : Pendidikan Kesehatan
  1. Dinginkan bagian yang terbakar dengan air dingin yang mengalir minimal 10 menit. Mendinginkan bagian yang terbakar akan mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan risiko meluasnya perlukaan. Semakin cepat dimulai dan lebih lama didinginkan maka semakin sedikit dampak cederanya.
  2. Jika luka bakar membutuhkan perawatan medis lanjutan, balut luka secara longgar dengan menggunakan plastik bersih seperti penutup makanan atau kantung plastik biasa. Plastik membantu untuk mencegah infeksi dengan menjaga area yang terbakar tetap bersih. Plastik adalah penutup yang baik karena tidak akan lengket pada luka bakar dan mengurangi rasa sakit dengan menghalangi rasa sakit dengan menghalangi kontak langsung antar permukaan kulit dengan udara.
  3. Hubungi dan atau bawa penderita ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan. Jika seseorang terkena luka bakar yang melepuh, atau luka bakar yang terjadi lebih dari satu bagian tubuh segera dibawa ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan lanjutan

   Simak Juga : 

           Video Edukasi Pertolongan Pertama pada Kasus "Luka Bakar" untuk Orang Awam            

           Video Simulasi Intervensi Keperawatan Penanganan Luka Bakar

Bisakah saya menaruh mentega atau bahan lainnya (Krim, kecap, pasta gigi, oli, sabun, dll)?

Tidak. Mentega tidak akan mendinginkan luka bakar. Semua jenis minyak akan mempertahankan panas, hal ini berlawanan dengan anda inginkan dan akan menyebabkan kerusakan kulit yang lebih berat.

Apakah saya menggunakan es batu untuk mendinginkan luka bakar?

Tidak. Es batu dapat merusak kulit. Gunakan air yang mengalir. Jika anda tidak memiliki air yang mengalir, siram dengan cairan dingin lainnya.

Jika baju lengket pada bagian yang terbakar, apakah saya harus melepaskannya?

Tidak. Jangan coba untuk melepaskan apapun yang lengket pada luka yang terbakar karena dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih berat. Tapi lepaskan pakaian atau perhiasan yang ada di dekat bagian yang terbakar.