PERTOLONGAN PERTAMA PADA SERANGAN JANTUNG

14 February 2021 22:21:42 Dibaca : 16 Kategori : Pendidikan Kesehatan
  1. Orang yang mengalami serangan jantung pada umumnya mengalami rasa sakit di dada sebelah kiri, atau tidak rasa tidak nyaman di lengan, leher, rahang, punggung dan ulu hati. Rasa sakit tersebut disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah ke otot jantung, dan rasa sakit tersebut berkurang dengan istirahat. Bila anda sering mengalami gejala seperti diatas, segeralah untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.
  2. Hubungi dan atau bawa penderita ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan. Penderita tersebut harus mendapatkan pertolongan medis secepatnya, karena serangan jantung bisa berbahaya dan perlu pertolongan segera.
  3. Pastikan bahwa penderita pada posisi yang nyaman (Posisi duduk di lantai, bersandar membelakangi dinding atau kursi). Tindakan ini akan meringankan tekanan pada jantung. Memposisikan penderita duduk dilantai juga akan mencegah cedera jika penderita pingsan.
  4. Terus tenangkan penderita selama menunggu pertolongan datang.

Apa itu serangan jantung?

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Hambatan ini mengakibatkan jantung tidak dapat bekerja secara efektif, sehingga serangan jantung bisa berakibat fatal. Beratnya serangan jantung tergantung pada luas otot jantung yang terdampak.

Bagaimana bisa saya mengetahui bahwa seseorang mengalami serangan jantung?

Gejala-gejala serangan jantung dapat beragam, termasuk :

  • Rasa sakit sebelah dada kiri terus menerus, yang menyebar ke bagian lengan, leher, rahang, punggung atau perut. Dalam beberapa kasus, rasa sakit itu bisa saja di salah satu lokasi yang disebutkan tadi
  • Tidak bernafas
  • Berkeringat dingin

Apa yang harus saya lakukan jika penderita tidak sadarkan diri atau berhenti bernafas?

Cari tahu bagaimana menolong orang yang tidak sadarkan diri dan tidak bernafas dengan membuka tautan di bawah ini :

PERTOLONGAN PERTAMA PADA SESEORANG YANG TIDAK SADARKAN DIRI DAN BERNAFAS