PERTOLONGAN PERTAMA PADA SESEORANG YANG TIDAK SADARKAN DIRI DAN TIDAK BERNAFAS

24 February 2021 15:44:18 Dibaca : 10 Kategori : Pendidikan Kesehatan
  1. Periksa napasnya dengan memiringkan kepalanya ke belakang dan melihat atau merasakan napasnya
  2. Mintalah orang lain untuk menghubungi dan atau bawa penderita ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan. Jika anda merasakan nafasnya dan ditemukan tidak bernafas, mulailah menekan dadanya. Letakkan satu telapak tangan anda pada bagian tengah dada dan tumpuk dengan tangan lainnya di bagian atasnya, jajarkan jari-jari anda bersamaan
  3. Tekan dengan kuat ke bawah pada tenah dada kemudian lepaskan
  4. Tekanan dengan kedalaman orang dewasa 4-5 cm dan kecepatan 100-120 kali permenit. Teknik dan caranya dapat disimak pada video Bantuan Hidup Dasar

Apakah saya melakukan kompresi dada dengan cara yang berbeda kepada anak atau bayi?

Pendekatannya sama, tetapi kompresi dada harus sedikit dimodifikasi bila dilakukan pada anak atau bayi. Untuk anak berusia antara satu sampai 12 tahun, gunakan kedua tangan untuk menekan dada sedalam 2 inci. Untuk bayi (kurang dari satu tahun), gunakan permukaan 2 jari-jari anda dan tekan dadanya sedalam 1 1/2 inci.

Apa yang dimaksud dengan kompresi dada?

Kompresi dada adalah ketika anda meletakkan tangan anda di tengah dada seseorang kemudian menekan dan melepasnya berulang-ulang dengan cepat dan membantu memompa darah ke seluruh tubuhnya.

Bagaimana jika saya sedang sendirian ketika menemukan seseorang yang tidak sadarkan diri ketika menemukan seseorang yang tidak sadarkan diri atau tidak bernafas?

Jika anda sendirian, hubungi fasilitas kesehatan terdekat, sebelum anda mulai melakukan kompresi dada.

Apakah saya harus memberikan nafas dari mulut ke mulut juga?

Hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan jika yang diberi bantuan bukan keluarga inti/ yang dikenal, karena tidak diketahui korban yang diberi pertolongan mengidap penyakit infeksius. Anda cukup memberikan kompresi dada. Jika keluarga sendiri, anda dapat melakukannya dengan cara tekanan kompresi dada sebanyak 30 kali lalu diikuti dengan 2 kali bantuan nafas.