PERTOLONGAN PERTAMA SERANGAN ASMA

07 February 2021 14:17:30 Dibaca : 14 Kategori : Pendidikan Kesehatan
  1. Bantulah penderita untuk duduk pada posisi yang nyaman dan bantu untuk mengembalikan obatnya. Ketika seseorang terserang asma, otot-otot disaluran pernafasannya menyempit, sehingga penderita kesulitan untuk bernafas. Gunakanlah obat yang disarankan oleh dokter seperti inhaler untuk meregangkan otot-otot pernafasannya hingga saluran pernafasan mengembang dan orang tersebut dapat bernafas dengan mudah
  2. Tenangkan penderita tersebut. Jika serangnnya menjadi lebih berat dan bila penderita tidak memiliki obat atau tidak membaik dengan obat yang sudah diberikan, hubungi dan atau bawa penderita ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan. Serangan ringan biasanya pulih dalam beberapa menit. Jika tidak pulih atau jika obat inhaler tidak memiliki efek menjadi lebih baik, hubungi fasilitas kesehatan terdekat.

          Simak Juga : 

          Pertolongan Pertama pada Kasus "Asma"

Apa itu Asma?

Asma adalah gangguan pernafasan dimana penderita mengalami kesulitan bernafas yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan karena peradangan atau alergi.

Kapan saya Harus Menghubungi Fasilitas Kesehatan Terdekat?

Hubungi fasilitas kesehatan terdekat, jika salah satu dari hal berikut ini terjadi :

  • Mengalami serangan untuk pertama kalinya
  • Henti nafas
  • Penderita kelelahan
  • Obat-obatannya tidak memberi efek lebih baik
  • Tidak memiliki obat

Contoh inhaler :