PERTOLONGAN PERTAMA PADA PERDARAHAN

09 February 2021 13:29:07 Dibaca : 114 Kategori : Pendidikan Kesehatan
  1. Tekan bagian yang luka dengan apapun yang dapat menghentikan atau memperlambat aliran darah selama 15 s/d 20 menit (jangan lupa gunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan latex, masker dan kacamata pelindung). Anda sedang bertindak sebagai penyumbat untuk mengendalikan keluarnya darah dan mengendalikan perdarahan.
  2. Jika perdarahan bertambah banyak, hubungi dan atau bawa penderita ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan.
  3. Tetap tekan area luka hingga pertolongan datang

           Simak Juga : 

           Pertolongan Pertama pada Kasus "Perdarahan"

Apa yang dapat saya gunakan untuk menekan luka tersebut?

Gunakan apa saja yang tersedia, tidak perlu kain atau kapas perlengkapan pertolongan pertama. Anda dapat menggunakan tangan anda, tangan penderita, kaus, handuk, atau apa saja yang dapat menutupi luka atau memperlambat aliran darah

Apakah saya harus membersihkan lukanya?

Untuk luka kecil atau bekuan darah, anda dapat membersihkan lukanya untuk menghilangkan kotoran. Jangan membersihkan luka yang mengalami perdarahan berat. Jika anda membersihkan luka yang mengalami perdarahan berat, anda justru akan menghilangkan pembekuan darah dan akhirnya perdarahan akan semakin bertambah banyak.

Apa yang harus saya lakukan jika ada benda yang melekat. menancap pada lukanya?

Jangan dicabut, itu dapat membantu menutupi lubang dan menghentikan aliran darah. Sebaliknya, tekan saja disekitar banda tersebut. Bila benda yang menancap/ melekat dicabut makan dapat memperberat perdarahan.