Early Warning Score System (EWSS)

05 March 2021 06:17:06 Dibaca : 108 Kategori : Keperawatan Gawat Darurat

Sistem peringatan dini di rumah sakit berupa rangkaian sistem komunikasi informasi, dimulai dari deteksi awal, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan untuk penanganan berikutnya. Penilaian pada sistem peringatan dini ini menggunakan skor yang disebut Early Warning Score. EWS yang umumnya digunakan adalah National Early Warning System (NEWS).

NEWS adalah sistem penilaian kumulatif yang menstandarkan penilaian tingkat keparahan penyakit akut yang dikembangkan pertama kali pada tahun 2012. Alat sederhana yang saat ini sudah digunakan hampir di seluruh rumah sakit, yang penilaian skoringnya dihitung dari tanda-tanda vital pasien.

Manfaat EWS, yakni :

  • Sistem EWS untuk deteksi dini penyakit akut dengan mengukur parameter fisiologis spesifik dengan format standar
  • Sistem penilaian standar untuk menentukan tingkat keparahan penyakit untuk mendukung pengambilan keputusan klinis yang konsisten dan respons klinis yang tepat
  • Standardisasi pelatihan dalam pendeteksian penyakit akut dan manajemen pasien yang mengalami penurunan secara klinis
  • Adopsi sistem penilaian standar di seluruh rumah sakit, tidak hanya dalam konteks perburukan klinis akut tetapi juga untuk pemantauan terus-menerus dari semua pasien

Mengingat pentingnya mengenali kegawatan secara dini telah dikembangkan sistem deteksi dini (Early Warning System) dan resusitasi yang optimal (aktivasi code blue) yang terintegrasi dalam rantai keselamatan pasien “Chain of survival”

Standar prosedur operasional untuk pelaksanaan EWS dapat diunduh pada link berikut, Standar Prosedur Operasional pelaksanaan EWS

Pengembangan EWS yang saat ini digunakan adalah National Early Warning System (NEWS) 2, dengan pengukuran parameter dibawah ini :

Penambahan pada NEWS 2, yakni penambahan level penanganan, parameter lebih rinci dengan rentang yang jelas, adanya saturasi oksigen skala 2 untuk pasien dengan kondisi khusus, misalnya dengan target saturasi oksigennya 88-92%, contohnya pada gagal nafas hiperkapnia (Sesuai dengan hasil kolaborasi tim medis). Berikutnya, penambahan keadaan gelisah pada level kesadaran.

EWS untuk Pasien Covid-19

Modifikasi EWS dewasa pada masa pandemi Covid-19, yakni pada penambahan usia dan pengkategorian pasien.

 

Respon terhadap hasil pengkajian Early Warning System Score pada pasien dewasa Covid-19

Sumber :

  • DPP HIPGABI
  • Liao, X., Wang, B., & Kang, Y. (2020). Novel coronavirus infection during the 2019–2020 epidemic: preparing intensive care units—the experience in Sichuan Province, China. Intensive care medicine, 46(2), 357-360.