PERTOLONGAN PERTAMA PADA ALERGI/ ANAFILAKSIS

07 March 2021 06:44:12 Dibaca : 20 Kategori : Pendidikan Kesehatan
  1. Penderita dapat mengalami bintik merah di kulit, gatal-gatal atau pembengkakan pada tangan, kaki atau wajah. Nafasnya dapat melambat. Penderita juga dapat menunjukkan gejala muntah dan diare. Umumnya reaksi alergi disebabkan oleh serbuk sari, sengatan binatang dan beberapa bahan tertentu (Misalnya: Bedak, karet lateks), serta beberapa jenis makanan, seperti kacang-kacangan atau produk susu.
  2. Jika seseorang menderita syok/ renjatan yang disebabkan oleh alergi, hubungi fasilitas kesehatan terdekat, meminta orang lain untuk membantu. Pelajari lebih lanjut PERTOLONGAN PERTAMA PADA SESEORANG YANG MENGALAMI SYOK

   Simak Juga : Pertolongan Pertama pada " ANAFILAKSIS "

Apa yang dimakud syok anafilaksis?

Syok anafilaksis adalah reaksi alergi yang sangat berat yang mengakibatkan seseorang kesulitan untuk bernafas, dapat berlanjut menjadi denyut nadi yang melemah, tekanan darah yang rendah dan menurunnya tingkat kesadaran. Jika seseorang diketahui mengalami syok anafilaksis maka perlu diberikan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Makanan apa saja yang dapat menyebabkan reaksi alergi?

Umumnya reaksi alergi disebabkan oleh serbuk sari, debu, sengatan binatang dan beberapa bahan tertentu ((Misalnya: Bedak, karet lateks), serta beberapa jenis makanan, seperti kacang-kacangan atau produk susu.