Cara Membuat Akun SINTA dan Menautkan Data Scholar dan Scopus ke SINTA

17 October 2020 20:05:43 Dibaca : 21536 Kategori : Informasi Publik

Jika pada tulisan sebelumnya dibahas Cara Mudah Membuat Akun di Google Scholar, maka pada tulisan kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat akun SINTA dan bagaimana menautkan akun Scholar dan Scopus anda ke SINTA. Sebagaimana telah diketahui bahwa akun SINTA menjadi sesuatu yang wajib untuk dimiliki oleh setiap dosen di zaman ini, karena rekam jejak setiap dosen akan dilihat dan dinilai berdasarkan profil SINTA yang dimiliki. Dalam hal ini, klasterisasi perguruan tinggi juga akan dinilai berdasarkan rekam jejak dan kinerja dosennya yang tercantum di SINTA. Semakin banyak karya dosen yang terindeks di SINTA, akan semakin bagus posisi Institusinya dalam klasterisasi Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, berikut kita bahas bagaimana cara membuat akun di SINTA. Apasaja yang perlu disiapkan untuk membuat akun SINTA? Pada prinsipnya tidak perlu ada persiapan khusus, yang wajib ada adalah Akun Google Scholar dan Email (disarankan menggunakan email yang sama dengan akun scholar). Selanjutnya, anda hanya perlu mengingat NIDN atau NIDK bagi dosen PTS dan juga disarankan untuk menyiapkan NIK.

Berikut langkah-langkah untuk membuat akun SINTA dan menautkan akun scholar dan scopus ke SINTA:

  1. Buka Browser dan masukan URL http://SINTA.ristekbrin.go.id/author atau melalui menu Registration pada halaman http://sinta.ristekbrin.go.id/. Tampilan halaman seperti pada Gambar berikut:                                            
  2. Pilih salah satu Status Author (Lecturer atau Researcher) seperti pada Gambar 2. Jika anda seorang dosen, maka pilih Lecturer lalu masukkan NIDN/NIDK pada kolom disebelah kanannya. Tampilan halaman seperti pada Gambar berikut:                                
  3. Pada saat memasukan NIDN/NIDK, pilihlah data yang muncul pada autocomplete seperti pada Gambar berikut:             
  4. Pada Affiliation, silahkan memilih dari data yang muncul pada autocomplete Affiliation seperti pada Gambar berikut, jika tidak maka registrasi tidak dapat dilanjutkan.                                                                                               
  5. Pada bagian Academic Grade (Jabatan Fungsional), pilihlah data yang muncul pada autocomplete seperti pada Gambar berikut:                         
  6. Masukkan nomor KTP pada kolom ID Card Number (KTP Only) dan email pada kolom email. Setelah itu, silahkan buat PASSWORD yang mudah untuk diingat tapi susah untuk ditebak orang lain. :) Disarankan untuk menggunakan password yang sama dengan password email anda.
  7. Langkah berikutnya adalah langkah yang sangat penting, karena pada tahap ini anda akan menautkan akun google scholar anda pada akun SINTA yang anda buat. Pada isian Google Scholar URL hanya diperlukan copy dan paste URL Profil Google Scholar (masuk ke https://scholar.google.co.id/ lalu klik Profil Saya, Copy URL untuk dimasukkan pada kolom Google Scholar URL). Sistem akan menampilkan gambar profil Google Scholar jika ID valid seperti pada Gambar berikut. Jika Google Scholar ID tidak valid maka registrasi tidak dapat dilanjutkan.
  8. Bagi anda yang memiliki akun Scopus, silahkan lakukan langkah yang sama pada poin 7 dengan menggunakan URL profil Scopus anda.
  9. Klik tombol Register untuk memproses data. Field yang berwarna merah pada Gambar berikut menunjukkan data yang wajib harus diisi.                 
  10. Jika registrasi berhasil dilakukan, maka author akan mendapatkan notifikasi Registration Success seperti pada Gambar berikut:
  11. Setelah proses registrasi berhasil, maka author akan mendapatkan email yang berisi link untuk mengaktivasi akun SINTA seperti pada Gambar berikut. Catatan: Anda harus melakukan aktivasi dalam waktu 24 jam setelah registrasi. Apabila tidak melakukan aktivasi maka link aktivasi akan expired dan anda harus melakukan registrasi ulang.
  12. Jika tidak mendapatkan link untuk aktivasi akun SINTA, pendaftar dapat melakukan permintaan pengiriman ulang link aktivasi dengan mengklik Resend Activation Link pada sebelah kanan bawah aplikasi di https://sinta.ristekbrin.go.id/author/ seperti pada Gambar berikut:
  13. Setelah proses aktivasi maka pendaftar akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa akun sudah teraktivasi.
  14. Selanjutnya setelah akun anda teraktivasi di SINTA, anda dapat melakukan login dengan email dan password yang sudah dibuat pada saat registrasi.
  15. Pada tahap berikutnya, tim verifikasi SINTA akan melakukan verifikasi terhadap data anda. Setelah akun dinyatakan sah oleh tim verifikasi RISTEKDIKTI, maka data dokumen akan disinkronkan dengan Google Scholar ID dan Scopus ID anda.

Demikian cara membuat akun SINTA dan menautkan akun Google Scholar dan Scopus anda ke SINTA. Semoga bermanfaat.