Cara merger ID Garuda bagi Dosen atau Peneliti yang memiliki beberapa ID di Portal Garuda

28 July 2022 09:08:02 Dibaca : 287 Kategori : Informasi Publik

Bagi dosen atau peneliti, ID Garuda termasuk salah satu diantara sekian banyak identitas yang diperlukan untuk mencatat rekam jejak kinerja di bidang penelitian. ID Garuda adalah salah satu ID yang perlu di input dan disnkronkan ke Profil SINTA Kemdikbud untuk merekam seluruh publikasi hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh seorang dosen atau peneliti. Namun demikian, bagi dosen atau peneliti yang telah menerbitkan beberapa publikasi yang terindeks di Garuda, terkadang juga terekam beberapa ID karena adanya perbedaan metadata yang dinput oleh pengelola jurnal. Oleh karena itu, perlu dilkaukan proses MERGER untuk mendapatkan satu ID tetap yang akan disinkronkan dengan Profil SINTA. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk merger ID garuda:

  1. Silahkan kunjungi portal garuda di laman https://garuda.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih Advanced Search, pilih authors, lalu ketikkan nama anda pada kolom Author Name.
  3. Setelah itu klik Search, maka muncul semua nama yang terekam dengan ID berbeda di Garuda.
  4. Jika terekam banyak nama dengan ID berbeda, silahkan perluas halaman pencarian jadi 100 per page agar semua nama bisa terlihat sekaligus.
  5. Silahkan centang semua nama anda lalu klik Merge Authors Request pada bagian bawah.
  6. Setelah itu akan terekam semua format Nama Author, ID, Afiliasi, dan judul artikel yang telah terekam di portal Garuda. Silahkan anda pilih ID, Nama, dan Afiliasi yang diinginkan sebagai identitas akhir setelah Merger. Masukkan email aktif yang anda gunakan sebagai email korespondensi. Jika muncul judul artikel yang bukan publikasi anda, silahkan hilangkan centangnya.
  7. Klik Send Request, maka proses merger selesai. 

Admin Garuda membutuhkan waktu 14 hari kerja untuk menyelesaikan permintaan anda, namun terkadang bisa selesai lebih cepat. Silahkan cek secara berkala ID anda, dan jangan lupa untuk memasukkan ID Garuda pada profil SINTA.

Demikian cara merger ID Garuda bagi dosen atau Peneliti yang memiliki beberapa ID di Portal Garuda. Semoga bermanfaat.