Cara Registrasi Akun SINTA dan Sinkronisasi Data bagi Dosen atau Peneliti

29 July 2022 21:46:07 Dibaca : 240 Kategori : Informasi Publik

Jika pada tulisan sebelumnya dibahas Cara Mudah Membuat Akun di Google Scholar dan Cara merger ID Garuda, maka pada tulisan kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat akun SINTA dan bagaimana menautkannya dengan profil publikasi seperti Scopus, Web of Science, Garuda, dan Google Scholar. Sebagaimana telah diketahui bahwa akun SINTA menjadi sesuatu yang wajib untuk dimiliki oleh setiap dosen saat ini, karena rekam jejak setiap dosen akan dilihat dan dinilai berdasarkan profil SINTA yang dimiliki. Dalam hal ini, klasterisasi perguruan tinggi juga akan dinilai berdasarkan rekam jejak dan kinerja dosennya yang tercantum di SINTA. Semakin banyak karya dosen yang terindeks di SINTA, akan semakin bagus posisi Institusinya dalam klasterisasi Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, berikut kita bahas bagaimana cara membuat akun di SINTA. Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat akun SINTA? Pada prinsipnya tidak perlu ada persiapan khusus, yang wajib ada adalah Akun Google Scholar, NIK dan Email (disarankan menggunakan email dengan domain institusi). Selanjutnya, anda hanya perlu mengingat NIDN atau NIDK bagi dosen PTS.

Berikut langkah-langkah untuk membuat akun SINTA dan menautkan akun scholar dan scopus ke SINTA:

  1. Buka Browser dan masukan URL https://sinta.kemdikbud.go.id/logins/registration.                  
  2. Pilih salah satu Status Author (Lecturer, Researcher atau Foreign Lecturer/Researcher)
  3. Jika anda seorang dosen, maka pilih Lecturer lalu masukkan NIDN/NIDK pada kolom disebelah kanannya.
  4. Pilih negara (Indonesia tentunya), masukkan nama lengkap (tanpa gelar akademik), ketikkan nama Institusi lalu pilihlah data institusi yang benar yang muncul pada autocomplete.                                                                                           
  5. Pilih Academic Grade (Jabatan Fungsional) yang sesuai, masukukkan NIK pada kolom ID Card Number.
  6. Masukkan email anda, lalu buat Password yang aman dan mudah diingat pada kolom yang sesuai.   
  7. Klik tombol Registration untuk memproses data.
  8. Selanjutnya perlu dilakukan aktivasi akun SINTA. Silahkan cek pesan masuk pada email dan klik link aktivasi dari SINTA. Jika tidak menemukan di kotak masuk, bisa cek pada bagian spam.
  9. Setelah proses aktivasi maka pendaftar akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa akun sudah teraktivasi.
  10. Setelah ini, anda dapat login dengan email dan password yang sudah dibuat pada saat registrasi.
  11. Langkah terakhir, silahkan menghubungi verifikator SINTA Institusi anda untuk melakukan verifikasi pada akun SINTA anda.

Demikian cara registrasi akun SINTA dan menautkan akun Google Scholar dan Scopus ke SINTA. Setelah dilakukan registrasi, perlu dilakukan sinkronisasi data dari profil publikasi seperti Scopus, Web of Science, Garuda, dan Google Scholar. Untuk proses ini dapat dilakukan dengan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Silahkan login pada https://sinta.kemdikbud.go.id/ menggunakan email dan password yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Klik My Profile pada nama anda dibagian pojok kanan atas.
  3. Klik Sinta ID lalu pilih Update Profile pada pojok kanan atas, maka muncul tampilan seperti pada Gambar berikut:
  4. Klik Sync PDDIKTI untuk menyesuaikan dengan Data pada PDDIKTI, lalu masukkan ID Scopus, ID Garuda, ID Publon, dan ID WoS pada kolom yang bersesuaian.
  5. Langkah terakhir, klik Update Profile pada bagian kiri bawah.
  6. Langkah berikut, silahkan lakukan sinkronisasi data scopus, WoS, Garuda, dan Scholar pada menu My SINTA (Sidebar bagian Kiri). Perlu diingat bahwa permintaan sinkronisasi data hanya dapat dilakukan sekali dalam 7 hari.
  7. Data lain seperti buku ber ISBN dan HAKI dapat ditambahkan secara manual, namun selanjutnya membutuhkan verifikasi dari operator SINTA Perguruan Tinggi.

Demikian cara Cara Registrasi Akun SINTA bagi Dosen atau Peneliti serta Sinkronisasi Data Scopus, WoS, garuda, dan Google Scholar. Semoga bermanfaat.