Cara Registrasi Akun di Jurnal yang Menggunakan OJS 2

04 July 2022 10:51:18 Dibaca : 46 Kategori : Open Journal System

Sebelum menyerahkan naskah untuk diproses penerbitannya di suatu jurnal ilmiah, maka hal pertama yang harus dimiliki oleh penulis adalah AKUN yang akan digunakan untuk login di jurnal tujuan. pada tulisan ini, diberikan tutorial singkat bagaimana Cara Registrasi Akun di Jurnal yang Menggunakan OJS 2. Sebelum melakukan registrasi, anda hanya perlu menyiapkan email aktif yang akan digunakan untuk berkomunikasi. Pastikan email yang anda gunakan adalah email yang dapat diakses atau email yang sehari-hari anda gunakan untuk berkomunikasi. Berikut adalah tutorial tentang Cara Registrasi Akun di Jurnal yang Menggunakan OJS 2.

  1. Kunjungi website Jurnal Tujuan. Pada tulisan ini kami berikan contoh Jambura Journal of Mathematics yang menggunakan OJS 2.
  2. Klik menu Register pada bagian website jurnal
  3. Lengkapi data pada setiap kolom yang tersedia, mulai dari username, password, dst. Pada bagian afiliasi, sebaiknya ditulis lengkap mulai dari nama Program Studi, Fakultas, dan Universitas.
  4. Berikutnya yang perlu dipastikan terisi adalah kolom email dan konfirmasi email. Pada bagian akhir, jangan lupa untuk centang bagian register as AUTHOR. Jika ingin mendapatkan email notofikasi username dan password, silahkan centang CONFIRMATION.
  5. Setelah semua data lengkap, klik tombol REGISTER, maka pendaftaran akun selesai.
  6. Sampai pada tahap ini, umumnya pendaftaran sudah selesai dan akun sudah bisa digunakan untuk login dan submit naskah. Namun pada beberapa jurnal, dibutuhkan verifikasi lebih lanjut agar akun dapat digunakan untuk login.
  7. Caranya, cek email verifikasi pada email yang digunakan untuk register. Jika tidak menemukan pada bagian inbox, biasanya terdapat pada kotak spam. Klik link verifikasi yang telah dikirimkan pada email, dan selanjutnya akun dapat digunakan untuk login.

Demikian Cara Registrasi Akun di Jurnal yang Menggunakan OJS 2, semoga bermanfaat. Berikut, kami mengundang anda untuk menerbitkan naskah dengan kualitas terbaik sesuai dengan scope beberapa jurnal kami berikut: