Matoduwolo

25 April 2018 07:04:39 Dibaca : 801 Kategori : E. Geo Program

Matoduwolo adalah pemberian pelayanan kepada sivitas akademika UNG dan masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkait kegeologian. Program Matoduwolo adalah program di Lab Teknik Geologi “John Ario Katili”, Prodi Teknik Geologi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, FMIPA UNG. Subprogram dari kegiatan Matoduwolo adalah Gemstone Corner yaitu pemberian pelayanan kepada pengunjung yang ingin mengetahui informasi makroskopis dan mikroskopis mineral dan batuan. Program Matuduwolo dan Gemstone Corner diusulkan oleh Kepala Lab Teknik Geologi (Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T) dan mendapat dukungan besar dari Dekan Fakultas MIPA (Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd) dan Ketua Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (Dr. Sunarty Eraku, M.Pd).

Gambar 1. Kunjungan wartawan media cetak (Gorontalo Post) dan elektronik (TVRI, Trans TV, dan TV One) di Lab Teknik Geologi UNG

Lab Teknik Geologi telah menerima banyak pengunjung dari lingkungan Universitas Negeri Gorontalo maupun masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputar instrumen-instrumen geologi, Danau Limboto, Batu Akik, dan informasi geologi lainnya. Program Matoduwolo diusulkan oleh Kepala Lab Teknik Geologi melalui rapat lab dan mulai dilaksanakan sejak tahun 2014.

Gambar 2. Berita Lab Teknik Geologi pada Gorontalo Post, Liputan 6 News, dan Kompas

Gambar 3. Wawancara Kepala Lab Teknik Geologi, dosen geologi dan warga pencinta batu akik di Stasiun TVRI Gorontalo

Tahun 2015 saat booming Batu Akik di Indonesia, Lab Teknik Geologi mengambil peran untuk menjelaskan fenomena batu akik berdasarkan tinjauan geologi. Masyarakat yang sudah tidak mempercayai mitos-mitos tentang keanehan dan kemistisan batu akik mengunjungi Lab Teknik Geologi untuk meminta penjelasan ilmiah tentang mineral dan batuan. Pengurus Lab juga memberikan penjelasan tentang cara membedakan batu akik alami dan sintetis agar masyarakat tidak salah dalam memilih batu akik.

Gambar 4. Kaprodi dan Kepala Lab Teknik Geologi menerima pengunjung lab yang ingin mengetahui kekerasan mineral pada batu akik.

Bulan Maret tahun 2015, pengurus Lab Teknik Geologi diundang oleh Wakil Walikota Gorontalo (dr. Charles Budi Doku) untuk menghadiri Festival Batu Akik Nusantara. Stand Lab Teknik Geologi menerima banyak pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat. Pada bulan yang sama Kepala Lab Teknik Geologi (Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T) dan salah satu dosen geologi UNG (Aang Panji Permana, S.T., M.T) menjadi pembicara dalam Seminar Perspektif Batu Akik dalam Tinjauan Sosiologi, Sejarah, Ekonomi, dan Geologi yang dilaksanakan oleh Jurusan Sosiologi UNG.

Gambar 5. Sub program Gemstone Corner pada Festival Batu Akik Nusantara

Lab Teknik Geologi juga menerima kunjungan dari siswa SMA/SMK sederajat yaitu SMK 1 Kotabunan Provinsi Bolaang Mongondow dan MAN 1 Kabupaten Gorontalo dan berbagi informasi kegeologian dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Bulan Januari 2016, asisten Lab Teknik Geologi (Febryant Masulili dan Novita Putri Mokodompit) memberikan materi pada siswa SMA Negeri 1 Limboto yang akan mengikuti olimpiade sains.

Gambar 6. Kunjungan Siswa SMK 1 Kotabunan, Bolaang Mongondow

Gambar 7. Kunjungan Siswa MAN 1 Kabupaten Gorontalo

Gambar 8. Asisten Lab Teknik Geologi memberikan materi pada peserta olimpiade di SMAN 1 Limboto.

Gambar 9. Berbagi informasi geologi dengan mahasiswa Prodi Geografi Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Universitas Negeri Gorontalo dalam hal ini Laboratorium Teknik Geologi diharapkan dapat menjadi mercusuar terang Tri Dharma perguruan tinggi (bukan menjadi menara gading) di Gorontalo, salah satunya tentu saja melalui program Matoduwolo. Matoduwolo Ode Lab Teknik Geologi UNG.