Pengembangan Situs Batu Berani dengan Menggunakan Konsep Pariwisata Berkelanjutan dan Online Marketing Campaign di Desa Botubarani

10 January 2023 10:46:47 Dibaca : 26 Kategori : H. Geo Update

Desa Botubarani memiliki keanekaragaman geologi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Melalui survei yang dilakukan tim PHP2D, Desa Botubarani memiliki potensi wisata geologi yaitu situs Batu Berani. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi potensi yang dapat dilakukan sebagai upaya perencanaan dan pengembangan wisata yang akan memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan untuk masyrakat di Desa Botubarani. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Desa Botubarani memiliki potensi geologi situs Batu Berani yang dapat dikembangkan dengan konsep pariwisata berkelanjutan. Program yang diterapkan oleh tim PHP2D membawa perubahan kondisi situs yang ada di Desa Botubarani baik dari segi infrastruktur berupa QR Qodes, papan informasi situs batuberani dan hiu paus serta peningkatan kreatifitas masyarakat dengan adanya sosialisasi pembuatan kerajinan tangan dari bahan-bahan di alam.

Keywords: Geopark, Pemberdayaan Masyarakat, Geowisata, Online Marketing Campaign.

Suma, M. D., Manyoe, I. N., Duwingik, R. S., Boften, F., Srikandi, W. E., & Marfian, F. (2021). Pengembangan Situs Batu Berani dengan Menggunakan Konsep Pariwisata Berkelanjutan dan Online Marketing Campaign di Desa Botubarani. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1329-1338.

Indexed in Sinta, S4.