Model SIR untuk Penyebaran Penyakit - Latar Belakang

Posted on 17/06/2018 by Resmawan

Author(s): David Smith and Lang Moore                                                               Kembali

 

Selama musim dingin 1968-1969, Amerika Serikat diserang oleh strain baru influenza yang ganas, yang disebut flu Hong Kong. Pada saat itu, tidak ada vaksin flu yang tersedia, sehingga lebih banyak orang yang terinfeksi. Kita akan mempelajari penyebaran penyakit ini melalui satu populasi yaitu penduduk di Kota New York. Data yang ditampilkan dalam tabel berikut adalah jumlah kematian pekanan akibat "pneumonia-influenza".

(Sumber: Centers for Disease Control. Click here for a recent CDC view of influenza pandemics.)

Pekan Angka Kematian Pekan Angka Kematian
1 14 8 108
2 28 9 68
3 50 10 77
4 66 11 33
5 156 12 65
6 190 13 24
7 156    

Grafik menampilkan data yang sama.

 

Relatif sedikit penderita flu yang meninggal karena penyakit atau komplikasinya, bahkan tanpa vaksin. Namun, kita mungkin berasumsi bahwa proporsi jumlah kematian dalam seminggu terakhir lebih besar dibandingkan dengan jumlah kasus baru flu pada beberapa minggu sebelumnya, katakanlah, tiga minggu sebelumnya. Dengan demikian angka-angka dalam tabel mencerminkan (secara proporsional) adanya kenaikan dan penurunan dalam jumlah kasus baru flu Hong Kong. Kita akan memodelkan penyebaran penyakit semacam itu sehingga kita dapat memprediksi kemungkinan adanya kasus epidemi serupa di masa yang akan datang.

Pada waktu tertentu selama wabah flu terjadi, kita ingin mengetahui jumlah orang yang terinfeksi. Kita juga ingin tahu jumlah yang telah terinfeksi dan telah pulih, karena orang-orang ini sekarang memiliki kekebalan terhadap penyakit. Sisa populasi masih rentan terhadap penyakit. (Kita berasumsi bahwa populasi yang sama berada di New York selama minggu-minggu terjadinya kasus epidemi).

Dengan demikian, setiap saat, populasi total tetap (sekitar 7.900.000 dalam kasus Kota New York pada akhir 1960-an) dapat dibagi menjadi tiga kelompok yang berbeda:

  • kelompok populasi yang terinfeksi,
  • kelompok populasi yang sudah sembuh, dan
  • kelompok populasi yang masih rentan.

Pada bagian selanjutnya, akan diselidiki model sederhana yang menjelaskan tentang penyebaran penyakit Flu Hong Kong.

Link Artikel

Posted in Informasi Kuliah
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
jufmsq