Metode Question and Answer Game (Q&AG)

27 July 2025 19:21:22 Dibaca : 8

Metode Question and Answer Game (Q&AG)

Oleh: Maryam Rahim

            Upaya untuk mengoptimalkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilakukan melalui penggunaan metode yang menarik dan menyenangkan. Salah satu metode yang banyak digunakan selama ini adalah metode tanya jawab. Meskipun telah menjadi metode yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, namun kadang-kadang penggunaannya tidak terlalu menarik bagi siswa, bahkan cenderung menimbulkan kecemasan dan juga ketakutan pada siswa yang tidak bisa mamberikan jawaban yang diharapkan. Padahal di sisi lain metode ini penting juga digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi belajar oleh siswa. Agar menjadi menarik dan menyenangkan bagi siswa maka metode ini didesain menjadi metode Question and Answer Game (Q&AG). Metode Question and Answer Game (Q&AG) atau permainan tanya jawab adalah suatu strategi pembelajaran interaktif yang memadukan teknik bertanya-jawab dengan pendekatan permainan (game-based learning) yang menyenangkan dan menantang. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui aktivitas yang merangsang kognisi, emosi, dan sosial. Dalam praktiknya, metode ini menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam mencari, memahami, dan mengelola informasi melalui pertanyaan-pertanyaan yang dirancang dalam bentuk permainan, seperti kuis, dan kartu tanya jawab.

          Beberapa teori yang mendasari metode Q&AG)

a.Teori konstruktivisme (Piaget & Vygotsky): metode ini mendukung prinsip bahwa pengetahuan dibangun secara aktif oleh peserta didik melalui interaksi sosial dan pengalaman langsung.

b. Teori belajar aktif (Active Learning): Q&AG mendorong siswa untuk berpikir, menjawab, dan berdiskusi secara aktif, bukan hanya menerima informasi secara pasif

c. Gamifikasi dalam pendidikan: menggunakan unsur-unsur permainan (game elements) seperti tantangan, skor, penghargaan, dan kompetisi sehat untuk meningkatkan motivasi intrinsik.         

Metode ini sangat bermanfaat bagi siswa. Beberapa manfaat penggunaan metode Q&AG):

a. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pertanyaan “mengapa”, “bagaimana”, “berikan alasan atas pendapatmu”.

b. Melatih keberanian menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan. Aktivitas bertanya dan menjawab yang dilakukan melalui permainan akan meminimalisir bahkan menghilangkan perasaan cemas dan takut, sebaliknya akan menumbuhkan keberanian  siswa dalam berpendapat atau menjawab pertanyaan.

c. Membangun suasana belajar yang menyenangkan, kompetitif, dan kolaboratif. Situasi bermain tentu saja akan menyenangkan siswa, di samping ada kompetisi antar siswa baik secara individual maupun kelompok. Kolaborasi antars siswa akan terjadi jika kegiatan dirancang berkelompok.

d. Meningkatkan pemahaman konsep melalui pertanyaan-pertanyaan yang bervariasi tingkat kognisinya, mulai dari pertanyaan pemahaman, penerapan, sintesis, evaluasi hingga kreasi.

        Implementasi metode Q&AG perlu didesain sedemikian rupa agar benar-benar dapat memberikan manfaat terutama bagi siswa. Hal ini dapat dilakukan melalui tahapan berikut:

a. Menyiapkan pertanyaan; guru menyiapkan pertanyaan sesuai tujuan pembelajaran, dengan memperhatikan level kognitif, mulai dari pertanyaan pemahaman, penerapan, sintesis, evaluasi hingga kreasi.

b. Menyiapkan media permainan; media yang digunakan disesuaikan dengan format permainan yang dipilih, misalnya menggunakan media kartu pertanyaan

c. Pelaksanaan permainan; siswa dibagi menjadi kelompok yakni kelompok bertanya dan kelompok menjawab, selanjutnya bermain  bertanya dan menjawab pertanyaan secara bergiliran, dan bergantian antara kelompok bertanya dan kelompok menjawab. Kegiatan ini dapat dibuat dalam bentuk kompetisi, disertai dengan pemberian reward, baik bagi kelompok yang berhasil memberikan jawaban yang diharapkan maupun yang belum berhasil.

d. Refleksi dan diskusi; guru memfasilitasi diskusi untuk menguatkan pemahaman dan memberikan umpan balik tentang proses maupun hasil dari pada kegiatan.

e. Evaluasi; evaluasi proses dilakukan melalui observasi keterlibatan siswa dalam kegiatan, dan evaluasi hasil melalui jawaban-jawaban yang diberikan siswa.

         Metode ini jika dilakukan melalui rancangan yang baik maka akan berdampak pada peningkatan motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar, mendorong kolaborasi dan komunikasi antar siswa, melatih berpikir cepat dan responsive, serta membantu guru mengevaluasi pemahaman siswa dengan cara yang lebih variatif. Metode Q&AG sangat relevan dalam mendukung pengembangan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration), yang merupakan pilar keterampilan abad 21. Melalui permainan tanya jawab, siswa dilatih untuk berpikir logis, bekerja sama, serta berani menyampaikan dan mempertahankan pendapat dengan cara yang santun.

       Metode ini membutuhkan persiapan bahan dan waktu yang cukup, menimbulkan resiko ketidakseimbangan partisipasi jika tidak dikelola dengan baik, serta dapat emnimbulkan kompetisi yang kurang sehat jika tidak dikelola dengan baik.

Referensi:

Slavin, R. E. 2018. Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Sudjana, N. 200). Strategi Pembelajaran Interaktif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Deterding, S., et al. 2011. Gamification: Toward a Definition. Coference: CHI 2011.