KIAT BELAJAR SENDIRI DAN BELAJAR KELOMPOK

16 November 2024 08:51:05 Dibaca : 22

KIAT BELAJAR SENDIRI DAN BELAJAR KELOMPOK

Oleh: Maryam Rahim

 

Setiap siswa harus memiliki ketrampilan dalam belajar, baik belajar sendiri maupun belajar kelompok, mengingat belajar sendiri dan belajar kelompok tidak terlepas dari aktivitas setiap siswa. Untuk memiliki ketrampilan belajar sendiri dan belajar kelompok, maka setiap siswa perlu membaca materi ini. Materi ini diharapkan dapat membantu siswa memahami cara-cara belajar sendiri dan belajar kelompok, dan menerapkannya dalam aktivitas belajar setiap hari.

 

BELAJAR SENDIRI

Belajar sendiri memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar atau modalitas belajar masing-masing. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda dengan orang lain. Belajar sesuai dengan gaya belajar masing-masing, tentu saja akan membantu terjadinya aktivitas belajar sendiri yang nantinya akan memberikan hasil yang maksimal. Namun tidak jarang ada juga siswa yang mengalami kesulitan ketika belajar sendiri, misalnya timbul rasa malas, ngantuk, dan ingin cepat-cepat berhenti meskipun apa yang dipelajari belum dipahami. Untuk itu kita perlu melakukan kiat-kiat tersendiri dalam belajar sendiri.

 Kiat-Kiat Belajar Sendiri:

Belajar sendiri memerlukan kiat-kiat tertentu, agar kegiatan belajar ini dapat memberikan hasil yang maksimal. Hal ini perlu ditegaskan, mengingat banyak orang (siswa) yang tidak mendapatkan hasil dari kegiatan belajar sendiri, disebabkan tidak memahami kiat-kiat belajar sendiri. Berikut adalah beberapa kiat belajar sendiri:

a.       Buatlah jadwal kegiatan belajar harian (bukan nanti pada saat akan mengikuti ulangan atau ujian).

b.      Taatilah jadwal yang sudah dibuat itu, artinya apapun yang Anda lakukan pada hari itu, Anda tetap belajar.

c.       Tumbuhkan semangat belajar dengan cara memahami bahwa belajar sangat bermanfaat bagi diri sendiri untuk jangka panjang, bukan hanya sekedar untuk ulangan atau ujian.

d.      Belajarlah sesuai dengan gaya belajar Anda.

e.       Belajarlah sesuai dengan kebiasaan belajar Anda, misalnya sambil ngemil, belajar di waktu tengah malam, sambil duduk di ayunan, belajar sambil menyuarakan apa yang dipelajari, atau menuliskan kembali dalam bentuk ringkasan, bagan, peta konsep, dan lainnya.

f.       Berilah waktu jeda atau selingan pada saat belajar, misalnya setiap 1 jam dengan melakukan kegiatan lain, misalnya menyiram bunga, menghirup udara segar. Sambil melakukan aktivitas tersebut, Anda berusaha untuk mengingat-ingat hal-hal telah Anda pelajari.

g.      Hindari kegiatan yang mengganggu penyimpanan informasi/materi yang telah dipelajari, seperti nonton TV, bermain gadget.

h.      Jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu belajar, seperti HP, siaran TV, tempat-tempat yang gaduh.

i.        Aturlah tempat belajar atau ruang belajar Anda sesuai dengan selera Anda, yang setiap saat dapat diubah, agar Anda selalu berada dalam situasi belajar yang bervariasi. Kondisi ini tentu saja akan menimbulkan motivasi belajar.

 

 

BELAJAR KELOMPOK

Belajar kelompok merupakan metode belajar yang dapat digunakan untuk memaksimalkan aktivitas belajar siswa. Melalui belajar kelompok siswa saling bertukar pikiran atau berdiskusi tentang berbagai persoalan, misalnya menjawab soal-soal latihan, memperjelas materi yang belum jelas bagi beberapa anggota kelompok. Namun seringkali belajar kelompok menjadi tidak efisien karena berubah menjadi acara bercanda atau aktivitas lain yang mengganggu.

 

Manfaat Belajar Kelompok

Belajar kelompok memiliki manfaat sosial, antara lain :

a. Dalam kelompok belajar, seorang anggota akan mendapat lebih banyak pengalaman-pengalaman tentang pemecahan masalah daripada seorang belajar sendiri.

b. Dalam kelompok belajar terjadi pertukaran ide-ide baru, gagasan-gagasan baru dibandingkan jika belajar seorang diri.

c.Beberapa pendapat dari anggota-anggota kelompok belajar lebih “mewakili” (representatif) dari pada pendapat seseorang. Dalam kelompok, belajar lebih produktif dengan memberikan kritik terhadap usul-usul atau saran-saran yang dikemukakan anggota kelompok.

d. Melalui kelompok belajar dapat dikembangkan perasaan sosial yang lebih baik:

e.Tiap anggota kelompok belajar telah mengerti tentang maksud, tehnik, dan pola yang berlaku dalam proses belajar, atau dalam sebuah kelompok.

f. Dalam kelompok terlihat adanya gerak, dinamika dan keaktifan dari seluruh anggota kelompok belajar, yang memungkinkan setiap anggota kelompok dapat berinteraksi satu dengan yang lain. Belajar kelompok akan mengembangkan berbagai perilaku sosial yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial.

g. Tiap anggota kelompok dapat mengadakan pertukaran pikiran, pendapat yang konstruktif, serta dapat mengutarakan pendapat  yang relevan (berkaitan) dengan masalah yang sedang dipecahkan.

h. Cara belajar kelompok harus lebih unggul daripad cara belajar sendiri, karena itu tiap anggota kelompok diharapkan:

         1)   Dapat menguji dan menilai gagasan-gagasan orang lain dan gagasan sendiri.

         2)      Dapat mempergunakan mekanisme (prosedure) demokrasi dalam penggunaan, penyelesaian, konflik, membuat keputusan.

         3)      Dapat menimbulkan perubahan konstruktif pada perilaku orang lain dalam hal ini anggota kelompok.

i. Setiap anggota kelompok akan merasakan manfaat belajar kelompok dan optimis menghadapi proses belajar.

 

Kiat-Kiat Belajar Kelompok

Agar aktivitas belajar kelompok dapat memberikan hasil yang maksimal, dalam arti benar-benar dapat membantu anggota kelompok akan memperoleh hasil belajar yang diharapkan, maka perlu memperhatikan kiat-kiat berikut:

a. Jumlah anggota kelompok maksimal adalah 5 orang. Dengan anggota kelompok yang tidak terlalu banyak diharapkan siswa bisa lebih focus dalam berdiskusi.

b. Tentukan materi beberapa hari sebelum belajar kelompok dilaksanakan. Menentukan materi belajar sebelum belajar kelompok dilakukan adalah sangat penting agar semua anggota bisa mempersiapkan diri terhadap materi yang akan didiskusikan.

c. Waktu belajar kelompok minimal 2 jam tiap pertemuan dan dilakukan 3 kali dalam seminggu. Waktu belajar yang efektif adalah siang hari atau sore hari setelah istirahat di rumah. Usahakan agar setiap anggota datang tepat pada waktunya di tempat yang disepakati sebelumnya.

d. Ciptakan suasana belajar yang serius tapi santai. Setiap anggota kelompok diharapkan untuk fokus terhadap materi yang didiskusikan. Hindari bercanda yang berkepanjangan atau bermain HP saat belajar kelompok. Apabila anda teman yang bercanda terlalu lama jangan sungkan untuk menegurnya demi tercapainya tujuan belajar kelompok.

e. Pilihlah tempat belajar yang nyaman dan tenang, jauh dari televisi atau keramaian. Tempat belajar kelompok yang tenang dan nyaman sangat membantu dalam meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar dan berdiskusi.

f.  Manfaatkan waktu untuk mengerjakan soal-soal yang telah disepakati. Tiap-tiap anggota harus mengerjakan soalnya sendiri-sendiri. Apabila ada anggota yang tidak bisa mengerjakan suatu soal, anggota yang lain harus menjelaskan kepadanya sampai ia mengerti. Janganlah ragu-ragu untuk bertanya apabila tidak bisa mengerjakan soal. Bila semua anggota kelompok tidak ada yang mampu, catatlah soal tersebut untuk ditanyakan kepada guru di sekolah.

g. Jangan ragu-ragu membantu menjelaskan kepada anggota kelompok yang lain. Semakin sering anda menjelaskan suatu materi kepada orang lain maka semakin dalam juga penguasaan anda terhadap materi tersebut.