CAREER DAY

23 May 2024 10:01:45 Dibaca : 91

CAREER DAY

OLEH: MARYAM RAHIM

Career day (hari karir) merupakan metode layanan bimbingan karir yang dilaksanakan dengan cara menggunakan beberapa jam dalam sehari, sehari atau beberapa hari (2-3 hari) yang dikhususkan untuk kegiatan pengembangan karir siswa. Berbagai kegiatan dapat dilakukan pada career days ini, antara lain: ceramah dari nara sumber dalam bentuk talk show, latihan keterampilan khusus, penyaluran bakat/minat, tes bakat dan minat, informasi sekolah/perguruan tinggi lanjutan, informasi dunia kerja, pameran hasil karya siswa, dan wirausaha. Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa/konseli memiliki kesempatan untuk mengembangkan karirnya, misalnya memperoleh informasi tentang perkembangan karir sesorang, memperoleh latihan keterampilan khusus, informasi tentang bagaimana memulai karir, informasi tentang pendapatan financial dari sebuah pekerjaan, mengembangkan jiwa wirausaha, dan manfaat lainnya terkait dengan pengebangan karirnya.

Kegiatan career day akan lebih bermakna jika siswa/konseli diminta untuk membuat laporan kegiatan career days tersebut. Laporan itu dapat dibuat secara individual ataupun kelompok. Metode Career Days digunakan pada bimbingan kelas besar/lintas kelas.

Tahapan Pelaksanaan

1)   Tahap awal (dilaksanakan beberapa hari sebelum pelaksanaan career day)

a)      Merumuskan tujuan layanan yang ingin dicapai melalui kegiatan career day

b)      Menetapkan tema kegiatan (misalnya: Sukses Melalui Karir Alternatif, Melejitkan Kompetensi Career Adapatation Generasi Z)

c)      Menetapkan jenis kegiatan (misalnya: seminar, pemberian informasi dari orang yang sukses dalam karir alternatif dalam bentuk talkshow, pengembangan bakat dan minat (seperti minat sebagai penyiar radio, wartawan, influencer, dan lainnya), latihan kerja, wirausaha, dan pameran hasil karya siswa)

d)     Menetapkan narasumber dalam kegiatan (misalnya pembicara  dalam seminar, nara sumber yang akan memberikan informasi tentang karir alternatif (talkshow), nara sumber dalam pengembangan bakat dan minat (seperti: penyiar radio, wartawan), pelatih bidang pekerjaan tertentu)

e)      Menetapkan pihak-pihak yang akan diundang untuk hadir pada saat kegiatan, seperti: kepala sekolah, guru-guru bidang studi/wali kelas, orang tua, dan instansi terkait

f)       Mempersiapkan dan menata fasilitas dan tempat yang digunakan

2)   Tahap kegiatan

Pelaksanaan berbagai kegiatan yang telah dirancang pada tahap awal, seperti: seminar, ceramah dari nara sumber/talkshow, latihan pengembangan bakat/minat, latihan kerja, wirausaha, pameran hasil karya siswa.

3)        Tahap akhir (dilaksanakan sehari atau beberapa hari setelah pelaksanaan career day)

a)        Meminta siswa/konseli memasukkan laporan kegiatan career day

b)        Mengajak siswa/konseli bersama-sama membuat kesimpulan layanan/kegiatan

c)        Mengevaluasi ketercapaian tujuan layanan

d)       Meminta siswa/konseli membuat komitmen untuk merubah perilaku atau meningkatkan perilaku yang sudah baik sesuai dengan tujuan layanan, misalnya: melatih bakat/minat, mendalami informasi tentang cara memulai pekerjaan, atau bertanya lebih lanjut pada nara sumber.

e)        Menutup kegiatan layanan/kegiatan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong