BENTUK BARU INTERAKSI SOSIAL DI ERA DIGITAL

02 December 2023 14:35:57 Dibaca : 989 Kategori : REPOST BERITA ONLINE
  • DIVA LAIYA
  • JUMADI MORI SALAM TUASIKAL

SULAWESIMERDEKA.COM – Berbicara tentang Interaksi sosial tentunya berhubungan dengan Aktivitas Sosial. dalam melakukan Interaksi Sosial kita harus melakukan kontak sosial dan komunikasi sosial. Dalam Era Digital saat ini sudah banyak terjadi perkembangan Teknologi Informasi, komunikasi dan pengembangan bisnis yang semakin pesat. Seiring berjalanya waktu perkembangan teknologi ini bisa melahirkan perkembangan bisnis digital, berupa media sosial sebagai alat komunikasinya. Biasanya masyarakat dapat bersosialisasi secara online melalui media sosial. dengan adanya media sosial kita dapat lebih mudah untuk berbisnis dan tidak hanya itu media sosial juga dapat dijadikan sebagai sarana dalam melakukan pemasaran untuk bisa mengembangkan usaha mereka.

Kehadiran Teknologi Komunikasi ini sudah di anggap oleh masyarakat dikarenakan sifat dari media tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial, dan juga bisa dikatakan sebagai sarana berkomunikasi, saling berukar informasi, berpendapat, bisa memperoleh berita atau informasi secara cepat dan efisien. Kemajuan Teknologi inilah yang telah merubah cara kita berinteraksi sosial, dan membawa kita masuk ke dalam Era Digital yang penuh inovasi. Ada beberapa Bentuk Baru Interaksi Sosial di Era Digital saat ini yaitu Komunikasi Melalui Video Call seperti Video call Whatshaap, Zoom, atau Google Meet, yang dapat membuat orang-orang bisa berkomunikasi secara langsung, Media Sosial sebagai Wadah Ekspresi dan Interaksi seperti Facebook, Tiktok, Instagram, dan Twitter, kita bisa mengekspresikan apapun yang ingin kita lakukan atau ingin kita tunjukan melalui media sosial, adanya Peran Chat dan Grup Obrolan di Aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, dan Instagram yang dapat memungkinkan orang-orang agar tetap terhubung tanpa adanya keterbatasan waktu atau tempat. di dalamnya juga terdapat Fitur- Fitur seperti komentar, like, dan share menjadi cara baru untuk terlibat dalam percakapan digital. dalam media sosial ini kita dapat berbagi pengalaman, ide atau gagasan yang ingin kita tunjukan.

Meskipun demikian, ada pula dampak negatif yang harus perlu kita perhatikan. Contohnya seperti penggunaan yang berlebihan terhadap teknologi media sosial dan akan menyebabkan isolasi sosial, mengapa dikatakan demikian? Ya Karena kita terlalu fokus pada interaksi online dari pada interaksi secara langsung di dunia nyata. Ketergantungan pada teknologi ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik Individu. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut kita perlu mengatur batasan waktu dalam menggunakan teknologi media sosial agar dapat menghindari ketergantungan secara berlebihan, pahami resiko kesehatan mental dan fisik yang mungkin timbul, terutama pada generasi yang tumbuh dengan teknologi ini, perbanyak interaksi dengan orang sekitar, dan usahakan untuk memiliki waktu di mana kita benar benar menjauhkan diri atau bahkan mematikan perangkat digital dan berinteraksi secara langsung dengan orang – orang di sekitar.

Telah dipublis pada https://sulawesimerdeka.com/bentuk-baru-interaksi-sosial-di-era-digital/