GAMES KUARTET SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA

05 July 2022 12:06:27 Dibaca : 140 Kategori : JURNAL PUBLIKASI

Achmad Satriawan Pahroji, Abd. Kadir Husain, Salim Korompot, Jumadi Mori Salam Tuasikal

Abstrak

Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana games kuartet sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman karakter religius siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan games kuartet sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman karakter religius siswa sekolah dasar. Motode penelitian yang digunakan yakni Reserch and Development model Sugiyono yang menguraikan tahap-tahap dalam metode penelitian dan pengembangan sebanyak sepuluh tahap penelitian dan pengembangan, namun dalam penelitian ini, peneliti membatasi sampai pada tahap uji coba produk dengan tanpa mengurangi esensi dari penelitian tersebut. Untuk mengetahui kepraktisan dan kelayakan media, peneliti melakukan validasi kepada ahli media, ahli bahasa, dan ahli bimbingan dan konseling guna melihat kelayakan dan meminta masukan sebelum nanti diujicobakan ke siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil uji coba produk pada siswa kelas tinggi (4-6) di Sekolah Dasar Negeri 12 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Menyatakan produk yang dibuat layak untuk dijadikan media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman karakter religius siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Kuartet Religi, Karakter Religius

Full Text: PDF DOWNLOAD

Publish: 2022-04-25: Student Journal of Guidance and Counseling