MAHASISWA DAN INTERVENSI ALUMNI DALAM KEGIATAN KAMPUS
By: Jumadi Mori Salam Tuasikal
Partisipasi alumni dalam kegiatan kampus, termasuk keterlibatan mereka dengan mahasiswa junior, bisa menjadi aset berharga untuk pengalaman pendidikan dan pengembangan mahasiswa. Namun, perlu diingat untuk memastikan bahwa interaksi tersebut tetap positif dan membangun. Berikut beberapa cara untuk menangani intervensi alumni yang masih terlibat dalam kegiatan junior di kampus:
Jalin Kolaborasi Positif:
Upayakan kolaborasi positif antara alumni dan mahasiswa junior. Alihkan fokus dari keterlibatan berlebihan menjadi kontribusi yang konstruktif dan mendukung.
Tentukan Batasan yang Jelas:
Tentukan batasan yang jelas terkait peran dan keterlibatan alumni. Hal ini dapat melibatkan pembuatan kebijakan atau pedoman yang mengatur partisipasi mereka agar tetap sejalan dengan visi dan misi institusi.
Sosialisasikan Kebijakan Keterlibatan Alumni:
Sosialisasikan kebijakan atau pedoman keterlibatan alumni kepada seluruh komunitas kampus. Pastikan agar semua pihak, termasuk mahasiswa junior dan alumni, memahami batasan dan harapan yang telah ditetapkan.
Fokus pada Pembimbingan Positif:
Dorong alumni untuk terlibat dalam pembimbingan dan pembangunan keterampilan positif. Misalnya, mereka dapat memberikan wawasan karir, berbagi pengalaman, atau membantu dalam proyek-proyek pengembangan profesional.
Facilitasi Kegiatan Formal:
Facilitasi kegiatan formal atau acara di mana alumni dapat memberikan kontribusi positif tanpa menggangu jalannya kegiatan kampus. Seminar, workshop, atau mentoring formal adalah contoh kegiatan ini.
Buat Kelompok Alumni Terstruktur:
Jika ada minat yang besar dari alumni untuk tetap terlibat, pertimbangkan untuk membentuk kelompok alumni terstruktur. Kelompok ini dapat memiliki tujuan dan kegiatan tertentu yang mendukung perkembangan mahasiswa tanpa mengganggu keterlibatan yang positif.
Perkuat Program Mentor-Mentee:
Perkuat program mentor-mentee yang terorganisir dengan baik. Pastikan bahwa interaksi antara alumni dan mahasiswa junior terjadi dalam kerangka pembinaan yang positif dan terkendali.
Berikan Pelatihan Khusus:
Jika diperlukan, berikan pelatihan khusus kepada alumni tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi secara positif dan efektif dalam perkembangan mahasiswa. Ajarkan etika dan batasan yang berlaku.
Fasilitasi Komunikasi Terbuka:
Fasilitasi komunikasi terbuka antara mahasiswa junior, alumni, dan pihak administrasi kampus. Dukung dialog yang konstruktif untuk mencari solusi bersama.
Perkuat Peran Pembimbing dan Dosen:
Pastikan bahwa peran pembimbing dan dosen diperkuat. Mereka dapat berperan sebagai mediator dan memberikan arahan terkait norma dan nilai-nilai kampus.
Evaluasi dan Tinjau secara Berkala:
Lakukan evaluasi secara berkala terhadap keterlibatan alumni. Tinjau apakah interaksi mereka memberikan manfaat positif atau jika diperlukan perubahan pada kebijakan keterlibatan.
Buka Ruang untuk Umpan Balik Mahasiswa:
Buka ruang untuk umpan balik dari mahasiswa. Dengan mendengarkan perspektif mereka, Anda dapat menilai dampak keterlibatan alumni dan membuat penyesuaian jika diperlukan.
Jaga Keterbukaan dan Fleksibilitas:
Jaga keterbukaan dan fleksibilitas dalam menanggapi dinamika kegiatan kampus. Terkadang, situasi dan kebutuhan dapat berubah, dan perlu adanya penyesuaian.
Dengan pendekatan yang bijaksana dan terkoordinasi, keterlibatan alumni dapat menjadi sumber daya berharga dan dapat meningkatkan pengalaman mahasiswa tanpa mengganggu proses pembelajaran dan pengembangan.
Kategori
- ADAT
- ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
- BK ARTISTIK
- BK MULTIKULTURAL
- BOOK CHAPTER
- BUDAYA
- CERITA FIKSI
- CINTA
- DEFENISI KONSELOR
- DOSEN BK UNG
- HKI/PATEN
- HMJ BK
- JURNAL PUBLIKASI
- KAMPUS
- KARAKTER
- KARYA
- KATA BANG JUM
- KEGIATAN MAHASISWA
- KENAKALAN REMAJA
- KETERAMPILAN KONSELING
- KOMUNIKASI KONSELING
- KONSELING LINTAS BUDAYA
- KONSELING PERGURUAN TINGGI
- KONSELOR SEBAYA
- KULIAH
- LABORATORIUM
- MAHASISWA
- OPINI
- ORIENTASI PERKULIAHAN
- OUTBOUND
- PENDEKATAN KONSELING
- PENGEMBANGAN DIRI
- PRAKTIKUM KULIAH
- PROSIDING
- PUISI
- PUSPENDIR
- REPOST BERITA ONLINE
- SEKOLAH
- SISWA
- TEORI DAN TEKNIK KONSELING
- WAWASAN BUDAYA
Arsip
- October 2024 (2)
- September 2024 (15)
- August 2024 (5)
- July 2024 (28)
- June 2024 (28)
- May 2024 (8)
- April 2024 (2)
- March 2024 (2)
- February 2024 (15)
- December 2023 (13)
- November 2023 (37)
- July 2023 (6)
- June 2023 (14)
- January 2023 (4)
- September 2022 (2)
- August 2022 (4)
- July 2022 (4)
- February 2022 (3)
- December 2021 (1)
- November 2021 (1)
- October 2021 (1)
- June 2021 (1)
- February 2021 (1)
- October 2020 (4)
- September 2020 (4)
- March 2020 (7)
- January 2020 (4)
Blogroll
- AKUN ACADEMIA EDU JUMADI
- AKUN GARUDA JUMADI
- AKUN ONESEARCH JUMADI
- AKUN ORCID JUMADI
- AKUN PABLON JUMADI
- AKUN PDDIKTI JUMADI
- AKUN RESEARCH GATE JUMADI
- AKUN SCHOLER JUMADI
- AKUN SINTA DIKTI JUMADI
- AKUN YOUTUBE JUMADI
- BERITA BEASISWA KEMDIKBUD
- BERITA KEMDIKBUD
- BLOG DOSEN JUMADI
- BLOG MATERI KONSELING JUMADI
- BLOG SAJAK JUMADI
- BOOK LIBRARY GENESIS - KUMPULAN REFERENSI
- BOOK PDF DRIVE - KUMPULAN BUKU
- FIP UNG BUDAYA KERJA CHAMPION
- FIP UNG WEBSITE
- FIP YOUTUBE PEDAGOGIKA TV
- JURNAL EBSCO HOST
- JURNAL JGCJ BK UNG
- JURNAL OJS FIP UNG
- KBBI
- LABORATORIUM
- LEMBAGA LLDIKTI WILAYAH 6
- LEMBAGA PDDikti BK UNG
- LEMBAGA PENELITIAN UNG
- LEMBAGA PENGABDIAN UNG
- LEMBAGA PERPUSTAKAAN NASIONAL
- LEMBAGA PUSAT LAYANAN TES (PLTI)
- ORGANISASI PROFESI ABKIN
- ORGANISASI PROFESI PGRI
- UNG KODE ETIK PNS - PERATURAN REKTOR
- UNG PERPUSTAKAAN
- UNG PLANET
- UNG SAHABAT
- UNG SIAT
- UNG SISTER
- WEBSITE BK UNG