JADI GURU BK? SIAPA TAKUT!
- Dio Saputra U. Olii
- Jumadi Mori Salam Tuasikal
SULAWESIMERDEKA.COM – Sebagai guru BK, saya percaya bahwaperan guru bk sangat penting dalam membantu siswa mengembangkan potensi mereka, mengatasi masalah pribadi dan akademik, sertamerencanakan masa dapan mereka. Guru bk harus menjadi pendengar yang baik, memberikan dukungan emosional dan memberikan panduan untuk mengatasi tantangan hidup. Selain itu, guru bk juga harus terus mengembangkan keterampilan dalam bidang konseling agar bisa memberikan layanan yang terbaik. Guru BK disekolah bukan hanya berfokus pada permasalahan akademik dan non akademik saja, akan tetapi berfokus juga pada masalah sosial siswa dimana jika ini dibiarkan akan berdampak pada konsentrasi siswa dalam lingkungan sekolah.
Permasalahan dalam bidang non akademik yang dialami para siswa yaitu sulitnya dalam membangun hibungan antara siswa lain, masalah lingkungan dan lain sebagainya, apabila hal seperti ini dibiarkan maka para siswa akan sulit untuk berkembang. Teori-teori dalam BK: Pengajaran teori-teori psikologi, konseling, dan perkembangan manusia yang relevan dengan pekerjaan guru BK. Keterampilan konseling: Pelatihan dalam keterampilan komunikasi, mendengarkan, dan memberikan dukungan kepada siswa dalam konteks konseling. Peran dan tanggung jawab: Memahami peran seorang guru BK dalam sistem pendidikan, termasuk kewajiban etis dan profesional. Pengelolaan kelas: Bagaimana mengelola kelas dan memberikan bimbingan kepada siswa dalam lingkungan sekolah Penanganan masalah: Belajar mengidentifikasi dan mengatasi masalah-masalah yang sering dihadapi oleh siswa, seperti masalah emosional, sosial, atau akademik. Etika dan kerahasiaan: Memahami etika dalam konseling dan menjaga kerahasiaan informasi pribadi siswa.Konseling kelompok: Bagaimana mengadakan sesi konseling kelompok dan memfasilitasi diskusi yang bermanfaat. Praktikum: Memberikan kesempatan untuk berlatih konseling dengan pengawasan dan bimbingan.
Perkembangan diri: Memahami dan mengelola aspek-aspek perkembangan diri yang memengaruhi kemampuan seorang guru BK dalam membantu siswa. Pelatihan seperti ini bertujuan untuk mempersiapkan calon guru BK dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan siswa secara holistik. Kebanyakan siswa mempunyai pandangan bahwa guru BK hanyalah guru yang membantu menyelesaikan segala masalah yang dibuat oleh siswa/siswi, sebagai pelengkap tenanga kerja guru lain, dan lebih parahnya para siswa di anggap sebagai polisi sekolah dimana banyak ditakuti oleh para siswa/siswi. Guru BK disekolah hanya di khususkan untuk siswa tertentu, pernyataan seperti ini salah karena disini guru BK terbuka untuk umum dimana dapat membentuk siswa agar lebih mandiri lagi dalam mengambil keputusan, dapat membuat pendirian sendiri, dan bertanggung jawab dngan keputusan yang diambil.
Jadi dari sini bisa dilihat bahwa guru BK bukan hanya menanggani masalah siswa saja tapi mempunyai peran dimana membantu siswa dalam mengembangkan diri. Bagaimana sih guru BK yang diingin kan siswa pada zaman sekarang? Apakah menjadi guru yang hanya diam saja atau guru yang terlihat tidak tertarik dengan keadaan siswanya?. Pada masa digital seperti ini kita sebagai guru BK seharusnya lebih tahu lagi atau lebih kreatif tentang bagaimana mendekatkan diri dengan siswa melaluli berbagai layanan yang menarik lagi bukan hanya melakukan konseling yang dimana hanya berisi percakapan saja yang membuat kondisi menjadi pasif serta ada juga membuat siswa menjadi merasa takut. Bagaimana sih menjadi guru BK yang di senangi oleh siswa?
Menjadi guru yang disenangi oleh setiap siswa tidak gampang dimana kita sebagai guru BK harus mempunyai kreativitas dalam melakukan layana, dalam melakukan layanan guru BK harus pandai mencairkan suasana, mencari topik pembicaraan yang asik untuk melakukan pendekatan, memberikan pemahaman yang manarik menyenai layanan yang dilakukan agar siswa menjadi tertarik untuk melakukan layanan. Berkembangnya kesadaran akan pentingnya peran guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah membuat semakin banyak individu yang tertarik untuk menjadi guru BK. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan minat peserta untuk mengikuti pelatihan guru BK sebagai langkah nyata dalam mendukung kesejahteraan mental dan emosional siswa.
Peningkatan kompleksitas tantangan kehidupan modern telah membuat peran guru BK semakin krusial dalam membimbing siswa menghadapi berbagai masalah pribadi dan akademis. Semakin banyak institusi pendidikan yang menyadari perlunya guru BK yang berkualitas, baik dalam memberikan dukungan psikologis maupun membantu siswa merencanakan karir mereka. Meskipun banyak yang awalnya ragu untuk menjadi guru BK, namun semangat untuk memberikan kontribusi positif pada generasi muda telah mengatasi ketakutan tersebut. Dengan perkembangan ini, diharapkan ketersediaan guru BK yang berkualitas akan terus meningkat, menciptakan lingkungan sekolah yang lebih mendukung bagi perkembangan holistik siswa.
telah dipublis pada https://sulawesimerdeka.com/jadi-guru-bk-siapa-takut/
Kategori
- ADAT
- ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
- BK ARTISTIK
- BK MULTIKULTURAL
- BOOK CHAPTER
- BUDAYA
- CERITA FIKSI
- CINTA
- DEFENISI KONSELOR
- DOSEN BK UNG
- HKI/PATEN
- HMJ BK
- JURNAL PUBLIKASI
- KAMPUS
- KARAKTER
- KARYA
- KATA BANG JUM
- KEGIATAN MAHASISWA
- KENAKALAN REMAJA
- KETERAMPILAN KONSELING
- KOMUNIKASI KONSELING
- KONSELING LINTAS BUDAYA
- KONSELING PERGURUAN TINGGI
- KONSELOR SEBAYA
- KULIAH
- LABORATORIUM
- MAHASISWA
- OPINI
- ORIENTASI PERKULIAHAN
- OUTBOUND
- PENDEKATAN KONSELING
- PENGEMBANGAN DIRI
- PRAKTIKUM KULIAH
- PROSIDING
- PUISI
- PUSPENDIR
- REPOST BERITA ONLINE
- SEKOLAH
- SISWA
- TEORI DAN TEKNIK KONSELING
- WAWASAN BUDAYA
Arsip
- December 2024 (18)
- October 2024 (2)
- September 2024 (15)
- August 2024 (5)
- July 2024 (28)
- June 2024 (28)
- May 2024 (8)
- April 2024 (2)
- March 2024 (2)
- February 2024 (15)
- December 2023 (13)
- November 2023 (37)
- July 2023 (6)
- June 2023 (14)
- January 2023 (4)
- September 2022 (2)
- August 2022 (4)
- July 2022 (4)
- February 2022 (3)
- December 2021 (1)
- November 2021 (1)
- October 2021 (1)
- June 2021 (1)
- February 2021 (1)
- October 2020 (4)
- September 2020 (4)
- March 2020 (7)
- January 2020 (4)
Blogroll
- AKUN ACADEMIA EDU JUMADI
- AKUN GARUDA JUMADI
- AKUN ONESEARCH JUMADI
- AKUN ORCID JUMADI
- AKUN PABLON JUMADI
- AKUN PDDIKTI JUMADI
- AKUN RESEARCH GATE JUMADI
- AKUN SCHOLER JUMADI
- AKUN SINTA DIKTI JUMADI
- AKUN YOUTUBE JUMADI
- BERITA BEASISWA KEMDIKBUD
- BERITA KEMDIKBUD
- BLOG DOSEN JUMADI
- BLOG MATERI KONSELING JUMADI
- BLOG SAJAK JUMADI
- BOOK LIBRARY GENESIS - KUMPULAN REFERENSI
- BOOK PDF DRIVE - KUMPULAN BUKU
- FIP UNG BUDAYA KERJA CHAMPION
- FIP UNG WEBSITE
- FIP YOUTUBE PEDAGOGIKA TV
- JURNAL EBSCO HOST
- JURNAL JGCJ BK UNG
- JURNAL OJS FIP UNG
- KBBI
- LABORATORIUM
- LEMBAGA LLDIKTI WILAYAH 6
- LEMBAGA PDDikti BK UNG
- LEMBAGA PENELITIAN UNG
- LEMBAGA PENGABDIAN UNG
- LEMBAGA PERPUSTAKAAN NASIONAL
- LEMBAGA PUSAT LAYANAN TES (PLTI)
- ORGANISASI PROFESI ABKIN
- ORGANISASI PROFESI PGRI
- UNG KODE ETIK PNS - PERATURAN REKTOR
- UNG PERPUSTAKAAN
- UNG PLANET
- UNG SAHABAT
- UNG SIAT
- UNG SISTER
- WEBSITE BK UNG