KUNCI SUKSES PENGEMBANGAN DIRI

02 December 2023 14:23:48 Dibaca : 11 Kategori : REPOST BERITA ONLINE
  • Azizah Mohamad
  • Jumadi Mori Salam Tuasikal

Banyak anak-anak zaman sekarang yang kesulitan mengembangkan diri mereka sendiri, anak-anak tersebut mungkin menghadapi kesulitan dalam berinteraksi dengan teman sebaya atau membangun hubungan sosial. Kesulitan dalam mengembangkan diri juga dapat berdampak pada kesejahteraan emosional anak-anak dan dapat mempengaruhi kinerja akademisnya. Maka dari itu penting untuk kita memberikan dukungan dan bimbingan tentang pengembangan diri kepada anak-anak tersebut. Untuk dapat mengembangkan diri kita harus memiliki tujuan yang jelas karena dengan memiliki tujuan yang jelas kita dapat fokus pada pencapaian yang kita inginkan serta dapat memberikan arah yang jelas untuk upaya pengembangan diri. Setelah memiliki tujuan yang jelas kita perlu memiliki komitmen dalam diri agar kita selalu memiliki tekad yang kuat serta kita juga harus konsisten terhadap tujuan yang telah kita buat karena jika kita konsisten terhadap sesuatu meskipun mungkin kecil itu dapat membawa perubahan yang signifikan dalam jangka panjang.

Selanjutnya kita perlu menerapkan yang namanya disiplin karena jika kita disiplin kita dapat memanfaatkan waktu secara efektif serta dapat membantu mengatasi godaan untuk menunda atau menyepelekan langkah-langkah penting dalam pengembangan diri. Dalam pengembangan diri kita juga perlu memiliki sikap terbuka terhadap perubahan dan pembelajaran karena sikap tersebut dapat membantu kita untuk beradaptasi dengan perubahan dan belajar dari pengalaman, baik positif maupun negatif. Keterbukaan terhadap pembelajaran baru juga memungkinkan kita untuk terus berkembang dan meningkatkan diri. Selain itu kita perlu memahami bahwa pengembangan diri bukanlah tujuan akhir melainkan perjalanan seumur hidup jadi. “Jangan Pernah Menyerah ketika anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai anda berhenti mencoba.” – Brian Dyson.

Nah, setelah melalui kombinasi tujuan yang jelas, komitmen, konsistensi, disiplin, sikap terbuka terhadap pembelajaran dan pemahaman bahwa ini adalah perjalanan panjang saya yakin kalian dapat menuju kesuksesan dalam pengembangan diri kalian. Karena pengembangan diri bukan hanya tentang mencapai tujuan tertentu, tetapi juga tentang menjadi versi terbaik dari diri kita. Dengan menerapkan kunci-kunci ini kita dapat menjadi pribadi yang lebih unggul dan memuaskan.

 Telah di Publis pada https://sulawesimerdeka.com/kunci-sukses-pengembangan-diri/