CERITA GURU BK: MEYAKINKAN KEPALA SEKOLAH TENTANG PENTINGNYA BIMBINGAN DAN KONSELING
By. Jumadi Mori Salam Tuasikal
Hari itu, cuaca cerah di SMA Negeri Konoha. Saya Sarada, guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang baru saja bergabung, sedang menyusun rencana untuk meyakinkan kepala sekolah, Pak Iruka, tentang pentingnya BK di sekolah ini. Selama beberapa minggu terakhir, saya merasakan kurangnya pemahaman dan dukungan terhadap peran BK. Ini membuat saya bertekad untuk mengubah pandangan tersebut demi kesejahteraan siswa. Pertemuan saya dengan Pak Iruka dijadwalkan setelah jam pelajaran berakhir. Dengan berkas-berkas dan data yang telah saya siapkan, saya melangkah menuju ruangannya. Saya merasa gugup, namun semangat untuk memperjuangkan peran BK membuat saya tetap teguh.
"Selamat sore, Pak Iruka. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk bertemu," sapa saya ketika memasuki ruangannya.
"Selamat sore, Sarada. Silakan duduk. Apa yang ingin kamu bicarakan?" jawabnya dengan ramah namun sedikit terburu-buru.
"Pak, saya ingin membicarakan tentang peran dan pentingnya Bimbingan dan Konseling di sekolah kita. Saya merasa bahwa banyak potensi siswa yang bisa kita kembangkan lebih jauh dengan dukungan BK yang lebih baik," saya memulai dengan hati-hati.
Pak Iruka mengangkat alisnya. "Bukankah sudah cukup dengan memberikan mereka pendidikan akademik yang baik? Apa lagi yang mereka butuhkan?"
Saya mengambil napas dalam-dalam. "Pak, banyak siswa yang mengalami masalah di luar akademik yang mempengaruhi prestasi mereka. Contohnya, ada siswa bernama Shikamaru yang mengalami tekanan hebat dari orang tuanya untuk selalu mendapatkan nilai tertinggi. Dengan konseling, kita bisa membantu siswa seperti Shikamaru untuk mengatasi stres dan meningkatkan kinerja mereka."
Saya kemudian menunjukkan beberapa data dan penelitian yang mendukung pentingnya BK, seperti peningkatan kesejahteraan emosional siswa yang berdampak positif pada prestasi akademik mereka. Saya juga menunjukkan contoh dari sekolah lain yang berhasil meningkatkan performa keseluruhan berkat program BK yang efektif.
Pak Iruka tampak mulai tertarik. "Baiklah, tapi bagaimana kita bisa memastikan program ini berjalan efektif dan tidak hanya menjadi beban tambahan?"
Saya tersenyum. "Pak, kita bisa mulai dengan membentuk tim kecil yang terdiri dari beberapa guru yang tertarik untuk bekerja sama. Kita bisa merancang program BK yang terstruktur dengan tujuan yang jelas dan evaluasi berkala untuk melihat efektivitasnya. Selain itu, kita juga bisa mengadakan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang peran BK."
Pak Iruka mengangguk pelan. "Hmm, ide yang menarik. Tapi bagaimana dengan waktu dan biaya?"
"Saya sudah memikirkan itu, Pak. Kita bisa memanfaatkan jam istirahat atau waktu setelah jam pelajaran untuk sesi konseling. Mengenai biaya, kita bisa mencari dukungan dari pihak luar seperti sponsor atau bekerja sama dengan instansi yang peduli terhadap pendidikan dan kesejahteraan siswa," jawab saya dengan penuh keyakinan.
Pak Iruka tersenyum tipis. "Baiklah, Sarada. Saya akan memberi kesempatan untuk melihat bagaimana program ini bisa berjalan. Tapi ingat, ini adalah tanggung jawab besar. Pastikan kamu bisa membuktikan hasilnya."
"Saya siap, Pak. Terima kasih atas kesempatannya," jawab saya dengan semangat.
Hari-hari berikutnya diisi dengan pertemuan dan diskusi dengan rekan-rekan guru. Beberapa dari mereka mulai terbuka dan bersedia bekerja sama setelah mendengar penjelasan dan melihat antusiasme saya. Kami merancang program BK yang mencakup konseling individual, kelompok, dan pelatihan keterampilan hidup.
Bulan demi bulan, perubahan mulai terlihat. Siswa-siswa yang sebelumnya bermasalah mulai menunjukkan kemajuan. Shikamaru, contohnya, menjadi lebih tenang dan nilainya meningkat. Orang tua pun mulai memberikan umpan balik positif tentang dampak konseling terhadap anak-anak mereka.
Pak Iruka yang awalnya skeptis kini mulai mendukung penuh. "Saya akui, saya sempat meragukan pentingnya BK, tapi melihat perubahan ini, saya sadar bahwa kita memang membutuhkannya. Terima kasih, Sarada, atas dedikasimu."
Dengan dukungan penuh dari kepala sekolah dan rekan-rekan guru, saya yakin bahwa BK akan terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi seluruh siswa di SMA Negeri Konoha. Ini adalah awal dari perjalanan panjang, tetapi saya percaya bahwa dengan kerja sama dan komitmen, kita bisa menciptakan lingkungan sekolah yang lebih baik bagi semua siswa.
Sebuah Cerita Imajiner yang Menginspirasi
Kategori
- ADAT
- ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
- BK ARTISTIK
- BK MULTIKULTURAL
- BOOK CHAPTER
- BUDAYA
- CERITA FIKSI
- CINTA
- DEFENISI KONSELOR
- DOSEN BK UNG
- HKI/PATEN
- HMJ BK
- JURNAL PUBLIKASI
- KAMPUS
- KARAKTER
- KARYA
- KATA BANG JUM
- KEGIATAN MAHASISWA
- KENAKALAN REMAJA
- KETERAMPILAN KONSELING
- KOMUNIKASI KONSELING
- KONSELING LINTAS BUDAYA
- KONSELING PERGURUAN TINGGI
- KONSELOR SEBAYA
- KULIAH
- LABORATORIUM
- MAHASISWA
- OPINI
- ORIENTASI PERKULIAHAN
- OUTBOUND
- PENDEKATAN KONSELING
- PENGEMBANGAN DIRI
- PRAKTIKUM KULIAH
- PROSIDING
- PUISI
- PUSPENDIR
- REPOST BERITA ONLINE
- SEKOLAH
- SISWA
- TEORI DAN TEKNIK KONSELING
- WAWASAN BUDAYA
Arsip
- October 2024 (2)
- September 2024 (15)
- August 2024 (5)
- July 2024 (28)
- June 2024 (28)
- May 2024 (8)
- April 2024 (2)
- March 2024 (2)
- February 2024 (15)
- December 2023 (13)
- November 2023 (37)
- July 2023 (6)
- June 2023 (14)
- January 2023 (4)
- September 2022 (2)
- August 2022 (4)
- July 2022 (4)
- February 2022 (3)
- December 2021 (1)
- November 2021 (1)
- October 2021 (1)
- June 2021 (1)
- February 2021 (1)
- October 2020 (4)
- September 2020 (4)
- March 2020 (7)
- January 2020 (4)
Blogroll
- AKUN ACADEMIA EDU JUMADI
- AKUN GARUDA JUMADI
- AKUN ONESEARCH JUMADI
- AKUN ORCID JUMADI
- AKUN PABLON JUMADI
- AKUN PDDIKTI JUMADI
- AKUN RESEARCH GATE JUMADI
- AKUN SCHOLER JUMADI
- AKUN SINTA DIKTI JUMADI
- AKUN YOUTUBE JUMADI
- BERITA BEASISWA KEMDIKBUD
- BERITA KEMDIKBUD
- BLOG DOSEN JUMADI
- BLOG MATERI KONSELING JUMADI
- BLOG SAJAK JUMADI
- BOOK LIBRARY GENESIS - KUMPULAN REFERENSI
- BOOK PDF DRIVE - KUMPULAN BUKU
- FIP UNG BUDAYA KERJA CHAMPION
- FIP UNG WEBSITE
- FIP YOUTUBE PEDAGOGIKA TV
- JURNAL EBSCO HOST
- JURNAL JGCJ BK UNG
- JURNAL OJS FIP UNG
- KBBI
- LABORATORIUM
- LEMBAGA LLDIKTI WILAYAH 6
- LEMBAGA PDDikti BK UNG
- LEMBAGA PENELITIAN UNG
- LEMBAGA PENGABDIAN UNG
- LEMBAGA PERPUSTAKAAN NASIONAL
- LEMBAGA PUSAT LAYANAN TES (PLTI)
- ORGANISASI PROFESI ABKIN
- ORGANISASI PROFESI PGRI
- UNG KODE ETIK PNS - PERATURAN REKTOR
- UNG PERPUSTAKAAN
- UNG PLANET
- UNG SAHABAT
- UNG SIAT
- UNG SISTER
- WEBSITE BK UNG