KONSEP RADICAL ACCEPTANCE
By. Jumadi Mori Salam Tuasikal
Radical Acceptance adalah sebuah konsep dalam psikologi yang mengacu pada penerimaan penuh dan tanpa syarat terhadap realitas saat ini, tanpa upaya untuk mengubah atau melawannya. Ini bukan berarti menyerah atau pasrah, melainkan sebuah sikap aktif untuk mengakui dan menerima keadaan apa adanya, termasuk situasi yang menyakitkan atau tidak diinginkan. Konsep ini menekankan bahwa penderitaan seringkali muncul bukan hanya dari situasi itu sendiri, tetapi juga dari penolakan kita terhadap realitas tersebut. Konsep Radical Acceptance berakar dari filosofi Buddhisme dan praktik mindfulness. Namun, dalam konteks psikologi modern, konsep ini dikembangkan dan dipopulerkan oleh Marsha Linehan, seorang psikolog klinis Amerika. Linehan mengintegrasikan Radical Acceptance ke dalam Dialectical Behavior Therapy (DBT), sebuah bentuk terapi yang awalnya dikembangkan untuk menangani pasien dengan gangguan kepribadian borderline. Linehan mengembangkan konsep ini berdasarkan pengalamannya sendiri dalam mengatasi penderitaan emosional yang intens. Ia menyadari bahwa penerimaan terhadap realitas, bahkan yang paling menyakitkan sekalipun, dapat menjadi langkah pertama menuju perubahan dan penyembuhan.
1. Penjelasan oleh tokoh-tokoh psikologi
a. Marsha Linehan
Sebagai pengembang utama konsep ini dalam konteks psikologi klinis, menjelaskan Radical Acceptance sebagai "penerimaan sepenuh hati terhadap sesuatu persis seperti apa adanya". Ia menekankan bahwa ini bukan berarti menyetujui atau menyukai situasi tersebut, melainkan mengakui realitasnya tanpa perlawanan.
b. Tara Brach
Seorang psikolog dan guru meditasi, memperluas konsep ini dalam bukunya "Radical Acceptance: Embracing Your Life with the Heart of a Buddha". Brach menggambarkan Radical Acceptance sebagai "membawa kehadiran penuh dan penuh kasih kepada pengalaman kita".
c. Steven Hayes
Pengembang Acceptance and Commitment Therapy (ACT), meskipun tidak secara eksplisit menggunakan istilah "Radical Acceptance", mengajarkan konsep yang serupa. Ia menekankan pentingnya "penerimaan" sebagai salah satu proses inti dalam ACT, yang melibatkan kesediaan untuk mengalami pikiran dan perasaan yang sulit tanpa berusaha mengubahnya.
2. Perbedaan antara Radical Acceptance dan penerimaan biasa
Radical Acceptance berbeda dari penerimaan biasa dalam beberapa aspek penting:
- Intensitas: Radical Acceptance melibatkan penerimaan yang lebih mendalam dan menyeluruh dibandingkan penerimaan biasa.
- Sikap aktif: Ini adalah tindakan yang disengaja dan aktif, bukan sekedar pasif menerima.
- Tanpa syarat: Radical Acceptance tidak bergantung pada perubahan situasi di masa depan.
- Mencakup semua aspek: Ini melibatkan penerimaan terhadap seluruh realitas, termasuk aspek-aspek yang paling menyakitkan atau tidak diinginkan.
- Transformatif: Radical Acceptance sering kali dipandang sebagai langkah pertama menuju perubahan, bukan sebagai titik akhir.
3. Komponen-komponen utama Radical Acceptance
Radical Acceptance terdiri dari beberapa komponen utama:
- Kesadaran penuh (Mindfulness): Kemampuan untuk sepenuhnya hadir dan sadar akan realitas saat ini.
- Tidak menghakimi: Mengamati situasi tanpa membuat penilaian baik atau buruk.
- Penerimaan emosional: Kesediaan untuk mengalami emosi yang sulit tanpa berusaha mengubah atau menghindarinya.
- Melepaskan perlawanan: Menghentikan perjuangan melawan realitas yang tidak dapat diubah.
- Empati diri: Mengembangkan sikap welas asih terhadap diri sendiri dalam menghadapi penderitaan.
- Perspektif yang lebih luas: Melihat situasi dalam konteks yang lebih besar dari kehidupan secara keseluruhan.
4. Kritik terhadap konsep Radical Acceptance
Meskipun banyak dianggap bermanfaat, Radical Acceptance juga menghadapi beberapa kritik:
- Risiko pasivitas: Beberapa kritikus khawatir bahwa Radical Acceptance bisa disalahartikan sebagai pembenaran untuk tidak melakukan apa-apa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya bisa diubah.
- Tantangan dalam implementasi: Bagi banyak orang, terutama mereka yang mengalami trauma atau penderitaan yang intens, Radical Acceptance bisa sangat sulit untuk dipraktikkan.
- Potensi penyalahgunaan: Ada kekhawatiran bahwa konsep ini bisa disalahgunakan untuk membenarkan atau mempertahankan situasi yang merugikan atau tidak adil.
- Kurang kontekstual: Beberapa kritikus berpendapat bahwa pendekatan ini mungkin tidak selalu tepat atau efektif dalam semua situasi atau budaya.
- Simplifikasi berlebihan: Ada kritik bahwa konsep ini terkadang disajikan dengan cara yang terlalu sederhana, mengabaikan kompleksitas pengalaman manusia.
5. Perbedaan penerimaan dalam berbagai budaya
Konsep penerimaan, termasuk Radical Acceptance, dapat dipahami dan dipraktikkan secara berbeda dalam berbagai budaya:
- Budaya Barat: Cenderung menekankan pada aksi dan perubahan, sehingga konsep penerimaan radikal mungkin terasa kontra-intuitif. Namun, ada peningkatan minat terhadap praktik mindfulness dan penerimaan dalam dekade terakhir.
- Budaya Timur: Khususnya dalam tradisi Buddhis dan Hindu, konsep penerimaan sudah lama menjadi bagian integral dari filosofi dan praktik spiritual. Penerimaan sering dilihat sebagai jalan menuju pencerahan atau pembebasan.
- Budaya Kolektivis: Dalam budaya yang menekankan harmoni kelompok, penerimaan mungkin lebih diarahkan pada penerimaan norma sosial dan peran individu dalam masyarakat.
- Budaya Individualis: Mungkin lebih menekankan pada penerimaan diri dan pengalaman pribadi.
- Budaya dengan orientasi waktu berbeda: Beberapa budaya lebih fokus pada masa lalu atau masa depan, yang dapat mempengaruhi bagaimana penerimaan terhadap realitas saat ini dipraktikkan.
- Budaya dengan pengaruh agama yang kuat: Konsep penerimaan mungkin diinterpretasikan melalui lensa keyakinan religius tertentu, seperti "menyerahkan diri kepada kehendak Tuhan" dalam tradisi monoteistik.
Radical Acceptance adalah konsep yang kuat dalam psikologi modern, berakar pada tradisi spiritual kuno. Meskipun menghadapi beberapa kritik dan tantangan dalam implementasi, konsep ini telah terbukti bermanfaat bagi banyak orang dalam mengatasi penderitaan emosional. Pemahaman dan penerapan Radical Acceptance dapat bervariasi antar budaya, mencerminkan keragaman perspektif manusia terhadap penerimaan dan perubahan. Sebagai alat terapeutik, Radical Acceptance terus berkembang dan beradaptasi, menawarkan pendekatan yang unik untuk menghadapi realitas kehidupan yang seringkali menantang.
Kategori
- ADAT
- ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
- BK ARTISTIK
- BK MULTIKULTURAL
- BOOK CHAPTER
- BUDAYA
- CERITA FIKSI
- CINTA
- DEFENISI KONSELOR
- DOSEN BK UNG
- HKI/PATEN
- HMJ BK
- JURNAL PUBLIKASI
- KAMPUS
- KARAKTER
- KARYA
- KATA BANG JUM
- KEGIATAN MAHASISWA
- KENAKALAN REMAJA
- KETERAMPILAN KONSELING
- KOMUNIKASI KONSELING
- KONSELING LINTAS BUDAYA
- KONSELING PERGURUAN TINGGI
- KONSELOR SEBAYA
- KULIAH
- LABORATORIUM
- MAHASISWA
- OPINI
- ORIENTASI PERKULIAHAN
- OUTBOUND
- PENDEKATAN KONSELING
- PENGEMBANGAN DIRI
- PRAKTIKUM KULIAH
- PROSIDING
- PUISI
- PUSPENDIR
- REPOST BERITA ONLINE
- SEKOLAH
- SISWA
- TEORI DAN TEKNIK KONSELING
- WAWASAN BUDAYA
Arsip
- October 2024 (2)
- September 2024 (15)
- August 2024 (5)
- July 2024 (28)
- June 2024 (28)
- May 2024 (8)
- April 2024 (2)
- March 2024 (2)
- February 2024 (15)
- December 2023 (13)
- November 2023 (37)
- July 2023 (6)
- June 2023 (14)
- January 2023 (4)
- September 2022 (2)
- August 2022 (4)
- July 2022 (4)
- February 2022 (3)
- December 2021 (1)
- November 2021 (1)
- October 2021 (1)
- June 2021 (1)
- February 2021 (1)
- October 2020 (4)
- September 2020 (4)
- March 2020 (7)
- January 2020 (4)
Blogroll
- AKUN ACADEMIA EDU JUMADI
- AKUN GARUDA JUMADI
- AKUN ONESEARCH JUMADI
- AKUN ORCID JUMADI
- AKUN PABLON JUMADI
- AKUN PDDIKTI JUMADI
- AKUN RESEARCH GATE JUMADI
- AKUN SCHOLER JUMADI
- AKUN SINTA DIKTI JUMADI
- AKUN YOUTUBE JUMADI
- BERITA BEASISWA KEMDIKBUD
- BERITA KEMDIKBUD
- BLOG DOSEN JUMADI
- BLOG MATERI KONSELING JUMADI
- BLOG SAJAK JUMADI
- BOOK LIBRARY GENESIS - KUMPULAN REFERENSI
- BOOK PDF DRIVE - KUMPULAN BUKU
- FIP UNG BUDAYA KERJA CHAMPION
- FIP UNG WEBSITE
- FIP YOUTUBE PEDAGOGIKA TV
- JURNAL EBSCO HOST
- JURNAL JGCJ BK UNG
- JURNAL OJS FIP UNG
- KBBI
- LABORATORIUM
- LEMBAGA LLDIKTI WILAYAH 6
- LEMBAGA PDDikti BK UNG
- LEMBAGA PENELITIAN UNG
- LEMBAGA PENGABDIAN UNG
- LEMBAGA PERPUSTAKAAN NASIONAL
- LEMBAGA PUSAT LAYANAN TES (PLTI)
- ORGANISASI PROFESI ABKIN
- ORGANISASI PROFESI PGRI
- UNG KODE ETIK PNS - PERATURAN REKTOR
- UNG PERPUSTAKAAN
- UNG PLANET
- UNG SAHABAT
- UNG SIAT
- UNG SISTER
- WEBSITE BK UNG