POTENSI YANG DAPAT DIJADIKAN INCOME GENERATE LABORATORIUM BIMBINGAN DAN KONSELING

17 July 2024 14:55:34 Dibaca : 34 Kategori : KAMPUS

 By. Jumadi Mori Salam Tuasikal

          Laboratorium bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam membantu individu mengatasi berbagai masalah psikologis dan emosional. Namun, di balik fungsinya yang vital dalam memberikan dukungan dan bantuan, laboratorium ini juga memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pendapatan (income generate). Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk memastikan keberlanjutan operasional laboratorium, meningkatkan kualitas layanan, dan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk memahami berbagai cara bagaimana laboratorium bimbingan dan konseling dapat menghasilkan pendapatan.

1. Pelatihan dan Workshop

  1. Workshop Keterampilan Konseling: Menawarkan workshop tentang keterampilan konseling, manajemen stres, mengenai teknik-teknik konseling dan bimbingan, dan pengembangan pribadi untuk guru, praktisi, dan masyarakat umum.
  2. Seminar dan Lokakarya: Menyelenggarakan seminar dan lokakarya dengan topik-topik seperti kesehatan mental, dan pendidikan karakter.
  3. Pelatihan/Pelaksanaan Outbound dan Inbound (PUSPENDIR): Melaksanakan outbound dan inbound oleh Tim Pusat Pengembangan Diri dan Karakter untuk ditawarkan untuk siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.
  4. Materi Pembelajaran Online: Menyediakan kursus online atau materi pembelajaran digital tentang bimbingan dan konseling yang bisa diakses dengan biaya tertentu
  5. Program Edukasi Masyarakat: Menyediakan program edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya kesehatan mental di komunitas, dengan dukungan dana dari sponsor atau peserta.

 2. Layanan Konseling

  1. Konseling Individu dan Kelompok: Menyediakan layanan konseling individu dan kelompok dengan tarif tertentu. Layanan ini bisa ditawarkan untuk siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum.
  2. Konseling Online: Mengembangkan layanan konseling online untuk menjangkau audiens yang lebih luas, khususnya di era digital saat ini.
  3. Program Pendampingan: Menyediakan program pendampingan dan supervisi bagi konselor pemula atau guru BK di sekolah-sekolah.
  4. Program Konseling di Sekolah: Menjalin kemitraan dengan sekolah untuk menyediakan program konseling rutin bagi siswa, dengan biaya yang disepakati.
  5. Layanan Konseling di Perusahaan: Menawarkan layanan konseling dan pelatihan kesehatan mental untuk karyawan perusahaan sebagai bagian dari program kesejahteraan karyawan.

 3. Penyewaan Fasilitas dan Alat

  1. Penyewaan Ruang Laboratorium: Menyewakan ruang laboratorium untuk kegiatan-kegiatan eksternal seperti pelatihan atau seminar yang diselenggarakan oleh pihak lain.
  2. Penyewaan Alat Tes Psikologis / Alat Outbound: Menyewakan alat-alat tes psikologis dan perangkat lainnya kepada praktisi atau institusi pendidikan yang membutuhkan.

           Dengan mengoptimalkan berbagai sumber pendapatan tersebut, Laboratorium Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo dapat meningkatkan kemandirian finansial dan kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.